Satu dari Empat Penduduk Dunia adalah Muslim

Islam adalah salah satu agama yang ada di dunia. Orang yang memeluk agama Islam dapat disebut sebagai muslim. Diketahui bahwa jumlah umat muslim di dunia ini lebih banyak dari agama lainnya. Bahkan menurut data yang dikumpulkan satu dari empat penduduk dunia adalah muslim. Lalu negara apa saja yang memiliki jumlah muslim paling banyak di dunia?

Satu dari Empat Penduduk Dunia adalah Muslim

Jika berbicara mengenai hal ini, sebenarnya umat islam sendiri tidak pernah melakukan riset resmi yang menghitung umat muslim antarnegara secara internasional. Justru, banyak pihak-pihak lain yang melakukan penelitian. Sebagai seorang muslim kita tidak bisa percaya begitu saja, tapi juga tidak bisa menolak tanpa alasan yang jelas. Ada yang menyebutkan jika ¼ penduduk bumi adalah Islam.

Sebuah riset yang dilaksanakan oleh lembaga terkemuka di Amerika Serikat nonadvokasi dan nonpartisipan The Pew Forum on Religion and Public Life. Terdapat juga penelitian mengenai mapping dari populasi muslim di dunia. Kabarnya, laporan ini adalah studi demografis yang komprehensif selama tiga tahun dari 232 negara serta wilayah.

Dalam penelitian tersebut didapatkan bahwa jumlah penduduk muslin di seluruh dunia ada 1,57 milyar. Apabila dipersenkan maka sekitar 23% dari 6,8 milyar manusia didunia, pada tahun 2009. Oleh karenannya, sudah ¼ penduduk dunia adalah Islam.

Jumlah umat muslim sekarang, lebih dari 60% ada di benua Asia, dan 20% dari Afrika Utara dan Timur Tengah. Namun, presentase Afrika Utara dan Timur Tengah lebih tinggi daripada wilayah lainnya.

Berikut ini adalah beberapa negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia:

1. Indonesia
Dari negara lainnya, Indonesia mempunyai penduduk Muslim palung banyak di dunia. Berdasarkan estimasi berjumlah 202.867.000 jiwa atau 88,2% dari seluruh masyarakat Indonesia, dan 12,9% sedunia. Hal ini berarti seperdelapan dari mereka berada di Indonesia. Apabila seluruh populasi di Arab digabungkan menjadi satu, masih belum bisa mengalahkan jumlah umat muslim di Indonesia.

2. Pakistan
Urutan kedua diduduki oleh negara Pakistan. Populasi muslim di negara ini berjumlah 96,3 %, yakni 174.082.000 orang. Jika dipresentaseikan terhadap muslim di dunia, maka didapatkan 11,1 %. Sebenarnya, Pakistan adalah bagian dari India, tapi kemudian mereka memisah dan membuat negara sendiri, terutama bagi mereka yang beragama islam.

3. India
India menempati urutan ketiga yakni 10,3% dari mulim dunia. Populasi umat muslim di sini sekitar 160.945 jiwa yakni 13,4% dari masyarakatnya. Jika Pakistan masih menjadi bagian dari India, maka negara inilah yang akan menduduki peringkat pertama dengan jumlah muslim terbanyak.

4. Bangladesh
Negara Bangladesh berada pada urutan keempat yang memiliki umat muslim 145.312.000, yakni 89,6% dari seluruh masyarakatnya. Sedangkan untuk presentase dunia, Bangladesh memiliki 9,3%.

5. Mesir
Sedangkan negara Afrika bisa menempati urutan kelima dan enam, yakni Mesir dan Nigeria. Penduduk muslim di Mesir sekitar 78.513.000 jiwa atau 94,6% dari keseluruhan penduduknya, dan 5% dari muslim dunia.

6. Nigeria
Penduduk muslim di sini ada 78.056.000 jiwa, atau 50,4% dan 5% dari populasi muslim di dunia.

7. Iran
Urutan ke tujuh ada pada negara Iran dengan jumlah umat muslim 99,4% yakni 73.777.000 jiwa atau 4,7% dari muslim di dunia.

8. Turki
Sedang, untuk posisi kedelapan, jumlahnya hampir sama dengan muslim di Iran, yakni 73.619.000 jiwa atau hampir 98% dari keseluruhan penduduknya dan 4,7% terhadap populasi di dunia.

Demikian satu dari empat penduduk dunia adalah muslim. Banyaknya umat muslim seharusnya dapat membawa dunia lebih maju dan memiliki sikap serta perilaku yang unggul.
0 Komentar untuk "Satu dari Empat Penduduk Dunia adalah Muslim"

Back To Top