Mengejutkan, Ternyata Samson Adalah Seorang Nabi

Hampir setiap orang sudah mengetahui atau mendengar cerita tentang Samson. Cerita Samson sudah dikenal sejak dahulu dan pernah dijadikan sebuah skenario film. Sehingga semua orang dapat mengenal cerita ini. Namun, siapa yang menyangka bahwa Samson adalah seorang nabi.

Mengejutkan, Ternyata Samson Adalah Seorang Nabi

Ternyata Samson Adalah Seorang Nabi, Inilah Kisahnya
Siapa yang tidak mengenal Samson. Cerita Samson sangat terkenal sejak zaman dahulu bahkan masih sering dikisahkan sekarang. Dalam cerita itu, disebutkan bahwa Samson memiliki kekuatan yang sangat besar dan ia memiliki jiwa penolong. Inilah ternyata kisah Samson ternyata adalah seorang nabi.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa jumlah nabi ada 124.000, sedangkan untuk rasul ada 312 orang. Berdasarkan hal ini diketahui jika Samson ternyata adalah seorang nabi. Dalam agama islam Samson lebih dikenal sebagai nabi yang bernama Sam’un Ghozi AS. Nabi ini dikisahkan dalam berbagai kitab, salah satunya adalah kitab Qishashul Anbiyaa dan Muqasyafatul Qulub. Nabi ini juga memiliki mukjizat yang diberikan oleh Allah berupa kekuatan untuk merobohkan istana dan melunakkan besi. Cerita mengenai nabi Sam’un ini dikisahkan secara turun temurun di jazirah Arab. Bahkan cukup melegenda sebelum masa Rasulullah SAW.

Bedasarkan kitab Muqasyafatul Qulub dikisahkan bahwa pada waktu itu Rasulullah berkumpul dengan para sahabatnya pada bulan Ramadhan. Rasulullah menceritakan mengenai kisah nabi Sam’un yang berasal dari Bani Israil, ternyata Samson adalah seorang muslim yang diutus pada tanah Romawi. Pada sebuah kisah peperangan, kekuatan nabi Sam’un digunakan untuk melawan penguasa kaum kafir, yaitu raja Israil. Hal ini membuat raja tersebut berusaha sebesar mungkin untuk menundukkan nabi Sam’un. Namun berbagai upaya tersebut gagal dilakukan. Hingga akhirnya, ia membuat sayembara, barang siapa yang bisa menangkap nabi Sam’un, orang tersebut akan diberikan permata dan emas berlimpah.

Nabi Sam’un sangatlah mencintai isterinya sehingga ia dapat diperdaya olehnya Nabi berkata jika ingin mendapatkan nabi Sam’un maka ia harus mengikatnya dengan potongan rambut. Sang isteri yang berkhianat tersebut membawa nabi Sam’un yang tertidur ke hadapan raja Israil. Dari situlah, rambut nabi Sam’un dipotong dan diikatkannya ketubuh nabi hingga ia tidak dapat bergerak. Kemudian nabi disiksa dengan diikat dan dibutakan kedua matanya di depan orang banyak.

Karena perlakuan tersebut, nabi Sam’un memohon pertolongan pada Allah. Sebelum berdoa, ia bertaubat terlebih dahulu. Akhirnya, doa nabi Sam’un dikabulkan oleh Allah sehingga raja, isteri, dan kerabat yang berkhianat tersebut dilenyapkan oleh Allah. Lalu, nabi Sam’un berjanji akan menebus semua dosa-dosanya dengan menumpas keburukan selama 1000 bulan tanpa berhenti.

Saat itulah, malaikat Jibril datang dan memberikan wahyu kepada Rasulullah bahwa pada bulan suci Ramadhan terdapat sebuah malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Dalam kitab Qishashul Anbiyaa, diceritakan bahwa Rasulullah tersenyum sendiri dan ditanyalah oleh sahabatnya, kenapa beliau tersenyum sendiri.

Kemudian Rasulullah menjelaskan jika beliau melihat bahwa pada hari akhir nanti semua manusia akan dibangkitkan dari kubur menuju padang Mahsyar, termasuk pada nabi dan Rasul. Saat itu, nabi dan rasul akan diikuti oleh umat yang melaksanakan sunnah dan meneladani perilaku mereka. Namun, ada satu orang nabi yang tidak ada barisan pengikut di belakangnya, dan nabi tersebut masuk Surga. Dan orang Itu ternyata Samson (Sam’un AS) adalah seorang nabi.

Demikian cerita yang mengungkapkan ternyata Samson adalah seorang nabi yang bernama Sam’un. Sebagai seorang muslim hendaknya kita mendalami ilmu agama secara lebih. Semua kisah nabi dapat menjadi pelajaran baik untuk kita menjadi umat yang teladan.
0 Komentar untuk "Mengejutkan, Ternyata Samson Adalah Seorang Nabi"

Back To Top