Kebiasaan Tidur Pagi Ternyata Berbahaya

Tak banyak orang yang tahu bahwa kebiasaan tidur pagi ternyata berbahaya. Anda pun mungkin masih tak tahu apa saja bahaya dari tidur di pagi hari bukan? Mengingat begitu seringnya begadang di malam hari, tak jarang Anda pun tetap jatuh terlelap ketika matahari sudah terbit. Hal inilah terkadang yang membuat Anda kesiangan untuk melakukan aktivitas atau sekedar menghadiri janji temu. Alhasil Anda pun merasa tak enak hati dan kesal dengan prilaku Anda tersebut.

Kebiasaan Tidur Pagi Ternyata Berbahaya

Sebagian dari kita ada pula yang tidak tidur karena keasyikan browsing atau mengotak-atik gadget. Hingga tanpa terasa waktu subuh pun menghampiri dan kantuk perlahan-lahan hadir. Mau tak mau, Anda pun berpikir untuk beristirahat atau tidur sejenak guna memberikan hak tubuh. Padahal nyatanya tubuh sudah tak memerlukan istirahat yang terlambat seperti ini. Kondisi ini sangat tidak bermanfaat bagi tubuh, kecuali jika Anda memang bekerja dan dituntut di malam hari.

Ada baiknya bagi pecinta kumpulan misteri untuk tidur pada saat-saat yang dibutuhkan. Di dalam Islam sendiri, Rasulullah selalu menganjurkan waktu tidur yang baik di awal malam. Ini artinya Anda mulai beristirahat di antara pukul 9 hingga 10 malam dan terjaga ketika subuh. Bila perlu, bangun ketika 1/3 malam guna melakukan shalat malam yang baik untuk menebus dosa-dosa. Tak hanya itu, doa di waktu ini sangat mustajab untuk memohon sesuatu pada Allah SWT.

Bahaya tidur di pagi hari
Lalu, apa sajakah kerugian yang mungkin ditimbulkan dari kebiasaan tidur di pagi hari? Berikut akan kita kupas tuntas habis kebiasaan tidur pagi yang ternyata berbahaya bagi Anda.

1. Permasalahan Sistem Metabolisme
Sistem metabolisme memiliki waktu dan sistem kerja yang sudah teratur dari dahulu. Ini artinya tubuh menyesuaikan sistem metabolisme dengan waktu beristirahat Anda sendiri. Ketika Anda terlalu banyak tidur atau tidur di pagi hari, sistem metabolisme menjadi kacau. Tubuh akan lebih lama ketika melakukan proses metabolisme yang seharusnya. Mau tak mau Anda akan merasakan efek lapar jauh lebih lama sehingga kecepatan proses metabolisme pun terganggu. Kalau sudah begini, Anda harus bersiap-siap dengan bobot tubuh yang meningkat drastis.

2. Malas di Sisa Hari Anda
Masih berhubungan dengan akibat sebelumnya, kali ini tubuh merespon berbeda. Anda akan merasakan tubuh lesu, tidak bersemangat dan akibatnya malas beraktivitas. Hal ini lumrah memang dialami oleh mereka yang tidur terlalu lama di pagi hari. Pasalnya tubuh masih dalam proses metabolisme yang “diset” dengan waktu malam hari. Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk menormalkan kembali sistem metabolisme tersebut. Jika Anda ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan tidak lebih dari tiga puluh menit dari waktu bangun yang seharusnya.

3. Sakit Kepala Akut
Sering merasakan sakit kepala saat kurang tidur ataupun tidur terlalu lama? Ternyata hal tersebut lumrah dialami oleh mereka yang sering tidur di pagi hari ketika matahari telah tinggi. Kebiasaan tidur pagi ternyata berbahaya bagi fungsi otak Anda sendiri. Cairan serebrospinal yang bergerak menuju otak seharusnya tidak terjadi pada kondisi normal. Bila kondisi tersebut terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama dan terus berulang, maka Anda akan mengalami sakit kepala parah. Bukan tidak mungkin pula kondisi ini menuntun Anda mengalami kebutaan permanen.

4. Disorientasi Waktu
Ketika Anda terbangun di siang atau sore hari, Anda akan mengalami disorientasi seketika tersebut. Tanpa disadari Anda akan kesulitan berkonsentrasi untuk waktu yang cukup lama setelah bangun. Kecuali ketika bangun Anda memutuskan untuk berolahraga ringan guna memaksimalkan kinerja seluruh sistem di tubuh. Perlu diingat pula, ketika terbangun sistem metabolisme belum bisa berhenti atau normal seperti sedia kala. Sehingga ia akan mengantarkan sinyal kepada otak yang mengakibatkan Anda merasa lapar terus-menerus.

5. Kehilangan Waktu Produktif Dengan Sia-Sia
Banyak ahli yang setuju bahwa tidur terlalu lama menjadikan orang tidak produktif. Ini artinya Anda akan seperti pengangguran yang tidak berguna dalam bidang apapun. Tak mau bukan mengalami sebutan yang menyayat hati tersebut? Maka hindarilah tidur di pagi hari setelah waktu subuh masuk atau artinya Anda tidak begadang. Hal ini dikarenakan waktu yang terbuang sia-sia di pagi hari, padahal pikiran Anda jauh lebih segar saat itu. Hasilnya sudah jelas, Anda akan terburu-buru menyelesaikan pekerjaan di malam hari.

6. Sangat Dibenci Oleh Rasulullah
Rasulullah tidak pernah membiasakan diri untuk tidur terlalu larut dan bangun terlalu siang. Beliau selalu mengajarkan pada umatnya untuk tidur di awal malam dan bangun di awal pagi. Selain membuat Anda bisa beribadah lebih khusyuk, ternyata Anda pun bisa mendapatkan manfaat lainnya. Berkah di pagi hari selalu diawali oleh mereka yang mau berusaha, seperti yang dikatakan oleh Rasulullah. Itulah mengapa Rasulullah selalu mengatakan kebiasaan tidur pagi ternyata berbahaya untuk kesehatan dan pekerjaan Anda.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Kebiasaan Tidur Pagi Ternyata Berbahaya"

Back To Top