Jangan Hidupkan TV Saat Tidur, Ini Penjelasan Ilmiahnya

"Jangan hidupkan tv saat tidur!" Mungkin disiplin ini sudah mulai harus ditegaskan ya. Sebagian orang memiliki kebiasaan menonton televisi hingga larut, sampai pada akhirnya, gantian televisi lah yang menonton nya tertidur pulas. Ya, televisi dijadikan dongeng pengantar tidur, yang akan terus dibiarkan menyala hingga pagi. Bagi yang sudah kecanduan, sulit rasanya untuk membuang kebiasaan buruk ini jauh-jauh.

Jangan Hidupkan TV Saat Tidur, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Membiarkan televisi sepanjang malam, tentu merupakan pemborosan listrik. Selain itu, Anda juga 'menyiksa' alat elektronik ini dengan tidak memberikan nya waktu untuk beristirahat. Kondisi panas yang berkepanjangan, sudah barang tentu akan menjadi penyebab televisi Anda cepat rusak. Tapi, lebih dari pada itu, ternyata membiarkan Televisi tetap menyala saat Anda tidur, tidak baik untuk kesehatan Anda lho. 

Otak Anda Juga Butuh Istirahat

Menurut ilmuan Thomas Andrillon dan Sid Kouidler, saat Anda tidur, otak Anda tetap bekerja dan mengolah informasi yang masuk, melalui cahaya dan suara yang didengar oleh telinga Anda. "Bukan hanya memproses informasi yang kompleks ketika sedang benar-benar tertidur, tetapi juga saat tanpa sadar,"

Sehingga, ketika Anda tidur dengan televisi yang tetap menyala, itu berarti hanya raga atau tubuh Anda saja yang tidur dan beristirahat, namun tidak dengan otak Anda. Saat televisi menyala, dengan volume yang dapat ditangkap oleh telinga Anda, disini otak Anda akan terus bekerja merekam dan memproses informasi yang ditangkapnya. Gelombang cahaya yang ditangkap oleh otak dari pancaran televisi pun, demikian. Disisi lain, otak Anda juga memerlukan waktu untuk istirahat. Dimana, tidak ada suara dan cahaya yang direspon oleh otak Anda. Sehingga, otak benar-benar beristirahat, tanpa merespon informasi apapun dari luar.

Otak yang cukup istirahat, akan mengolah informasi dengan baik. Hal ini akan berdampak pada pengambilan keputusan. Sebaliknya, kurang nya waktu istirahat yang berkualitas, akan berakibat buruk pada otak. Seperti, terserang penyakit alzeimer dan parkinson.

Nah, mulai sekarang, jangan hidupkan TV saat tidur ya, penjelasan ilmiah tersebut menggambarkan betapa pentingnya istirahat yang berkualitas, baik untuk tubuh dan otak Anda. 
0 Komentar untuk "Jangan Hidupkan TV Saat Tidur, Ini Penjelasan Ilmiahnya"

Back To Top