Jangan Tidur Setelah Melakukan Aktifitas-Aktifitas Ini

Anda pasti sedikit banyak sudah menyadari kapan waktu yang sebenarnya tidak baik jika hanya anda gunakan untuk tidur. Khususnya ditinjau dari agama, kesehatan dan aktifitas organ tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Dalam keyakinan orang muslim atau warga beragama lain pun, ada beberapa waktu tertentu yang tidak baik jika hanya anda gunakan hanya untuk tidur tanpa diisi dengan kegiatan lain. Berikut adalah waktu-waktu atau aktifitas yang dilarang bagi kita untuk langsung tidur setelah melakukannya.

Jangan Tidur Setelah Melakukan Aktifitas-Aktifitas Ini

Tidur Selepas Makan
Yang pertama adalah ketika anda langsung tidur setelah makan pagi atau makan siang. Kebiasaan ini mungkin umum anda lakukan karena ada keinginan untuk bermalas-malasan saat liburan. Dari sudut pandang seorang muslim, tidur setelah makan siang, yang umumnya adalah waktu untuk menjalankan ibadah shalat Dhuhur akan membuat anda melewatkan shalat tersebut. Memang ada hukum yang menyatakan bahwa shalat Dhuzur yang terlewat dapat dijama’ dengan sholat Ashar tetapi tetap dengan alasan yang masuk akal dan tidak melanggar aturan dalam Islam, seperti sedang dalam perjalanan jauh yang tidak memungkinkan anda untuk menjalankan shalat Dhuzur. Tetapi melewatkan shalat Dzuhur yang disebabkan kebiasaan anda tidur setelah makan siang, termasuk kesengajaan yang akan menjadikan dosa pada anda ketika melakukannya. Ketika anda tidur selepas makan siang atau saat makan di waktu tertentu, anda akan menghambat kinerja sistem pencernaan anda, sehingga makanan yang anda makan tidak akan seluruhnya dirubah menjadi energi untuk tubuh anda, melainkan hanya akan menjadi timbunan lemak yang lama-kelamaan dapat menimbulkan penyait tertentu pada tubuh anda.

Tidur Sepanjang Hari
Waktu terlarang untuk tidur yang kedua adalah ketika anda mendapatkan libur panjang atau dengan alasan kelelahan akibat aktifitas yang anda jalani sebelumnya, anda memutuskan untuk tidur sepanjang hari. Ditinjau dari segi kesehatan, kebiasaan seperti ini jelas tidak menyehatkan. Anda akan menghalangi kinerja seluruh organ penting dalam tubuh anda yang jika dibiarkan lama-kelamaan akan menimbulkan penyakit yang berbahaya untuk anda. Ketika anda tidur sepanjang hari, aktifitas jantung, ginjal, sistem pencernaan, dan bahkan otak akan berjalan 2 kali lebih lambat jika dibandingkan dengan saat anda beraktifitas normal. Lama tidur yang tidak wajar akan membuat tubuh anda menjadi lemas dan tidak bertenaga ketika anda bangun dan berniat menjalankan aktifitas. Aliran darah yang tidak lancar akibat lama waktu tidur yang berlebih, akan membuat anda kehilangan keseimbangan tubuh dan mengurangi refleks anda untuk menanggapi kejadian yang ada di sekitar anda. Dari segi agama Islam atau agama lain pun, kebiasaan tidur seperti ini pastinya akan sangat dilarang, karena anda melewatkan waktu untuk beribadah kepada Tuhan. Selain itu, kebiasaan tidur sepanjang hari yang mungkin dimiliki beberapa orang, menjadikan dirinya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan rezeki untuk diri pribadi dan orang-orang sekitar.

Tidur Selepas Shalat Subuh dan Awal Pagi 
Selanjutnya adalah tidur kembali setelah menjalankan shalat Subuh atau pada awal pagi. Bagi umat muslim, kebiasaan semacam ini dilarang karena akan membuat aktifitas yang akan anda lakukan setelah shalat menjadi terganggu. Hal tersebut mungkin juga berlaku bagi kalangan agama lain secara global, karena kebiasaan tidur selepas shalat Subuh atau awal pagi akan membuat organ tubuh yang seharusnya masih dalam kondisi segar dan siap dipacu untuk melakukan aktifitas menjadi lemah dan terganggu ritmenya. Kalau sudah begitu, aktifitas yang akan anda lakukan di kantor akan terganggu dan hasil yang anda dapakan pastinya tidak akan maksimal karena kinerja tubuh anda yang menurun. Jika anda seorang wiraswasta, kebiasaan tidur seperti itu tidak akan baik bagi anda, karena anda akan mengalami penurunan refleks dalam pemikiran strategi penjualan produk anda dan efek lain yang akan berjalan seperti efek domino bagi anda.

Tidur Sebelum Shalat Isya
Selanjutnya adalah ketika anda merasa kelelahan dan memutuskan tidur sebelum shalat Isya. Hal ini karena bagi umat muslim, tidur sebelum shalat Isya akan berakibat anda melupakan kewajiban untuk menunaikan shalat Isya hingga menjelang pagi. Anda yang sudah tidur sebelum shalat Isya pastinya akan merasa malas untuk bangun dan kemudian anda akan kehilangan konsentrasi anda, sebelum akhirnya anda melupakan salah satu shalat wajib di kala malam ini. Secara psikologis, tidur sebelum shalat isya akan mengurangi waktu komunikasi dengan keluarga anda di rumah. Hal tersebut akan berakibat berkurangnya keharmonisan dalam keluarga anda.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Jangan Tidur Setelah Melakukan Aktifitas-Aktifitas Ini"

Back To Top