Semangka, Salah Satu Buah Kesukaan Rasulullah

Terdapat berbagai macam buah yang dapat kita makan. Salah satunya adalah buah semangka. Buah semangka memiliki warna merah dan kuning. Buah ini sudah ada sejak dahulu. Bahkan semangka merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Buah ini juga disukai oleh banyak orang karena rasanya yang segar dan manfaat luar biasa yang dimiliki untuk kesehatan tubuh.

Semangka, Salah Satu Buah Kesukaan Rasulullah

Ini Dia Rahasia Semangka, Salah Satu Buah Kesukaan Rasulullah
Buah semangka dalam bahasa Arab disebut dengan Al-Baththikh atau buah tembikai. Buah ini memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan. Jadi, tak salah jika semangka adalah buah kesukaan Rasulullah SAW. Buah ini sangatlah disukai oleh Rasul setelah kurma. Inilah sunnah Rasul yang diberikan untuk para umatnya.

Buah semangka memiliki kemiripan dengan labu atau abu jalar karena memiliki batang dan daun yang melata atau menjalar. Buah semangka kaya manfaat ini terbagi menjadi dua jenis, yakni:

1. Tembikai susu
Buah ini berasal dari negara Afrika tengah dan memiliki manfaat yakni dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, tembikai susu mengandung asid folik yang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil. Kandungan lainnya adalah vitamin A, B6, C, Folat dan Postasium.

2. Tembikai merah
Sedangkan untuk tembikai merah sering disebut dengan tembikai kacukan yang berasal dari negara Afrika Selatan. Meskipun namanya tembikai merah, tapi ada juga yang mempunyai warna kuning. Manfaat buah ini adalah memulihkan regenerasi kulit, menyembuhkan penyakit paru-paru, sakit kepala dan membantu sistem pencernaan. Buah ini kaya akan vitamin A sehingga baik untuk kesehatan mata.

Manfaat menakjubkan semangka bagi tubuh juga dijelaskan dalam beberapa hadist, antara lain:

1. Untuk ibu hamil. Rasulullah bersabda bahwa ketika seorang ibu yang sedang hamil memakan buah ini maka anaknya akan memiliki rupa yang cantik dan akhlaknya pun juga baik. Hal inilah yang diharapkan oleh para orang tua.

2. Banyak kebaikan yang akan diberikan oleh Allah melalui buah semangka ini. Buah semangka dapat dijadikan sebagai perangsang gigi, sebagai pewangi bagi mulut yang bau, dan dapat digunakan sebagai perawatan kulit. Bahkan sudah ada bahan kecantikan atau masker yang dapat dibuat dari buah ini.

3. Buah semangka merupakan minuman, makanan, dan raihan. Kandungan di dalam semangka dapat dijadikan sebagai pencuci pundi kencing, penambah air punggung, penghilang kelemasan, pembersihan dalam perut, dan pencerah kulit. Kandungan air yang sangat banyak membuat semangka ini dapat dijadikan sebagai penghilang haus sekaligus pengganjal perut.

4. Dalam hadits lain, dijelaskan bahwa Rasulullah menganjurkan kita untuk memilih buah semangka dengan warna kulit hijau dan ada satu garis pada luarnya. Maka buah ini akan memiliki rasa manis dan enak ketika di makan.

5. Selain untuk kesehatan tubuh. Rasulullah juga menjelaskan bahwa buah ini memiliki fungsi spiritual karena Allah telah memberikan rahmat bagi mereka yang memberikan buah semangka pada orang lain ataupun yang memakannya sendiri.

Beberapa dasar di atas dapat dijadikan sebagai bukti dan dapat menambah keyakinan kita kepada Allah dan Rasul-Nya. Sebagai umat muslim kita harus meyakini hal tersebut dan untuk mendapatkan pahala maka kita harus melakukan sunnah Rasul ini. Apa salahnya jika kita juga menjadikan buah ini sebagai kesukaan kita.

Demikianlah semangka, salah satu buah kesukaan Rasulullah. Buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan keimanan kita. Oleh karenanya, jadikanlah buah ini menjadi salah satu buah favorit untuk kita dan orang sekitar kita.
0 Komentar untuk "Semangka, Salah Satu Buah Kesukaan Rasulullah"

Back To Top