Al-Qur’an, Obat Segala Penyakit

Al-Quran merupakan kitab suci dari Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Di dalamnya terdapat surat-surat yang dapat dijadikan sebagai obat berbagai macam penyakit. Ternyata tidak hanya untuk penyakit hati, tapi juga fisik. Oleh karena itu, simaklah artikel berikut ini.

Al-Qur’an, Obat Segala Penyakit

Al-Quran merupakan pedoman bagi umat manusia. Kita diwajibkan untuk senantiasa membacanya, memahami artinya dan melaksanakan apa yang ada di dalamnya ke dalam kehidupan nyata. Dengan membaca Al-Quran, hati kita akan terasa tenang dan tentram. Selain itu banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari membaca Al-Quran yakni menambah pengetahuan mengenai agama islam, mendapatkan banyak pahala, diangkat derajatnya oleh Allah dan ternyata Al-Qur'an juga dapat dijadikan sebagai obat segala penyakit.

Dalam surah Al-Isra dijelaskan bahwa Allah telah menurunkan Al-Quran sebagai obat dan rahmat bagi umat muslim. Sedangkan untuk orang yang zalim Al-Quran akan menambahkan kerugian bagi mereka. Manfaat al-Quran juga dijelaskan dalam surah Yunus. Allah telah mendatangkan Al-Qur'an, obat segala macam penyakit yang ada di dalam dada dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang beriman.

Berdasarkan kedua surah yang telah dijelaskan, kita tahu bahwa al-qur'an memiliki fungsi sebagai obat yang dapat menyembuhkan segala penyakit, termasuk penyakit hati. Ayat ini diperkuat dengan sabda Rasulullah yang menjelaskan tentang obati segala penyakit dengan Al-Qur'an. Sesungguhnya Rasul menganjurkan kepada kita untuk berobat dengan menggunakan dua hal, yakni madu dan Al-Quran karena sebaik-baik obat ialah Al Quran.

Ketika kita sedang merasakan keresahan, kegalauan dan kebimbangan dengan segala penyakit hatinya, seperti sombong, rasa iri dan lain sebagainya, maka dianjurkan bagi kita untuk berwudhu dan membaca Al-Quran. Namun tidak hanya membacanya saja, tapi kita harus menghayati kandungan dari setiap ayat yang ada. Dengan hal ini, Insya Allah kita akan kembali damai, tentram dan pikiran menjadi tenang serta penyakit hati pun hilang. Ketenangan hati ini diperoleh karena dengan membaca al-Quran kita merasa dekat dengan Allah. Allah selalu berada dengan kita di dalam kegelisahan sehingga hati kita menjadi lebih tenang. Selain untuk menyembuhkan penyakit hati, Al-Quran juga bisa digunakan sebagai obat kanker darah atau leukemia. Namun harus ada syarat-syarat tertentu agar penyakit tersebut sembuh, yakni dengan kita mengimani al-Quran dan kandungannya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga ilmu kedokteran Islam di Amerika membuktikan bahwa dengan membaca al-quran dapat menurunkan tegangan. Hampir semua bagiannya sekitar 97 persen dari pasien menjadi tenang setelah membaca Al-Quran. Sebelum mereka membaca al-Quran jaringan dan saraf mereka menegang karena penyakit yang dialami, namun setelah membaca dan menghayati kandungan Al-Quran jaringan dan syaraf mereka menjadi lebih kendor sehingga membawa mereka lebih tenang. Hal ini dilakukan pada pasien dengan kaum muslim Arab ataupun bukan Arab, yang berbahasa Arab ataupun bukan atau yang non muslim sekalipun.

Penjelasan yang telah kita bahas di atas membuktikan bahwa Al-Quran memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita. Lantas apa yang harus kita ragukan lagi mengenai manfaat al-Quran. Allah menurunkan sesuatu pastilah memiliki fungsinya masing-masing Begitu juga dengan Al-Quran. Al-Quran memiliki banyak manfaat, dengan kita membaca dan menghayati isinya, maka kehidupan kita akan menjadi lebih baik dan dekat dengan Allah. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika kita meluangkan waktu untuk membaca dan memahami isi dari Al-Quran. Selain untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda, kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit karena Al-Qur’an, obat segala penyakit.
0 Komentar untuk "Al-Qur’an, Obat Segala Penyakit"

Back To Top