Jangan Ragu Untuk Menangis, Air Mata Sungguh Ajaib

Siapapun kita pasti mengenal yang namanya air mata. Ada banyak sekali makna dan fungsi dari air mata tersebut. Para pecinta misteri pun pasti ingin mengetahui apa fungsi dari air mata dan makna dari air mata ini. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa permasalahan tersebut.

Air mata sendiri mempuyai beberapa fungsi, baik fungsinya untuk tubuh atau fungsinya untuk emosi. Namun apapun itu, air mata memang sangat luar biasa manfaatnya untuk tubuh kita, jika kita kekurangan air mata maka mata akan sakit, iritasi, hingga penyakit berat lainnya.

Jangan Ragu untuk Menangis, Air Mata Sungguh Ajaib

Membantu Penglihatan
Cairan air mata dapat membantu memberi pelumas pada kornea mata, agar kornea mata dapat bekerja dengan baik, dan terhindar dari gesekan benda asing yang masuk ke mata. Cairan ini juga dapat berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen ke dalam mata, jika oksigen kurang, maka air mata juga akan berkurang.

Membantu Membersihkan Debu
Kornea mata selalu dibasahi oleh air mata dan juga diberi makanan oleh basal tears. Fungsi lain ketika kornea dibasahi adalah untuk membersihkan mata dari debu yang masuk ke mata.

Dapat Membasmi Kuman Yang Masuk Ke Mata
Air mata mengandung air, lemak, mucin, lusozyme, lipocalin, lactoferrin, lacritin, glukosa, immunoglobulin, urea, kaliun, dan juga natrium. Beberapa cairan dalam air mata seperti lacrima dan lysozyme dapat berfungsi melawan berbagai macam bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, maka segala macam virus atau bakteri yang masuk melalui mata akan cepat dibasmi oleh beberapa zat yang ada dalam air mata ini. Namun seiring bertambahnya usia, fungsi air mata mengalami penurunan, hingga terjadinya beberapa penyakit pada mata.

Mengobati Mata
Ada kalanya mata terkena iritasi ringan, atau terkena sebuah penyakit ringan. Ada beberapa hal yang dapat mengiritasi mata sehingga air mata keluar, seperti gas yang dihasilkan oleh bawang merah, bubuk merica, bubuk cabai, dll. Kondisi ini tak ayal membuat mata mengambil tindakan untuk mengobati iritasi yang disebabkan oleh benda asing atau gas asing yang masuk ke mata. Jika ini sudah terjadi maka air mata akan keluar secara tidak sengaja, untuk mengobati mata agar tidak luka atau iritasi.

Air Mata Karena Emosi
Jangan ragu untuk menangis, air mata sungguh ajaib. Ini juga adalah kelebihan manusia dibandingkan dengan binatang mamalia lainnya. Manusia dapat mengeluarkan air mata karena emosi. Proses keluarnya air mata ini karena dorongan dari otak yang memberikan perintah untuk mengeluarkan air mata. Perasaan emosi yang tercipta oleh hipotalamus dan dari sistem limbik di otak memberikan perintah pada mata untuk mengeluarkan cairannya. Semakin dalam perasaan sedih yang kita derita biasanya otak akan semakin gencar memberikan perintah untuk melanjutkan proses menangis.

Ada banyak sekali hal yang terjadi ketika seseorang menangis, ada tangisan bahagia, ada tangisan sedih, ada tangisan terharu atau tangis ketakutan. Siapa saja dapat menangis, baik anak-anak yang berupa tangisan rengekan untuk mendapatkan perhatian, atau orang dewasa dengan tingkat emosional yang kompleks.

Hampir semua orang berkata, dengan menangis maka perasaan akan merasa lega. Sebenarnya bukan tangisannya atau keluarnya air matanya yang membuat seseorang merasa lega, itu karena dorongan pikiran yang disebabkan oleh hipothalamus yang membuat seseorang mengeluarkan air mata. Jika mata kurang air tentu maka akan terasa kering, dan proses regenerasi air mata ini membutuhkan waktu beberapa menit. Itu sebabnya ketika seseorang selesai menangis mata akan terasa sakit.

Menguap
Ada kalanya ketika kita sedang menguap maka air mata juga akan keluar. Kejadian ini memang tidak disengaja. Kondisi ini hanya menandakan bahwa kondisi tubuh sudah sangat lelah dan membutuhkan istirahat. Air mata dipaksa untuk keluar hanya untuk memberitahukan pada kita untuk menjaga kondisi mata. Jika kita terus memaksakan mata untuk selalu aktif maka akibatnya otot mata dan beberapa bagian mata secara lambat laun akan mengalami kemunduran. Jika kita memforsir mata, air mata juga akan kering, dan itu tidak baik untuk mata.

Ada banyak sekali manfaat dari air mata ini, namun kita harus tetap menjaga mata dan air mata ini. Jika kita mengeksploitasi mata atau air mata secara sembarangan bukan tidak mungkin mata akan menjadi rusak. Namun jika kita dapat menjaga mata dan air mata dengan baik, bukan tidak mungkin mata akan tetap memancarkan keindahannya, kita tetap dapat melihat dengan baik, dan kita dapat melihat indahnya dunia dengan baik, pada saat itu kita akan merasakan bagaimana nikmatnya mempunyai air mata, dan Jangan ragu untuk menangis, air mata sungguh ajaib!!
1 Komentar untuk "Jangan Ragu Untuk Menangis, Air Mata Sungguh Ajaib"

Trimakasih atas penjelasan nya

Back To Top