Keistimewaan Shalat Sunnah Tasbih

Shalat sunah tasbih merupakan shalat yang dilakukan dengan cara-cara khusus. Berbeda dengan shalat-shalat sunah yang lain, pelaksanaan shalat sunah tasbih dilakukan sebanyak 4 rakaat dan didalamnya ada 300 tasbih yang harus dibacakan. Shalat ini sangat dianjurkan untuk diamalkan pada setiap malamnya. Namun jika tidak bisa maka dilakukan sekali seminggu, sekali sebulan, sekali setahun, atau jika tidak bisa juga setidak-tidaknya dapat dilakukan sekali seumur hidup.

Keistimewaan Shalat Sunnah Tasbih

Silakan disimak berbagai manfaat langsung maupun tidak langsung yang bisa anda dapatkan dari shalat sunnah tasbih ini.

Berikut terdapat 6 Keistimewaan Shalat Sunnah Tasbih:

1. Memberatkan amal sang pendoa
Kelebihan shalat sunnah tasbih yang pertama adalah memberikan rezeki yang tak terduga kepada sang pendoa. Tentu saja rezeki ini biasanya tidak hanya datang secara tiba-tiba, Anda juga harus rajin beramal serta memiliki niat baik setelah rutin menunaikan shalat sunnah tasbih. Apabila seseorang beramal, berapapun itu jumlahnya asalkan orang tersebut tulus, amalnya akan diberatkan oleh Allah SWT melalui shalat sunnah tasbih. Hal ini juga diceritakan dalam Riwayat Bukhari dan Muslim.

2. Memampukan pendoanya menghadapi krisis pangan
Apabila di daerah Anda sering terjadi krisis pangan atau krisis ekonomi yang membuat hidup Anda semakin terasa berat sekaligus terbebani, lakukanlah shalat sunnah tasbih. Niscaya Anda akan sanggup menghadapi kemudian melewati krisis bersangkutan dengan baik tanpa melewatkan kesempatan untuk beribadah sama sekali. Usaha Anda yang halal pun niscaya tidak akan sia-sia. Riwayat Al-Hakim pun menyatakan hal ini, bahwa makanan orang beriman pada hari kiamat merupakan taqdis dan tasbih. Siapapun yang pada zaman tersebut ucapannya adalah tasbih, ia akan dibebaskan dari kelaparan oleh Allah.

3. Kalimat dalam shalat sunnah tasbih merupakan kalimat paling dipilih Allah SWT
Dalam doa shalat sunnah tasbih terdapat kalimat “Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahil azhim.” Kalimat bersangkutan dikisahkan sebagai kalimat yang paling dipilih oleh Allah SWT. Tentu saja jika Anda mengucapkannya, doa Anda akan didengar oleh Yang Maha Kuasa.

4. Shalat sunnah tasbih merupakan senjata menghadapi masalah besar
Apabila seseorang didera suatu badai kehidupan dan menghadapi masalah besar seperti dipecat dari posisinya di kantor, shalat sunnah tasbih merupakan jawabannya untuk kembali merasa bersemangat. Dalam Riwayat Al-Tirmidzi, saat Rasulullah SAW menghadapi masalah sangat besar, beliau mengangkat kepalanya ke langit kemudian mengucapkan doa dalam sunnah tasbih. Saat itu pulalah beliau berhasil melewati persoalan tersebut dengan baik sehingga kita pun bisa belajar dari beliau sebagai panutan.

5. Menghapus banyak dosa pendoanya
Solat sunah tasbih semakin penting dilakukan karena memiliki keunggulan lainnya, yaitu menghapus banyak dosa. Dengan rutin melakukan shalat ini, dosa Anda juga secara teratur dihapuskan dan Anda pun akan semakin dekat dengan Allah SWT. Di dalam Riwayat Bukhari dan Muslim lagi diceritakan bahwa siapa yang mengucapkan “Subhanallahi wa bi hamdihi” sebanyak seratus kali akan dihapuskan kesalahannya sekalipun kesalahan yang diperbuat telah sebanyak buih di lautan.

6. Sang pendoa akan terhindar dari penyakit berat maupun kesedihan
Jika Anda merasa sedih atau terkena penyakit berat layaknya stroke, lakukanlah shalat sunnah tasbih secara rutin. Niscaya Anda akan senantiasa merasa bahagia sekaligus memiliki kesempatan untuk sembuh dari penyakit berat. Dalam Riwayat Ibnu As-Suni dinyatakan bahwa shalat sunnah akan membebaskan seseorang dari kesedihan, kusta, belang, penyakit biasa, bahkan lumpuh karena pendarahan otak sekalipun. Iman Anda juga akan semakin mendorong terwujudnya kesembuhan ini.

Poin-poin tersebut adalah keistimewaan shalat sunnah tasbih yang bisa selalu Anda raih. Jadi jika memiliki masalah, jangan mengeluh atau bersedih yang tidak perlu. Lakukanlah shalat sunnah tasbih.
0 Komentar untuk "Keistimewaan Shalat Sunnah Tasbih"

Back To Top