Misteri Di Balik Berdirinya Bulu Kuduk

Misteri di balik berdirinya bulu kuduk pasti membuat penasaran para Pencinta Kumpulan Misteri. Pasalnya, bulu kuduk sering berdiri tanpa ada koordinasi terlebih dahulu dengan otak (tanpa menunggu perintah otak). Selain itu, mengapa hanya bulu saja yang bisa berdiri sendiri, sedangkan rambut tidak bisa? Bukankah bulu masuk dalam kategori jenis rambut, hanya saja bentuknya lebih halus dan pendek? Ternyata ini karena bulu lebih ringan dibandingkan rambut. Ujung bulu lebih dekat dengan posisi otot yang berada di permukaan kulit, jadi lebih mudah terangsang untuk terangkat.

Misteri Di Balik Berdirinya Bulu Kuduk

Penyebab Bulu Kuduk Berdiri
Ada beberapa hal yang bisa merangsang bulu kuduk seseorang bisa berdiri. Misalnya saja takut, terlalu senang, kagum, terharu, kedinginan, waspada, dan masih banyak lagi. Banyak hal jika dicermati kapan sebenarnya bulu kuduk bisa berdiri.

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam hal yang bisa membuat bulu kuduk seseorang berdiri.

1. Rangsangan emosi

Bulu kuduk seseorang bisa berdiri karena rangsangan emosi dari dalam. Misalnya saja rasa takut, kagum, atau terlalu senang. Rasa tersebut kemudian yang membuat adrenalin dalam diri akan bergejolak dan dilepaskan. Salah satu hal yang tampak nyata terlihat dan dirasakan adalah berdirinya bulu kuduk. Coba saja para Pecinta Misteri berkeliling kuburan seorang diri pada malam hari. Pasti rasa takut akan membuat bulu kuduk berdiri.

Selain itu, bulu kuduk juga bisa berdiri ketika mendengarkan lagu kebangsaan, karya seni, atau kisah seseorang yang menyayat hati atau terlalu bagus. Bulu kuduk seseorang bisa berdiri karena kagum, terharu, atau sebagainya.

2. Suhu lingkungan

Perubahan udara dingin di lingkungan secara tiba-tiba juga akan membuat bulu kuduk seseorang berdiri. Bulu kuduk berdiri karena pertahanan tubuh untuk membuat tubuh tetap hangat. Jika bulu kuduk seseorang berdiri saat udara dingin, berarti kulit masih bisa mempertahankan diri dari serangan secara langsung perubahan suhu ekstrim tersebut.

3. Was-was atau waspada

Biasanya seseorang bisa membuat bulu kuduknya berdiri jika sudah tahu bahwa dirinya dalam keadaan bahaya. Bukan rasa takut di sini, hanya perasaan waspada saja. Misalnya saja Anda sedang naik bus, kemudian melihat sang sopir yang ugal-ugalan. Di sana Anda tidak merasa takut pada kecepatan, namun ada rasa was-was jika nanti bus tersebut menabrak orang atau kecelakaan lain. Biasanya karena rasa waspada ini bisa menyebabkan bulu kuduk berdiri.

Merinding Merupakan Pertahanan Diri
Berdirinya bulu kuduk biasa juga disebut merinding. Mengapa seseorang bisa mengalami merinding? Biasanya merinding bisa terjadi karena ada sesuatu yang berhubungan dengan adrenalin atau suhu lingkungan yang berubah ekstrim. Misalnya saja ketika ketakutan, kaget, atau udara lingkungan yang tiba-tiba dingin. Bulu kuduk secara otomatis akan berdiri. Ternyata misteri di balik berdirinya bulu kuduk ini karena ada sebuah pertahanan dalam diri.

Hal ini menurut para ahli bahwa lapisan rambut yang berada di tubuh manusia bisa menahan hawa panas. Jadi ketika musim tiba-tiba berubah menjadi dingin, maka tubuh secara otomatis akan memperlebar lapisan udara melalui kulit. Akibatnya bulu tipis yang ada ditubuh akan berdiri.

Kejadian bulu yang berdiri untuk mempertahankan diri ini sering terjadi pada hewan seperti kucing, tikus, dan hewan berbulu lainnya. Selain karena untuk melindungi tubuh dari serangan suhu ekstrim, bulu kuduk berdiri juga karena rangsangan perasaan atau pikiran. Salah satu hewan yang kentara sekali menggunakan bulu berdiri untuk melindungi diri adalah landak. Jika dalam kondisi bahaya, dia akan mengangkat bulunya yang tajam agar musuhnya tidak bisa menyakitinya.

Bulu Kuduk Berdiri Karena Adrenalin
Sebenarnya bulu kuduk berdiri alasannya hampir sama dengan bersin. Ini dikarenakan respon dari tubuh orang mengalaminya. Hal tersebut merupakan bentuk pertahanan naluriah. Bulu kuduk berdiri awalnya terjadi karena pelepasan hormon stres. Hormon stres ini biasa dikenal dengan adrenalin. Ketika adrenalin seseorang tertantang karena takut atau perubahan cuaca yang ekstrim, otot kecil yang ada didaerah melekatnya rambut akan berkontraksi. Akibatnya, bulu pada tubuh akan berdiri.

Lalu apa yang bisa menjelaskan ketika seseorang merinding (bulu kuduk berdiri) ada tonjolan kecil yang ada di bawah bulu? Menurut ahli, tonjolan kecil yang ada di bawah bulu yang berdiri timbul karena rasa depresi pada permukaan kulit.

Jadi setiap bulu berdiri, permukaan kulit jadi terangkat dan membentuk suatu tonjolan kecil. Tonjolan ini mirip sekali dengan kulit ayam yang bulunya baru saja dicabut. Sama halnya dengan kulit ayam, ketika dicabut, kulit di sekitar tumbuhnya bulu ayam akan mengalami depresi dan akibatnya terangkat dan membentuk seperti tonjolan kecil-kecil.

Sebenarnya bulu kuduk yang berdiri berarti kondisi tubuh Anda masih dalam keadaan normal. Justru itu menandakan tubuh sedang melindungi diri atau adrenalin Anda yang sedang keluar. Itulah misteri di balik berdirinya bulu kuduk.
0 Komentar untuk "Misteri Di Balik Berdirinya Bulu Kuduk"

Back To Top