Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ultah ke-117 Tahun

Misao Okawa yang biasa dipanggil Misao merayakan ulang tahunnya yang ke-117 dengan penuh suka cita. Wanita yang didaulat sebagai wanita tertua di dunia ini tampil anggun dan menawan saat hari bahagianya tersebut dengan mengenakan kimono berwarna merah muda bermotif sakura.

Wanita asal Jepang ini juga mengenakan hiasan bunga dirambutnya yang serupa dengan gaun yang ia kenakan pada malam itu. Osaka Takehiro Ogura selaku pejabat tinggi pemerintahan Jepang bahkan sempat menghadiri kediaman Misao untuk turut merayakan dan menghadiahinya seikat bunga, yang juga kelahirannya bertepatan dengan pecahnya perang Spanyol-Amerika. "Selamat ulang tahun untuk anda" bisik Ogura ke telinganya.

Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ultah ke-117 Tahun

Misao menuturkan bahwa dihari jadinya yang ke 117 tahun ini membuatnya sangat senang, meski menurutnya ia bertambah pendek (candanya). Tapi apapun itu ia tetap senang tuturnya yang saat itu duduk di kursi roda. Walaupun begitu kondisi Misao beberapa bulan terakhir ini semakin melemah karena gerakannya yang sudah semakin lambat dan pendengarannya yang semakin berkurang.

Wanita yang lahir di Osaka, Jepang pada 5 Maret 1898 lalu ini dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai wanita tertua di dunia pada tahun 2013. Misao memiliki 3 orang anak, 2 putri dan 1 orang putra, dan memiliki 3 cucu sekaligus buyut dari enam cicit dari hasil pernikahannya dengan pria yang bernama Yukio pada tahun 1919.

Seorang pejabat di rumah perawatannya sangat takjub dengan kondisinya, menurutnya "Jarang sekali ada orang yang lahir pada abad 18  dan masih hidup sampai sekarang, bahkan masih terlihat sehat".

Ulang tahun Misao Okawa dirayakan sehari lebih awal dari tanggal sebenarnya. Ia ditemani oleh anak tertuanya yang bernama Hiroshi (92 tahun) dan juga cicitnya yang masih berusia 2 tahun, 

Ketika ditanya apa rahasianya ia bisa berumur panjang, Misao menampakkan ekspresi malu-malu dan juga menjawab dengan malu-malu : "Saya tidak tahu".

Warga Negara Jepang memang diketahui memiliki rata-rata umur yang cukup panjang dan menjadi tempat bagi orang-orang tertua di dunia. Pada 2013, tingkat harapan hidup bagi perempuan di Jepang adalah 86,61 persen, yang terpanjang di dunia, sementara bagi pria sebesar 80,21 persen, terpanjang keempat, menurut kementerian kesehatan. 
0 Komentar untuk "Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ultah ke-117 Tahun"

Back To Top