Ini Bahaya Sikat Gigi yang Belum Kita Tahu

Ini bahaya sikat gigi yang belum kita tahu, menjadi salah satu topik kesehatan hangat yang banyak diperbincangkan. Ada berbagai jenis pendapat ahli kesehatan yang ternyata membuat kita semua terkejut. Jadi, kali ini Kumpulan Misteri akan menjelaskan berbagai macam uraian pentingnya mengetahui bahaya sikat gigi.

Ini Bahaya Sikat Gigi yang Belum Kita Tahu

Mengapa Kita Perlu Menggosok Gigi
Menggosok gigi adalah salah satu jenis aktifitas atau usaha yang diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi. menggosok gigi bisa dilakukan dengan sikat gigi dan pasta gigi. berikut ini manfaat menggosok gigi untuk kesehatan.

Menggosok gigi dilakukan untuk menghilangkan semua jenis kuman dan bakteri yang berada di bagian gigi. semua jenis sisa makanan yang berkumpul pada lapisan atau celah gigi bisa menyebabkan penyakit gigi dan mulut.

Menggosok gigi diperlukan untuk mencegah gigi berlubang. Masalah lubang gigi menjadi penyebab sakit gigi yang berbahaya untuk tubuh. Lubang gigi bisa disebabkan karena infeksi kuman atau bakteri dari sisa makanan.

Menggosok gigi membuat gigi menjadi lebih bersih, menghilangkan bau mulut dan meningkatkan kepercayaan diri.

Apa Saja Bahaya Sikat Gigi
Tidak banyak orang yang tahu bahwa sikat gigi ternyata bisa menyimpan potensi bahaya yang sangat besar untuk kesehatan. Pada umumnya hal ini disebabkan karena kesalahan individual yang terkadang tidak pernah disadari. Berikut ini bahaya sikat gigi yang belum kita tahu.

Ada berbagai jenis bakteri yang bisa bersarang dan hidup pada sikat gigi. Semua jenis virus dan bakteri ini tidak akan pernah kita lihat karena memiliki ukuran yang sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata.

Sikat gigi bisa menjadi lingkungan yang sangat subur untuk mutan streptococcus. Ini adalah jenis bakteri yang bisa merusak lapisan gigi dan menyebabkan karies pada gigi.

Sikat gigi bisa menjadi lingkungan pertumbuhan bakteri stapilococus, yaitu bakteri yang berasal dari air dan tanah juga kotoran yang bersarang pada sikat gigi.

Sikat gigi bisa menjadi salah satu penyebab penyebaran penyakit hepatitis A, hepatitis B maupun C. Penyakit ini disebabkan karena virus yang berasal dari lingkungan.

Cara Mencegah Bahaya Sikat Gigi
Meskipun sikat gigi mengandung berbagai macam potensi bahaya, namun itu tidak menghalangi kita untuk menggosok gigi. Menggosok gigi harus terus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Pada dasarnya kita bisa melakukan berbagai macam upaya untuk mencegah berbagai bahaya yang muncul pada sikat gigi. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah bahaya sikat gigi.

- Selalu gunakan sikat gigi Anda sendiri. Jangan pernah menggunakan sikat gigi orang lain karena bisa menimbulkan potensi penularan penyakit gigi dan mulut. Jika Anda pergi maka selalu bawa sikat gigi Anda sendiri sehingga mengurangi resiko penularan penyakit.

- Simpan sikat gigi di tempat yang benar. Saat ini Anda bisa memakai sikat gigi yang sudah dilengkapi dengan tempat penyimpanan atau tutup sikat gigi. Perlengkapan ini bisa mencegah masuknya virus atau bakteri dari udara. Namun jangan lupa untuk menjaga kebersihan kotak penyimpan sikat gigi.

- Jaga kebersihan sikat gigi. setelah Anda menggunakan sikat gigi maka jangan lupa untuk membersihkan sikat gigi dengan cara yang benar. Bersihkan semua lapisan sikat gigi hingga bagian dalam sehingga tidak ada sisa makanan yang menumpuk pada sikat gigi.

- Ganti sikat gigi secara teratur. Jangan memakai sikat gigi untuk jangka panjang, karena sikat gigi bisa menjadi media pertumbuhan bakteri yang tidak pernah kita lihat.

- Jangan menggunakan sikat gigi baru secara langsung. Banyak orang yang memakai sikat gigi baru tanpa mencuci atau membersihkannya. Hal ini ternyata sangat berbahaya, sebab perlakuan sikat gigi yang steril di pabrik maka belum tentu menjamin kebersihan sikat gigi. Bersihkan dan cuci sikat gigi baru agar terhindar dari kuman.

Meskipun ada bahaya yang selalu mengintai di balik sikat gigi, namun buka berarti kita harus meninggalkan aktifitas menggosok gigi. Menggosok gigi akan membantu membersihkan gigi sehingga kita bisa terhindar dari penyakit gigi dan mulut.

Beberapa kebiasaan yang salah dalam menggunakan sikat gigi juga bisa menimbulkan potensi bahaya.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang harus kita lalukan untuk menjaga kesehatan sikat gigi.

- Jangan pernah berbagi sikat gigi dengan orang lain. Anda tidak pernah tahu bahaya apa yang akan terjadi dengan kesehatan gigi dan mulut Anda

- Selalu ganti sikat gigi paling tidak selama tiga bulan sekali.
Apapun jenis sikat gigi Anda, maka terapkan beberapa cara yang benar untuk membersihkan dan menyimpan sikat gigi.

- Lakukan pemeriksaan gigi selama paling tidak enam bulan sekali untuk mengetahui kesehatan gigi.
Banyak orang yang mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan sikat gigi. Sikat gigi yang terlihat seperti benda mungil itu ternyata menyimpan potensi bahaya. Jadi lakukan beberapa perubahan agar terhindari dari bahaya sikat gigi yang belum kita tahu. 
0 Komentar untuk "Ini Bahaya Sikat Gigi yang Belum Kita Tahu"

Back To Top