5 Kemiripan Koruptor Dengan Tikus

Koruptor dan tikus memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat, ada 5 kemiripan koruptor dengan tikus yang sering di bahas di media. Kata korupsi berasal dari bahasa latin “corruptio” atau “corroptus” yang berarti rusak, busuk, dan menyogok. Korupsi merupakan tindakan ilegal keuangan seperti penggelapan uang dan penerimaan uang suap yang sering dilakukan oleh pegawai pemerintah daerah maupun pusat untuk kepentingan pribadi. Sedangkan koruptor adalah orang yang melakukan tindakan korupsi. Di Indonesia sudah banyak pejabat yang tertangkap dan terbukti melakukan korupsi.

5 Kemiripan Koruptor Dengan Tikus

5 Kemiripan Koruptor dengan Tikus yang Sama-Sama Meresahkan Rakyat 
Koruptor sering di gambarkan dengan seekor tikus karena tikus merupakan hewan pengerat yang sering meresahkan para petani. Kita dapat melihat ciri-ciri koruptor berdasarkan huruf pembentuk kata “korupsi” yaitu :

K → Kurang bersyukur atas pemberian Tuhan YME
O → Omongannya manis dengan mengumbar janji kepada rakyat
R → Rakus terhadap kekayaan dan jabatan
U → Usahanya sangat tinggi untuk mengeruk uang rakyat 
P → Pantat botol atau tidak tahu malu
S → Semua di sikat dan di tipu
I → Injak sana sini untuk kepentingan pribadi

Apa saja kemiripan koruptor dan tikus? Berikut penjelasan 5 kemiripan koruptor dengan tikus yang rugi untuk dilewatkan:

1. Suka Mencuri
Koruptor dan tikus mirip dalam hal mencuri. Bedanya, tikus hanya mencuri makanan dan mereka melakukannya untuk bertahan hidup. Sedangkan koruptor mencuri uang rakyat dalam jumlah yang besar hanya untuk memperkaya diri, padahal mereka sudah memiliki kehidupan yang mewah.

2. Sulit di tangkap
Tikus merupakan binatang pengerat yang gesit dan memiliki kemampuan berlari yang sangat baik apalagi dalam menghindari pengejaran musuh, hewan ini juga pintar dalam bersembunyi. Kemampuan hewan ini tidak jauh beda dengan kemampuan yang dimiliki oleh seorang koruptor yang lihai mengelabui orang, gesit dalam menghindari bukti-bukti kegiatan ilegalnya, dan pandai bersembunyi sambil jalan-jalan keluar negeri. Maka dari itu, keduanya memiliki kesamaan yaitu sulit untuk di tangkap.

3. Membaur bersama masyarakat
Dalam kehidupan kita tidak lepas dengan yang namanya tikus. Di rumah, di sawah, di tempat-tempat umum kita sering melihat tikus berkeliaran dengan bebas. Meskipun sudah di basmi tapi perkembangbiakan hewan ini cukup tinggi sehingga hewan ini tetap menjamur di kalangan masyarakat. Koruptorpun memiliki perilaku yang serupa dengan hewan ini yaitu mereka lebih banyak ditemukan di kalangan para pejabat yang alih-alih menyebut diri mereka sebagai wakil rakyat dan hidup berdampingan dengan masyarakat. Meskipun KPK sangat getol memberantasnya tapi praktek korupsi masih menjamur dimasyarakat. Sebab kemiripan inilah maka banyak yang menyebut koruptor mirip dengan tikus.

4. Pantas untuk di hukum mati
Tikus memang pantas untuk di basmi dan di matikan karena selain menggangu orang, hewan ini juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, ISPA, dan leptospirosis. Hal ini juga berlaku pada para koruptor, mereka pantas di basmi dan di hukum mati karena selain merugikan masyarakat khususnya dalam bidang finansial, tetapi mereka juga dapat merusak cara berfikir para generasi muda yaitu dengan mencerminkan bahwa tingginya tingkat pendidikan dan jabatan hanya untuk meraup rupiah semata, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap sistem pemerintahan semakin menurun.

5. Memiliki muka menjijikkan
Tidak ada tikus yang imut dan lucu selain tikus dalam tokoh kartun Tom and Jerry. Semua tikus yang kita jumpai memiliki muka busuk dan menjijikkan. Hal ini juga berlaku bagi para koruptor. Ketika kita melihat koruptor, rasa jijik dan sebal akan muncul seketika.

Itulah 5 kemiripan koruptor dengan tikus yang dapat menambah wawasan anda tentang korupsi yang akhir-akhir ini semakin menjamur di masyarakat.
1 Komentar untuk "5 Kemiripan Koruptor Dengan Tikus"

Back To Top