Memahami Fenomena Kepribadian Ganda

Kepribadian ganda adalah suatu keadaan dimana kepribadian terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain, kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena kepribadian utama tidak dapat mewujudkan hal yang diinginkan. Sebagai contoh seorang yang dasarnya memiliki kepribadian yang sangat keras, namun dengan kepribadiannya tersebut dia banyak mendapat penolakan dari lingkungannya, dan dengan demikian dia merubah kepribadiaannya tersebut menjadi lebih halus atau lebih lembut.

Memahami Fenomena Kepribadian Ganda

Sebelum abad ke-20 gejala kepribadian ganda ini selalu dihubungkan dengan kerasukan setan, namun para psikolog di abad tersebut banyak menolak dugaan itu dan menamakannya dengan sebutan Multiple Personality Disorder (MDP). Setelah itu berganti lagi dengan sebutan Dissociative Identify Disorder (DID) karena nama sebelumnya sudah dirasa tidak lagi sesuai. DID secara pengertian dapat diartikan sebagai sebuah kelainan mental dimana pada orang yang mengidapnya akan menunjukkan dua atau lebih kepribadian yang berbeda.

Tanda dan Gejala Kepribadian Ganda: 

1. Amnesia, dan penyimpangan waktu
2. Sakit kepala dan keinginan bunuh diri
3. Fluktuasi tingkat kemampuan dan gambaran diri
4. Perilaku menyakiti diri sendiri
5. Kecemasan dan depresi

Penyebab-Penyebab Terjadinya Kepribadian Ganda

Walaupun penyebabnya tidak dapat dipastikan, namun rata-rata psikolog dapat memastikan dan sepakat bahwa kepribadian ganda muncul akibat trauma yang dialami oleh penderitanya semasa kecil,

Ada 3 penyebab munculnya kepribadian ganda dalam diri seseorang, diantaranya:

1. Pelecehan sek*ual yang terjadi pada masa kecil secara berulang
2. Kurangnya kepedulian dari orang tua untuk melindungi dan menghibur dari pengalaman buruk yang terjadi pada anaknya
3. Keturunan dari keluarga yang mengalami gangguan psikologis

Selain dari 3 poin yang disebutkan tadi, ada juga yang disebut dengan dualisme keluarga. Dualisme disini yaitu sebuah perintah atau aturan, sebagai contohnya antara ibu dan ayah. Jika ibu membuat aturan untuk tidak membolehkan sesuatu, tapi ayah malah membolehkan hal tersebut dilakukan. 

Pengobatan yang Dapat Dilakukan Penderita Kepribadian Ganda
Kepribadian ganda merupakan salah satu fenomena yang biasanya banyak dialami oleh seseorang. Biasanya pria lebih sering mengalami ini daripada wanita. Cara mengobati kepribadian ganda adalah dengan pengobatan medis dan psikioterapis bersama ahli psikolog terdekat. 
0 Komentar untuk "Memahami Fenomena Kepribadian Ganda"

Back To Top