Inilah Siksaan Paling Ringan di Neraka

Setiap perilaku yang dilakukan manusia pasti memperoleh balasan yang setimpal dari Allah SWT. Hal ini ditunjukkan dengan adanya surga dan neraka pada hari akhir nanti. Apabila kita melakukan hal buruk lebih banyak, maka kita akan masuk ke neraka. Allah menciptakan beberapa neraka sesuai tingkatan dosa yang dilakukan. Inilah siksaan paling ringan di neraka.

Inilah Siksaan Paling Ringan di Neraka

Setiap orang pasti tidak menginginkan untuk masuk neraka karena di dalamnya kita mereka akan mendapatkan siksaan yang amat pedih. Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa orang yang mengalami azab paling ringan di neraka, ia akan diberikan bara api di bawah kakinya yang menyebabkan otaknya mendidih karena panas yang mengalir ke kepalanya. Mereka yang disiksa seperti ini menganggap bahwa itu adalah siksaan paling berat di neraka. Padahal sebaliknya, siksaan mereka adalah siksaan teringan di dalam neraka.

Selain mereka yang mendapatkan siksa yang paling ringan di neraka. Ada juga golongan orang yang akan merasakan siksaan neraka lebih pedih, yakni orang-orang kafir. Mereka akan disiksa di dalam neraka selama-lamanya dan abadi di dalamnya. Sedangkan untuk orang Islam yang melakukan keburukan seperti mencuri, korupsi, zina, mabuk dan lain sebagainya, mereka harus dimasukkan ke dalam neraka terlebih dahulu untuk membersihkan dosa-dosanya, barulah kemudian dapat merasakan nikmatnya surga. Jangan mengira bahwa siksaan ini ringan karena meskipun siksaan ini berlangsung sehari tetapi sehari di akhirat berbeda dengan sehari di bumi. Diketahui bahwa satu hari di akhirat sama dengan 50000 tahun di bumi.

Neraka ini lebih dikenal dengan neraka jahanam. Di dalam neraka jahanam terdapat tujuh pintu dimana setiap pintunya telah ditetapkan golongan tertentu dari makhluk-Nya. Berikut adalah pintu-pintu dalam neraka tersebut, yakni:

1. Hawiyah
Neraka ini akan berisi orang-orang yang selama hidupnya melakukan kebaikan namun juga keburukan. Selain itu, neraka ini juga akan dimasuki oleh kaum muslim perempuan dan laki-laki yang tidak taat terhadap ajaran Islam, seperti para wanita yang tidak mengenakan jilbab, para lelaki yang sering menggunakan emas dan sutra serta mencari rezeki dengan cara yang tidak halal, memakan riba dan masih banyak lagi.

2. Jahim
Pintu yang kedua adalah jahim. Jahim merupakan tempat penyiksaan bagi orang-orang yang menyekutukan Allah. Apa yang mereka sembahlah yang akan menyiksa mereka di dalam neraka. Syirik merupakan dosa besar sehingga akan mendapatkan imbalan yang besar pula.

3. Saqar
Ketiga adalah saqar. Tempat bagi mereka yang tidak melaksanakan perintah Allah dan Sunnah Rasul. Sebenarnya mereka mengetahui ajaran Allah yang benar tetapi mereka tidak mengindahkan perintah tersebut sehingga ia tidak melakukan hal-hal yang diperintahkan oleh Allah.

4. Lazhaa
Neraka yang selanjutnya bernama Lashaa. Tempat ini diperuntukkan bagi mereka yang serakah mengumpulkan uang dan sering menghina kaum miskin. Biasanya orang yang seperti ini enggan untuk membagi rezeki mereka untuk bersedekah, zakat. Bahkan ketika ada orang miskin datang untuk meminta bantuan kepadanya, ia akan memasang muka masam.

5. Huthamah
Neraka ini ditujukkan bagi orang yang serakah mengumpulkan perak, emas atau platina dan sering menghina orang miskin. Harta yang mereka kumpulkan ketika hidup akan dijadikan sebagai bahan bakar dalam neraka.

6. Sa’iir
Neraka ini aka ditempati orang kafir dan memakan harta anak yatim piatu.

7. Wail
Neraka ini disediakan bagi mereka yang melakukan perniagaan licik, yakni dengan mencalokan barang dagangan, mengurangi beban timbangan, dan melipat gandakan keuntungan. Barang-barang dagangan mereka akan digunakan sebagai bahan bakar neraka Wail inilah siksaan paling ringan di neraka.
0 Komentar untuk "Inilah Siksaan Paling Ringan di Neraka"

Back To Top