4 Amalan Ringan Ini Pahalanya Mengalir sampai Hari Kiamat

Seperti yang Anda sudah pasti tahu, orang-orang yang layak mendapatkan tempat di surga merupakan orang-orang yang sama sekali tak jemu beramal. Selagi masih diberi kesempatan hidup di dunia ada baiknya kita memperbanyak amal sebagai bekal akhirat nanti. Ada beberapa amalan ringan yang pahalanya besar dan akan terus mengalir sampai hari kiamat tiba. Apa sajakah amalan-amalan ringan tersebut?

4 Amalan Ringan Ini Pahalanya Mengalir sampai Hari Kiamat

1. Berjamaah Isya dan Shalat Subuh Berjamaah
Salah satu amalan yang pahalanya mengalir terus adalah berjamaah isya dan shalat subuh berjamaah. Amalan kedua jenis shalat ini sama seperti shalat setengah malam dan shalat semalam suntuk. Pada dasarnya, amalan shalat malam sangat luar biasa karena di saat-saat seperti ini hawa nafsu untuk mengerjakan yang lain terutama beristirahat dan bersantai sangat besar. Tentu saja usaha seseorang untuk bangun di malam hari kemudian melakukan shalat akan dihargai oleh Allah SWT. Dengan sikap yang baik serta menjauhi larangan Allah, surga bisa menjadi tempat untuk orang ini kelak. Dalam HR. Muslim-lah dinyatakan bahwa siapapun yang shalat isya berjamaah seolah-olah menunaikan shalat setengah malam sementara siapapun yang shalat subuh berjamaah seperti orang yang menunaikan shalat semalam suntuk.

2. Mendoakan orang lain agar mendapat pahala sebanyak orang yang didoakan
Amalan ringan yang pahalanya mengalir kedua adalah mendoakan orang lain. Bukan hanya mendoakan orang lain begitu saja, tetapi lebih khususnya mendoakan orang lain agar mendapat pahala sebanyak orang yang didoakan. Oleh karena itu, perbanyaklah kegiatan Anda dalam mendoakan orang lain dengan taqwa dan hati yang tulus. Allah mengajarkan kita manusia agar tak pernah mendoakan orang lain untuk suatu keburukan, mendoakan orang kafir agar diampuni, serta mendoakan hal-hal yang tidak mungkin. Tetapi kita selalu disarankan untuk tak henti-hentinya mendoakan keberuntungan sekaligus pahala orang lain.

3. Menunggu shalat Jumat
Amalan yang pahalanya terus mengalir berikutnya adalah menunggu shalat Jumat dan selalu bersegera ketika waktunya datang. Menanti shalat ini tiap langkah akan menghasilkan pahala yang sama besarnya dengan puasa serta shalat malam setahun. Dalam HR. Ibnu Majah dinyatakan bahwa siapapun yang menanti shalat Jumat kemudian pergi pagi hari ke masjid sambil jalan kaki lalu saat sampai duduk dekat imam untuk mendengarkan khotbah, ditambah lagi menjaga ketenangan sekitar agar khotbah tersampaikan dengan baik, akan memperoleh pahala sebesar itu. Ingatlah selalu hal ini jika Anda sempat merasa malas pergi ke masjid untuk shalat Jumat. Sudah terbukti bahwa shalat Jumat banyak manfaatnya dan salah satunya adalah membuat hati jauh lebih tenang.

4. Berdzikir
Anda pasti pernah mendengar pernyataan bahwa dzikir lebih banyak dibandingkan dunia sekaligus isinya. Kekayaan apa yang lebih tinggi dibandingkan seluruh dunia sekaligus isinya? Saat berdzikirlah Anda menjadi kaya. Dzikir sangat mudah dilakukan dan tidak akan mengambil banyak waktu seseorang namun sangat dahsyat efeknya bagi kehidupan fana maupun akhirat. Pada HR. Muslim dituliskan bahwa pujian terhadap Allah dalam dzikir lebih berharga dibandingkan mendapat kekayaan sebanyak apa yang ada di bawah matahari. Jika Anda masih jarang berdzikir dengan alasan sibuk, ingatlah bahwa Allah selalu punya waktu untuk memelihara Anda.

Dari segala bentuk amal di atas, apa saja yang sudah Anda lakukan? Semoga beberapa amalan ringan ini pahalanya mengalir sampai hari kiamat untuk Anda. Ingatlah untuk selalu menyediakan waktu bagi Sang Pencipta dan menyediakan waktu untuk menyelamatkan sesama.
0 Komentar untuk "4 Amalan Ringan Ini Pahalanya Mengalir sampai Hari Kiamat"

Back To Top