Jangan Simpan Ponsel Dalam Saku Celana, Berbahaya!

Alangkah lebih baik jika anda yang memiliki kebiasaan menyimpan ponsel dalam saku celana menghentikannya sekarang juga. Bagi anda para pecinta kumpulan misteri, tentunya mengetahui bahwa ponsel atau smartphone dalam berbagai bentuk dan jenis kini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia yang serba modern. Ponsel diperlukan hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. 

Jangan Simpan Ponsel Dalam Saku Celana, Berbahaya!

Ponsel seakan menjadi ikon kebutuhan primer yang sulit terlepas dari kebutuhan seseorang untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain baik mengenai permasalahan pribadi atau urusan pekerjaan. Karena ponsel yang sifatnya primer, semua orang baik pria ataupun wanita pasti akan berusaha membawa dan menyimpannya di tempat-tempat yang mudah terjangkau oleh tangan setiap saat. Oleh karena itu, tempat termudah untuk menyimpan ponsel adalah di saku celana ataupun saku baju. 

Ponsel diciptakan dengan teknologi khusus yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai sinyal untuk memudahkan komunikasi dua arah. Dari sistem penciptaan ponsel, radiasi dari gelombang elektromagnetik ponsel sangatlah tinggi, sehingga mau tidak mau jika terletak berdekatan dengan tubuh dalam jangka waktu lama akan membahayakan kesehatan pemilik ponsel. Namun tahukah anda alasan kenapa ponsel yang disimpan di saku baju atau saku celana lebih berbahaya daripada jika disimpan dalam tas?. Berikut informasi tentang berbagai alasan yang kini sudah mulai diteliti oleh para ahli dalam dunia medis.

Mengurangi Tingkat Kesuburan
Ini bahayanya menyimpan ponsel di saku celana yang pertama, yaitu mengurangi kualitas sperma ataupun sel telur yang berakibat pada tingkat kesuburan. Sebuah riset ilmiah yang dilakukan di sebuah universitas di Amerika menunjukkan bahwa pada pria yang menyimpan ponsel di kantong celana samping atau belakang mengalami resiko penurunan kualitas sperma yang cenderung lebih besar dibandingkan pria yang menyimpan ponsel di tas atau di area lain. 

Hal yang sama berlaku pula pada wanita yang sering menyelipkan ponsel di saku celana depan agar mudah mereka jangkau, saat ingin berkomunikasi. Kebiasaan yang berlangsung lama, baik pada pria ataupun wanita yang lebih suka menyimpan ponsel di kantong celananya juga meningkatkan resiko kemandulan hingga 30%. 

Pada pria, hal tersebut tentunya juga akan sangat berbahaya saat pembuahan sel telur, mengingat embrio yang dihasilkan tidak sempurna dan dapat berakibat pada kecacatan janin. Tingkat kesuburan yang menurun pada pria akan membuat para pria akan mengalami ejakulasi dini atau impotensi saat berhubungan sek*ual. Ditinjau dari segi kejiwaan, turunnya tingkat kesuburan seseorang akan langsung menurunkan kepercayaan diri baik pria atau wanita, kaitannya pada usaha untuk menghasilkan keturunan.

Mengganggu Ritme Tubuh
Ini bahayanya menyimpan ponsel di saku celana yang kedua, yaitu mengganggu ritme tubuh kaitannya dengan waktu istirahat tubuh, daya ingat pada otak besar, atau kinerja organ tubuh lainnya. Tahukah anda, radiasi ponsel yang anda simpan di saku celana juga berakibat negatif pada ritme tubuh anda. 

Tanpa anda sadari, radiasi ponsel yang anda simpan di saku celana akan menghambat peredaran darah yang membawa asupan oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Orang yang sering dan terbiasa menyimpan ponsel langsung di saku celana akan memiliki ritme tubuh yang lebih tidak teratur dibandingkan dengan orang yang menyimpan ponselnya di tempat lain dan jauh dari tubuh.

Radiasi sinyal elektromagnetik dari ponsel yang dirasakan saat menyimpan ponsel di saku celana, terutama pada saat ponsel berdering, dapat menghambat aktivitas sel saraf sensorik dan motorik karena asupan oksigen ke dalam sel yang berjalan lambat. Hal tersebut berakibat pada menurunnya kualitas tidur yang anda miliki dan kecepatan daya berpikir anda. Belum lagi jika anda memiliki kebiasaan main game dan mendengarkan musik dengan earphone dalam waktu lama, yang akan menjadikan efek radiasi ponsel semakin menurunkan refleks anda dan kecerdasan berpikir anda. 

Menganggu Sistem Pencernaan
Ini bahayanya menyimpan ponsel di saku celana yang berkaitan dengan sistem pencernaan anda. Sebuah riset yang dilakukan di negara Eropa menunjukkan bahwa orang yang menyimpan ponsel di saku celana memiliki tingkat absorpsi nutrisi oleh sistem pencernaan lebih rendah dibandingkan orang yang menyimpan ponsel di tempat lain. Hal tersebut berdasarkan alasan bahwa efek radiasi sinyal elektromagnetik yang berlebihan dari ponsel akan membawa dampak negatif yaitu mempersempit saluran pencernaan, sehingga asupan nutrisi yang masuk lebih sedikit. Radiasi dari ponsel, mempengaruhi kinerja sistem pencernaan yang terletak dekat dengan organ reproduksi seperti usus halus, usus besar, dan lambung. 

Para ahli beranggapan bahwa menyimpan ponsel di saku celana akan menurunkan produksi enzim yang membantu pencernaan karbohidrat dan protein dalam tubuh. Namun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung semua teori yang berkaitan dengan efek negatif ponsel pada sistem pencernaan. Nah, semoga anda dapat memelihara kesehatan tubuh anda setelah menyimak bahayanya menyimpan ponsel di saku celana.
0 Komentar untuk "Jangan Simpan Ponsel Dalam Saku Celana, Berbahaya!"

Back To Top