Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al-Qur'an Sejak Dini

Memiliki seorang anak yang mampu menghafal Al-Qur’an merupakan impian seorang muslim. Ternyata ada cara mudah mengajarkan anak menghafal Al Qur'an sejak dini yang dapat diterapkan dirumah, sehingga anak dengan mudah mampu menghafal Al-Qur’an dengan cepat. Bagaimana cara mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an?

Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al Qur'an Sejak Dini

Inilah Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al Qur'an Sejak Dini dengan Mudah 
Mengetahui cara mudah untuk mengajari si kecil menghafal Al-Qur’an merupakan hal penting bagi orang tua. Cara-cara itu biasanya dapat diterapkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, mengajarkan si kecil untuk menghafal kalam Allah dapat dimulai sejak usia dini atau bahkan sejak masih dalam kandungan. Berikut adalah beberapa metode mengajar hafalan dan nilai-nilai Al-Qur’an kepada anak sejak dini:

1. Mendengarkan Al-Qur’an setiap hari
Dengarkan Al-Qur’an setiap hari kapada anak sembari dengan bermain atau melakukan aktivitas lainnya, meskipun terlihat tidak diperhatikan tetapi pada dasarnya otak bawah sadar mereka telah merekam bacaan Al-Qur’an yang telah mereka dengar setiap hari. Hal ini mirip seperti seseorang yang mendengarkan lagu maka secara tidak sadar mereka akan mulai hafal dengan lirik lagu yang telah didengarnya.

2. Konsisten atau terus menerus
Hal utama yang perlu diperhatikan untuk menghafal Al-Qur’an di usia dini secara menyenangkan adalah konsisten atau terus menerus tanpa ada jeda atau putus, sehingga memori dalam otak anak akan terus merekam ayat Al-Qur’an yang telah dihafalnya.

3. Menjadi orang tua yang teladan bagi anak
Anak merupakan plagiat atau peniru yang sangat hebat, mereka akan selalu meniru semua yang dilihatnya sehingga sebagai orang tua kita harus memberikan contoh baik kepada anak. Jika Anda menginginkan anak hafal Al-Qur’an maka terlebih dahulu Anda harus membiasakan untuk rajin membaca Al-Qur’an sehingga anak akan menirunya.

4. Memberikan reward atau hadiah
Salah satu cara agar anak memiliki semangat dalam menghafal Al-Qur’an adalah dengan memberikan reward atau hadiah yang disukainya ketika mereka telah berhasil memenuhi target menghafal Al-Qur’an. Cara ini sangat efektif diterpakan pada anak usia 5 tahun keatas karena pada usia ini anak-anak masih memiliki rasa ketertarikan yang kuat pada suatu hadiah.

5. Cara mengajarkan anak untuk hafal Al-Qur’an berdasarkan usianya
Usia seorang anak mempengaruhi tingkat berfikir mereka sehingga untuk mengajarkan anak agar cepat menghafal Al-Qur’an juga harus sesuai dengan usianya, baik itu mulai dari kandungan hingga usia 4 tahun atau anak-anak. Berikut adalah cara mudah mengajari anak menghafal Al-Qur’an sesuai dengan usianya: 

- Dalam kandungan
Ketika masih dalam kandungan, Anda dapat memperdengarkan janin dalam kandungan dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an karena pada masa ini janin sudah dapat merekam apa yang diperdengarkan kepadanya.

- Bayi usia 0-2 tahun
Caranya yaitu:

* Bacakan ayat suci Al-Qur’an mulai dari Al-Fatihah setiap hari 4 kali yaitu pagi, siang, sore, dan malam.

* Pada satu waktu bacaan surat yang dibacakan diulang-ulang sebanyak 3 kali

* Setelah hari ke-5 maka gantilah surat yang akan dihafal

- Usia 2-4 tahun
Caranya yaitu:

* Bacakan ayat suci Al-Qur’an mulai dari Al-Fatihah setiap hari 4 kali yaitu pagi, siang, sore, dan malam

* Pada satu waktu bacaan surat yang dibacakan diulang-ulang sebanyak 3 kali

* Setelah hari ke-5 maka gantilah surat yang akan dihafal, namun jika anak masih kesulitan dalam berbicara maka tambahkan harinya menjadi 7 hari

* Sering diperdengarkan murattal

- Usia diatas 4 tahun
Caranya yaitu:

* Mengatur konsentrasi anak untuk menghafal secara serius
* Mengajari muraja’ah secara mandiri
* Mengajari anak untuk menghafal sendiri
* Memberikan motivasi dan semangat kepada anak seperti memberikan hadiah
* Waktu menghafal yaitu 3-4 kali sehari

Itulah beberapa informasi seputar cara mengajarkan anak menghafal Al Qur'an sejak dini yang dapat diterapkan dengan mudah dirumah.
0 Komentar untuk "Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al-Qur'an Sejak Dini"

Back To Top