Sering Mandi Ternyata Berbahaya Bagi kesehatan

Sering mandi ternyata berbahaya bagi kesehatan manusia, mengapa demikian? Hal ini dikarenakan terdapat beberapa alasan yang diantaranya dapat mengakibatkan hal yang buruk terjadi terutama pada kutit tubuh kita. Para pecinta kumpulan misteri, kulit tubuh kita yang keseringan melakukan aktifitas mandi diantaranya dapat mengiritasi, dan juga mengeringkan bagian kulit tersebut. Selain itu, apabila aktivitas mandi dilakukan dengan pola yang cukup sering juga dapat mengakibatkan bakteri baik yang terdapat dalam tubuh menghilang, sehingga kulit yang kita miliki tidak terjaga dan dapat menimbulkan berbagai macam jenis infeksi kulit.

Sering Mandi Ternyata Berbahaya Bagi kesehatan

Apabila mandi yang terlalu sering saja sudah membahayakan tubuh, lantas bagaimana jadinya pabila aktivitas mandi tersebut menggunakan air hangat? Pada dasarnya untuk melakukan aktivitas mandi dengan menggunakan air apapun itu merupakan hak dari setiap orang, akan tetapi alangkah baiknya apabila orang-orang tersebut mempertimbangakan terlebih dahulu dengan menggunakan air apa mereka melakukan aktifitas mandi. Hal ini dikarenakan, banyak pertimbangan dari akibat yang akan kita dapatkan apabila mandi menggunakan air yang salah. Mandi menggunakan air hangat memang sangat menyenangkan, karena terasa nyaman dan hangat pada tubuh kita saat melakukan aktivitas tersebut. Akan tetapi, tahukan Anda bahwa keseringan mandi dengan menggunakan air hangat ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berbagai macam bahaya yang dapat ditumbulkan dari mandi menggunakan air panas tersebut diantaranya adalah :

Kualitas Sperma Menurun
Pada dasarnya memang terdengar jarang bagi sosok laki-laki yang mandi menggunakan air panas. Namun, hal ini juga bukan berarti menunjukan bahwa kebanyakan laki-laki tidak ada yang mandi menggunakan air panas. Karena tidak jarang pula laki-laki yang sering atau bahkan hobi mandi dan juga berendam dalam air hangat. Kebanyakan sosok laki-laki yang sudah bekerja letih selama seharian, mereka melakukan istirahat dengan melepas penat melalui cara berendam dalam air hangat. Hal seperti inilah yang dapat menurunkan kualitas sperma dari laki-laki tersebut. Meskipun demikian efek dari kualitas sperma yang menurun tetap dapat diobati dengan cukup mudah, yaitu dengan cara menghentikan kebiasaan mandi atau bahkan berendam dalam air hangat tersebut. Dengan diberhentikannya kebiasaan tersebut, maka kualitas sperma pada sosok laki-laki tersebut pun dapat meningkat kembali secara normal.

Berbahaya Bagi Janin
Tidak jarang seorang ibu yang tengah mengandung, terutama pada usia kehamilan muda, mereka merasakan malas untuk mandi. Sehingga cukup banyak diantaranya yang dengan sengaja mandi menggunakan air hangat dengan alasan malas mandi menggunakan air dingin, malas karena cuaca yang dingin, atau bahkan karena ngidam sang bayi. Alasan tersebut memang relevan untuk digunakan agar mereka dapat mandi menggunakan air hangat. Akan tetapi, dengan mandi menggunakan air hangat tersebut justru dapat membahayakan janin yang tengah ibu kandung. Mengapa demikian? Karena suhu panas yang tinggi, dapat merusak janin yang dikandung oleh ibu, terutama pada masa awal kehamilan. Bahkan dikatakan bahwa penggunaan air hangat untuk mandi pada ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan lahir pada bayi tersebut. Itu sebabnya, seorang ibu yang tengah hamil muda biasanya dilarang untuk mandi menggunakan air hangat.

Rambut Rusak
Kesalahan selanjutnya yang seringkali terjadi adalah ketika air hangat yang dipergunakan untuk mandi, juga sama digunakan untuk keramas. Mengapa hal ini disebut kesalahan? karena dengan keramas menggunakan air hangat, sama saja dengan merusak rambut kita sendiri. Penggunaan air hangat yang disiramkan pada bagian kepala untuk keramas, dapat menyebabkan pori-pori rambut menjadi terbuka lebar, sehingga akar rambut yang tadinya kuat dapat dengan mudah terlepas dan menyebabkan kerontokan pada rambut kita. Selain itu, air hangat yang digunakan untuk keramas juga dapat membakar protein yang terdapat pada rambut, sehingga rambut menjadi kering karena kekurangan protein.

Kulit Kering
Hal ini sudah pasti terjadi terutama apabila aktifitas mandi menggunakan air hangat tersebut dilakukan dalam waktu yang sering dan juga lama. Karena dengan menggunakan air panas untuk mandi, pori-pori yang terdapat dalam kulit tubuh kita akan lebih terbuka, sehingga kandungan minyak di dalamnya pun ikut terbawa keluar. Sementara itu, kulit yang membutuhkan minyak untuk menjaga kelembapannya menjadi kering, kasar, dan pada akhirnya mudah keriput.

Sistem Imun Menurun
Penggunaan air hangat dalam aktifitas mandi, ternyata dapat menurunkan sistem pertahanan atau sistem imun dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, pada aktifitas mandi yang berlebihan dengan menggunakan air hangat, bakteri baik yang terdapat pada bagian kulit tubuh juga ikut terbawa mati oleh air hangat tersebut. Jika pada dasarnya kita melakukan aktifitas mandi untuk membersihkan kotoran dan menjaga kesehatan tubuh, maka pada aktivitas mandi dengan menggunakan air hangat ini justru dapat menurunkan sistem pertahanan bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu lah banyak orang diantaranya yang lebih menganjurkan untuk mandi menggunakan air biasa atau yang dingin saja. karena selain dapat membuat kulit tubuh terasa lebih segar, penggunaan air dingin ketika mandi juga lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan penggunaan air hangat.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan mengenai bahaya mandi dengan menggunakan air panas dan juga penjelasan mengenai aktifitas sering mandi yang ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh.
0 Komentar untuk "Sering Mandi Ternyata Berbahaya Bagi kesehatan"

Back To Top