Wanita Punya 1 Akal Dan 9 Nafsu

Wanita merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang banyak dikagumi tetapi benarkah wanita punya 1 akal dan 9 nafsu? Wanita dan pria diciptakan oleh Tuhan dengan sempurna dan masing-masing dilengkapi dengan akal pikiran dan juga nafsu. Porsi akal dan nafsu pada pria dan wanita sangat berbeda. Berapakah porsinya?

Wanita Punya 1 Akal Dan 9 Nafsu

Benarkah Wanita Punya 1 Akal Dan 9 Nafsu? Berikut Penjelasan Tepatnya
Ada sebuah untaian kata dari seorang pujangga bahwa wanita punya 9 nafsu dan 1 akal sedangkan pria memiliki 9 akal dan hanya 1 nafsu, tetapi pria lebih sulit mengendalikan 1 nafsunya meskipun dilengkapi dengan 9 akal dan wanita dengan 1 akalnya mampu mengendalikan 9 nafsunya. Hal ini tidak tercantum dalam Al-Qur’an maupun Hadits tetapi hanya untaian kata pujangga bernama Rabi’ah Al Adawiyah.

Benarkah wanita; 1 akal 9 nafsu? Untaian kata ini bermula dari Rabi’ah terlibat dalam sebuah perbincangan dengan Al Basri, isi perbincangan ini telah dituliskan dalam kitab Durrah An-Nasihin karangan Usman Al-Khaubawi. Namun untaian kata ini masih dipertanyakan kebenarannya karena ketika Rabi’ah masih berumur 10 tahun Al Basri telah meninggal dunia yaitu pada 110 hijriyah, Rabi’ah merupakan seorang sufi yang terkenal dan telah dilahirkan pada tahun 95 hijriyah. Kisah ini memang tidak diambil dari hadist yang shahih sehingga kebenarannya tidak dapat dipercaya.

Akal yang diberikan Tuhan merupakan alat yang berfungsi untuk mempertimbangkan atau memilih sesuatu. Jika dikaji lebih jauh lagi, Tuhan telah memberikan tugas kepada kaum laki-laki jauh lebih besar dari pada wanita sehingga jika Tuhan memberikan akal jauh lebih banyak kepada laki-laki dari pada kepada wanita maka hal itu dapat diterima. Laki-laki merupakan imam bagi wanita dan mereka bertanggung jawab atas wanita mulai dari finansial hingga membimbing mereka kejalan yang benar.

Laki-laki lebih banyak menggunakan akal pikiran mereka dalam menyelesaikan suatu permasalahan, sedangkan wanita jauh lebih mengedepankan perasaannya untuk menyelesaikan suatu masalah. Ini semua merupakan fitrah yang telah diberikan Tuhan kepada makhluknya. Perasaan dan emosi bagi seorang wanita sangat dibutuhkan karena mereka diciptakan dengan beberapa tugas yang lebih membutuhkan kasih sayang seperti mengandung, melahirkan, menyusui, dan mendidik anak-anaknya kelak.

Kurangnya akal pada wanita dibandingkan dengan laki-laki bukan merupakan suatu penghinaan karena Islam telah memberikan keistimewaan kapada wanita yaitu mereka tidak perlu menjalankan ibadah sholat dan puasa saat haid dan nifas, tidak wajib untuk menjalankan ibadah sholat jum’at, dan berkewajiban untuk melakukan jihad.

Dalam hadist Nabi yang telah diriwayatkan oleh Abi Sa’eed dijelaskan bahwa Nabi telah menyerukan kepada setiap wanita untuk memperbanyak sedekah karena sebagian besar penduduk neraka adalah kaum wanita. Mengapa demikian? wanita lebih banyak mengedepankan perasaan dan emosinya dan masih banyak wanita yang khufur dan tidak taat kepada suaminya. Nabi juga menjelaskan bahwa beliau tidak pernah menemui seseorang yang kurang akal dan kurang agamanya selain kaum wanita, maksud kurangnya akal disini adalah wanita lebih mengedepankan perasaan dan emosi sedangkan kurang agamanya berarti wanita memiliki masa-masa haid dan nifas sehingga mereka tidak melaksanakan sholat dan puasa. Jadi untaian kata bahwa wanita memiliki 9 nafsu 1 pikiran merupakan kesimpulan dari hadist nabi ini tetapi dalam hadist tidak dijelaskan hal demikian hanya menjelaskan bahwa wanita merupakan makhluk yang memiliki kurang akal.

Itulah beberapa informasi seputar penjelasan atas jawaban pertanyaan yang banyak beredar yaitu benarkah wanita punya 1 akal dan 9 nafsu? 
0 Komentar untuk "Wanita Punya 1 Akal Dan 9 Nafsu"

Back To Top