Keutamaan Berdoa Sebelum Tidur

Berdoa Sebelum Tidur sangat lah penting bagi umat muslim, karena do’a sebelum tidur itu berguna untuk menghindari dari ganggu setan (makhluk halus/jin) saat tidur dan tidak mengalami mimpi buruk. Sekuat apapun manusia, dia pasti menjadi sangat lemah disaat sedang tidur siang atau malam. Orang yang tidur sangat lelap atau tidur mati, bisa menjadi sasaran bagi makhluk halus yang jahat di sekitarnya. Jika dia makhluk halus merasa aman dari gangguan manusia, maka makhluk halus tersebut akan menggangu manusia sehingga manusia tidak nyaman dalam tidurnya. Makhluk halus (JIN) yang jahat. Jika mereka tidak mengganggu anda di alam sadar, bisa jadi mereka akan mengganggu anda di saat anda sedang tidur atau di alam mimpi. Itulah kesempatan terbesar bagi makhluk halus tesebut untuk bertindak nakal,untuk mengganggu manusia.

Keutamaan Berdoa Sebelum Tidur

Yang sudah dijelas oleh Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bersabda, yaitu: 
 “Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” [1]
Jika anda di ganggu dari luar, anda bisa meminta bantuan pada orang lain untuk mengusirnya. Tapi ini tidak berlaku ketika kita dalam mimpi. Anda tidak mungkin bisa memanggil anak atau istri anda untuk mengusir setan yang mengganggu anda dalam dunia mimpi. Karena itulah, orang yang tidur tanpa berdo’a dan berdzikir terlebih dahulu, akan menjadi sasaran bagi makhluk halus (setan).

Sudah di jelaskan Dalam Al-Qur’an Surat Al-Adzkar, An-Nawawi membuat judul : “Makruh Tidur tanpa Berdzikir kepada Allah SWT (sebelum tidur)” (Al-Adzkar, hlm. 95). Dan Selanjutnya, An-Nawawi yang menyebutkan hadits berikut: Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa : “Siapa yang tidur, sementara tidak berdzikir ketika hendak tidur, akan menjadi penyesalan baginya di hadapan Allah SWT.” [2]

Malaikat dan Setan Menghadiri Orang yang sedang Tidur
Yang di jelaskan dalam hadits yang berasal dari Jabir bin Abdullah, dinyatakan bahwa: “Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan setan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan,’ sedangkan syetan membisikan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan keburukan.’ Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat akan melindungi dia di malam itu.” [3]

Di saat anda sedang tidur lelap, anda sangat membutuhkan pertolongan dan pengawasan yang diatas yaitu Allah SWT. Untuk mendapatkan jaminan perlindungan yang di berikan Allah ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada umat muslim agar selalu ingat kepada Allah SWT untuk selalu membaca doa dan dzikir sebelum tidur siang atau malam. Jadi Keutaman Berdoa Sebelum Tidur yang sudah di jelaskan diatas tadi sebaiknya kita jalankan atau lakukan agar disaat kita tidur tidak di ganggu oleh syetan, dan Berdoa sebelum tidur itu sangatlah penting agar mengingatkan kita kepada Allah SWT selalu melindungi kita disaat tidur atau sadar.
1 Komentar untuk "Keutamaan Berdoa Sebelum Tidur"

Harus berdoa terlebih dahulu supaya tidurnya lelap, tidak ada gangguan dan bangun sudah segar.

Back To Top