Kamu Tidak Akan Percaya Betapa Menakjubkan Sebuah Proses Kelahiran

Kita semua pasti pernah kecil, tapi kamu tidak akan percaya betapa menakjubkan sebuah proses kelahiran kecuali sudah pernah melahirkan, atau menyaksikannya secara langsung. Karena itulah di beberapa agama, wanita memiliki derajat yang cukup tinggi mengingat mereka bertugas sebagai yang melahirkan nyawa baru di dunia ini.

Kamu Tidak Akan Percaya Betapa Menakjubkan Sebuah Proses Kelahiran

Kamu Tidak Akan Percaya Betapa Menakjubkan Sebuah Proses Kelahiran Sebelum Mengetahui Bagaimana Kejadiannya Sejak Kehamilan Dimulai

Terkadang kita menganggap remeh proses melahirkan karena ia tidak nampak seperti sesuatu yang besar, tapi apakah kita pernah merenung sejenak dan mencoba memahami proses kelahiran normal dari seorang bayi? Ternyata proses kehamilan itu sendiri menggambarkan bahwa kita merupakan manusia yang terpilih, terpilih di antara banyaknya sel sperma yang berlomba-lomba untuk mencapai sel telur dan kemudian membuahinya. Dari jutaan bahkan mungkin milyaran sel sperma yang meluncur menuju tujuan, hanya satu yang bisa dipilih, dan itu adalah kita. Dan jika ada yang bisa kita pelajari dari proses awal pembuahan adalah bahwa kita merupakan orang-orang yang terpilih.

Setelah kompetisi dimenangkan oleh satu sel sperma yang berhasil membuahi sel telur, proses kelahiran bayi normal mulai memasuki tahap pertamanya dimana ia akan berkembang hingga akhirnya janin terbentuk. Pada minggu pertama hingga ke-4 adalah kehamilan, tubuh seorang ibu akan mulai terkena dampak hormon yang diproduksi oleh bayi. Pada trimester kedua atau kira-kira minggu ke-13 hingga 16, badan bayi yang kecil mulai terbentuk. Organ dalam seorang ibu juga sudah mulai tertekan oleh rahim yang terus membesar. Pada trimester kedua ini jugalah kamu tidak akan percaya betapa menakjubkan sebuah proses kelahiran terjadi saat masa hamil pertengahan.

Pada minggu ke-25 hingga ke-28, organ dalam tubuh mulai semakin tertekan, hal ini dikarenakan bentuk bayi juga sudah mulai membesar. Bayi bergerak dalam kandungan sekitar 30 kali setiap jamnya. Mengingat ini adalah trimester terakhir, yang terjadi setelahnya hanyalah proses melahirkan. Dalam melahirkan, ada dua cara yang bisa dipilih yaitu normal atau dengan operasi caesar. Keduanya tetap sama-sama baik, tapi biasanya kelahiran tanpa operasi butuh perjuangan yang lebih berat.

Gambaran menakjubkan sebuah proses kelahiran dimulai dengan sumbat air ketuban yang terlepas sebelum akhirnya air ketuban pecah. Ketika air ketuban sudah pecah, kepala dari bayi mulai terlihat di mulut rahim dan secara perlahan muncul keluar hingga akhirnya dengan bantuan tangan dari dokter, bayi mampu keluar secara utuh. Pada saat prosesi kelahiran ini berlangsung, rasa sakit yang luar biasa biasanya menyerang sang ibu dan terkadang menyebabkan mereka menjerit sangat keras. Karena inilah perjuangan seorang ibu saat melahirkan seorang anak tidak ada duanya, dimana ia harus melawan rasa sakit dan juga menjaga dirinya tetap terjaga hingga paling tidak saat anaknya telah mampu mencicipi udara di dunia.

Ketika trimester akhir, organ dalam tubuh seorang wanita akan tertekan, dan seiring air ketuban dan bayi keluar dari badannya, perlahan lokasi dari organ-organ yang tadinya berdempetan sedemikian rupa untuk memberi ruang pada bayi kembali seperti semula. Proses yang paling cepat memang ketika akhirnya anak keluar dari rahim secara sepenuhnya. Meskipun kini organ dalam telah kembali seperti semula, tetap butuh penjagaan diri untuk tidak makan terlalu banyak demi mengembalikan bentuk perut kembali seperti normal. Jadi, apakah setelah semua penjelasan ini kamu tidak akan percaya betapa menakjubkannya sebuah proses kelahiran?
0 Komentar untuk "Kamu Tidak Akan Percaya Betapa Menakjubkan Sebuah Proses Kelahiran"

Back To Top