Ijab Qobul, Tak Semudah Mengatakannya


Ijab Qobul merupakan Momen paling krusial dalam sebuah pernikahan. Momen ini sudah pasti dinanti-nantikan oleh pasangan pengantin serta seluruh keluarga yang terlibat. Apa saja yang membuat ijab qobul cukup sulit dilakukan dan apa makna dibaliknya yang sudah seharusnya perlu diketahui?

Ijab Qobul, Tak Semudah Mengatakannya

Arti ijab kabul yang pertama bahwa adalah sang suami akan bersedia untuk menanggung dosa semua anggota keluarganya. Yang dimaksud disini adalah istri berikut anak-anaknya. Termasuk dosa sang istri berupa menampilkan aurat ke sekitar dan meninggalkan shalat. Awalnya, dosa ini ditanggung oleh orang tua sang istri namun sekarang diserahkan kepada suaminya. Dosa calon anak-anaknya sekalian yang akan lahir di masa mendatang juga sudah ditanggung oleh mempelai suami sejak awal. Tentu saja ini merupakan tanggungan yang berat dan tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Apabila seseorang berhasil melakukannya, surga merupakan hadiah dari perbuatannya dan nanti salah satu bidadari yang ditemui adalah istrinya sendiri. Bukan hanya itu, seluruh anggota keluarganya apabila beriman dan sholeh berhak mendapatkan tempat di surga.

Apa itu sebenarnya akad nikah? Akad nikah berarti momen dimana seorang suami berjanji untuk bertanggung jawab atas keluarganya dan memelihara keluarganya senantiasa. Sama seperti perihal menanggung dosa sebelumnya, jika sang suami berhasil, ia akan memperoleh tempat di surga. Sayangnya jika sang suami gagal dalam melakukan kewajiban ini, ia adalah suami yang ingkar, fasik, dan rela masuk neraka dimana malaikat akan menyiksa tubuhnya sampai hancur kelak. Hal sulit tersebut memang sudah kewajiban sang suami yang patut dilakukan, dan tergolong berat karena ganjarannya surga atau neraka.

Anda pasti sudah tahu bahwa Ijab Qobul perjanjian dengan Allah. Artinya, sang suami berjanji kepada Allah bahwa ia akan memberikan tempat tinggal, memberikan makanan, memberikan minuman, memberikan pakaian, serta senantiasa menafkahi keluarganya termasuk memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anaknya. Tetapi bukan berarti sang suami harus berjuang sendiri karena apalah hasil kerja keras suami tanpa usaha dan kasih sayang sang istri. Seorang istri juga pada saat akad nikah berjanji untuk menyayangi suaminya, menaati suaminya serta menaati kewajibannya. Tak lupa juga ia harus menjalankan syariat agama Islam bersama dengan sang suami. Hal ini termasuk sholat lima waktu, senantiasa menjaga kemaluannya, dan melaksanakan shaum pada bulannya.

Sama seperti ganjaran suami yang telah disebutkan di atas, seorang istri juga akan memperoleh surga jika ia berhasil melakukan kewajibannya. Akan tetapi, bila ia gagal melakukan kewajibannya sebagai istri, ia akan mendapatkan tempat di neraka, disiksa oleh malaikat neraka, dan sudah bisa dipastikan tidak akan menjadi malaikat di surga untuk menemui suaminya kelak. Sekali lagi, ini merupakan hal yang sulit namun harus dilakukan.

Hal inilah yang menyebabkan ijab qobul merupakan pernyataan krusial yang akan menentukan ganjaran suami istri kelak. Calon suami harus mengerti betul makna ijab qobul sebelum menyatakannya dan begitu juga dengan calon istri. Calon istri harus mengetahui makna ijab qobul dengan baik bahkan sebelum calon suaminya menyatakannya di pernikahan kelak.

Dari penjelasan dalam artikel di atas, terlihat bahwa ijab qobul merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Penyebabnya adalah karena ganjaran merupakan tempat di surga atau neraka. Semoga artikel mengenai Ijab Qobul, tak semudah mengatakannya ini bisa menjadi masukan dan tambahan pengetahuan untuk Anda.
1 Komentar untuk "Ijab Qobul, Tak Semudah Mengatakannya"

Peringatan dan mawasdiri bagi kita sebagai kaum suami

Back To Top