Sejuta Manfaat dan Khasiat Ikan Lele Bagi Kesehatan

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya alam yang banyak, termasuk beberapa hewan. Berbagai jenis hewan terdapat di Indonesia, baik itu hewan darat, udara ataupun darat. Lele adalah salah satu jenis ikan yang cukup banyak di Indonesia bahkan di daerah-daerah pelosok. Inilah manfaat dan khasiat ikan lele bagi kesehatan.

Sejuta Manfaat dan Khasiat Ikan Lele Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Ikan Lele Bagi Kesehatan yang Tidak Diketahui
Lele merupakan hewan yang dapat di kembang biakan bahkan dijadikan sebagai budidaya dengan harga cukup murah. Pemeliharaannya pun tidak memerlukan sesuatu yang sulit. Selain untuk budidaya, ikan ini memiliki rasa yang gurih serta kandungan gizi dan manfaat ikan lele. Jadi tidak heran jika banyak orang yang suka dengan lauk ikan ini.

Harga murah bukan berarti miskin nutrisi. Tanpa disangka, dalam ikan ini ada segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Masih banyak orang yang belum tahu kandungan dari ikan lele ini. Berikut adalah beberapa manfaat dari ikan lele:

1. Protein
Ikan lele terkenal akan kandungan proteinnya, yakni sekitar 15,6 gram pada seekor lele berukuran sedang. Apabila Anda menginginkan tubuh yang ideal, maka protein ini dapat membantu mewujudkannya. Selain itu, protein juga dapat digunakan untuk membangun massa otot agar lebih kuat.

2. Asam lemak omega 3
Ikan lele memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan 6 yang juga terkandung pada ikan salmon. Nutrisi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan otak dan jantung seseorang. Terlebih jika dikonsumsi untuk anak, maka pertumbuhannya akan berjalan lebih baik. Otaknya akan berkembang secara lebih optimal.

3. Fosfor
Nutrisi lain yang diperlukan dalam tubuh adalah fosfor. Pemenuhan kebutuhan ini bisa kita dapatkan dari ikan lele karena terbukti bahwa ikan lele mengandung 167mg/ 100 gram. Bahkan lebih tinggi dari telur. Kandungan ini bermanfaat untuk menambah energi pada metabolisme pati dan lemak. Oleh karenanya dapat menjaga kesehatan gigi, gusi, dan membantu sintesis DNA.

4. Vitamin B12
Ikan ini juga mengandung vitamin B12 yang diperlukan oleh tubuh. Keguanaan dari vitamin adalah untuk menambah stamina kita dalam beraktivitas sehingga kita tidak akan mudah lelah. Satu ekor lele dapat memenuhi sekitar 40% kebutuhan vitamin B12 dari tubuh kita.

5. Pembentukan gigi dan tulang
Apabila ada seseorang yang mengalami tulang keropos atau giginya yang keropos, maka ikan ini sangat cocok untuk dikonsumsi. Hal ini karena kandungan mineral forfor yang akan membantu memperbaiki atau menjaga kesehatan tulang dan gigi.

6. Membantu kesehatan kardiovaskuler
Sejuta manfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh, yakni natrium dan kalium. Kandungannya cukup tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan cardio kita. Sebuah makanan dapat dikatakan baik jika memiliki perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari 5:1. Sedangkan yang tersedia dalam lele adalah 24, 5:1.

7. Mempercepat penyembuhan luka
Kandungan omega 3 dalam ikan lele dapat berfungsi untuk membantu mempercepat penyembuhan pada luka setelah operasi.

8. Menurunkan tekanan darah
Omega 3 yang dalam ikan lele memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya dalah menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kesehatan kulit dan otak juga akan terjamin.

Demikianlah manfaat dan khasiat ikan lele bagi kesehatan tubuh. Jadi, kita tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi makanan ini. Bahkan menjadikannya sebagai makanan favorit keluarga. Selain rasa yang enak dan mantap, khasiat dan manfaatnya juga akan kita dapatkan ketika mengonsumsi ikan lele ini.
0 Komentar untuk "Sejuta Manfaat dan Khasiat Ikan Lele Bagi Kesehatan"

Back To Top