Keutamaan dan Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah

Al-Fatihah dikenal sebagai surat paling awal dalam Al-Qur’an, tapi apakah kita tahu tentang keutamaan dan khasiat membaca surat Al-Fatihah? Umat Muslim mengetahui bahwa shalat yang mereka lakukan tidak akan sah jika mereka tidak membaca surat yang satu ini, yaitu surat Al-Fatihah, dan hal ini juga diriwayatkan oleh beberapa orang, terutama Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa shalat orang yang tidak membaca surat Al-Fatihah tidak akan diterima oleh Allah SWT. Melalui hadist yang satu ini juga Nampak bahwa ternyata Al-Fatihah memiliki peranan yang sangat penting hingga shalat seseorang tidak dinilai jika mereka terlupa untuk membacanya.

Keutamaan dan Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah

Beberapa Keutamaan dan Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah
Rasulullah SAW pernah berkata pada Abu Sa’id bin Al-Mu’alla yang pada saat itu sedang shalat di masjid. Rasulullaah ingin mengajarkannya sebuah surat yang paling agung dari seluruh surat yang ada dalam Al-Qur’an, dan Abu Sa’id setuju untuk diajarkan. Al-Imam Ibnu At-tiin mengatakan bahwa maksud nabi Muhammad dengan ucapannya tadi adalah bahwa keistimewaan dan khasiat membaca surat Al-Fatihah lebih banyak jika dibandingkan dengan membaca surat lainnya yang ada di dalam Al-Qur’an.

Jika ingin dijabarkan, maka ada 13 keuntungan yang bisa diperoleh ketika seseorang memutuskan untuk membaca surat Al-Fatihah, yaitu:
  1. Kebaikan orang tersebut diterima oleh Allah SWT.
  2. Seluruh dosanya yang ada di dunia diampuni.
  3. Akan selamat lidah mereka dari api neraka yang sangat panas.
  4. Akan terhindar dari murka Allah SWT.
  5. Mampu berjumpa dengan Allah SWT.
  6. Terbebas dari azab ketika ia dikubur nanti.
  7. Mendapat derajat yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak membaca, nanti ketika di Surga.
  8. Keutamaan dan Khasiat membaca surat Al-Fatihah sebelum tidur mampu membuat seseorang aman dari segala hal, kecuali kematian.
  9. Rumah yang sering dibacakan al-Fatihah dan al-Ikhlas akan bebas dari kefakiran, serta akan berlimpah kebaikan.
  10. Membaca Al-Fatihah sudah seakan-akan menyedekahkan emas di jalan Allah.
  11. Satu ayat dari surat Al-Fatihah menutup satu pintu neraka bagi orang tersebut.
  12. Membaca surat al-fatihah dengan ayat kursi dan dua ayat surat ali Imran ketika selesai shalat akan dibalas dengan surga.
  13. Manfaat membaca surat Al-Fatihah yang terakhir adalah kita seakan telah membaca kitab injil, zabur, taurat, Qur’an, suhuf Ibrahim, dan suhuf Idris sebanyak tujuh kali.
Keutamaan dan Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah di Zaman Rasul
Surat Al-Fatihah sering juga digunakan ketika akan melakukan ruqyah pada seseorang, tapi ternyata pada zaman Rasul penggunaannya sedikit berbeda. Surat ini pernah dibacakan ketika para sahabat Rasul mencoba menyembuhkan orang yang terkena sengatan kalajengking, dan inilah manfaat surat Al-Fatihah untuk pengasihan pada masa itu, karena dengan izin Allah SWT maka orang-orang yang terkena sengat kalajengking tadi sembuh sesaat setelah dibacakan.

Salah satu alasan lain mengapa seorang Muslim disarankan membaca surat al-Fatihah sepanjang hidupnya adalah karena ternyata surat Al-Fatihah memiliki banyak petunjuk yang langsung ditujukan untuk umat Muslim demi melancarkan seluruh urusan mereka. Hal ini bisa didapat dengan melakukan pengkajian mendalam terhadap surat Al-Fatihah secara khusus, dan karena ini juga banyak ulama-ulama yang telah menerbitkan sebuah kitab yang dikhususkan untuk membahas hal ini, karena ternyata banyak yang bisa diambil dari surat Al-Fatihah. Lewat kitab-kita tersebut, kita bisa lebih mendalami keutamaan dan khasiat membaca surat Al-Fatihah.
62 Komentar untuk "Keutamaan dan Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah"

untuk point2 tersebut, asas/dalilnya diambil dari apa yah..?? apakah dari Ayat/Hadits/fatwa Ulama..?? dan mohon sertakan juga dari Kitab appa point2 tersebut bisa disebutkan diatas.. ty

Udah ikut in aja bro,mereka yg menggunakan dan membacanya lebih tau bro

KAYEEM KALAU GAK MAU,, BACA AL FATIHAH, GAK USAH BANYAK COMENT,

CIRI CIRI ORANG RUWET KAMU KAYEEM

Kayeemm lo jadi pengacara ajaa hihihi

manfaat itu ada dalilnya kah??? Jangan nulis asal aja gak ada bukti. Omong kosong doang.

Kalau mau bukti ...ya... mati dulu...

jangan buruk sangka dulu sama kayeem bro and sis, barangkali dia mau nambah ilmu kan ga papa to...

Kadang saya merasa aneh, sesama muslim masih berdebat. Silakan ikuti guru-guru, ulama-ulama dan imam-imam yang diyakini, masalah hadist yang hasan dan daif dikembalikan kepada keyakinan masing-masing, Memang semua harus ada sumbernya dari Al-Quran, hadist Rasul menurut riwayatnya, jika melebih-lebihkan walaupu utk kebaikan sekalipun, hal tersebut menjadi bid'ah. Wallahu a'lam

Kalo masih meragukan khasiat surat alfatihah berarti dia bego. meskipun prnh membaca tp ga ada efek apa2 dlm hidupnya, brrti hidupnya bermasalah. membacanya jg ga ikhlas. Surat ini ga pernah ane tinggalin mau kemanapun, mau ngelakuin apapun, bahkan mau makan pun ane baca dlm hati.

itu bisa kebukti gak untuk org yg suka melanggar Perintah-NYA...?

wah,,, yg ini mudah emosi... hihihi

iya tu bener kata dadung,,, mau bukti mati dulu,,, ntar hidup lagi aja... baru cerita ama kita2... kebukti apa gak... hehehehehe..

saya pernah mengalaminya sendiri,waktu itu tangan saya terkena mata pancing lumayan dalam,dan logikanya hrs dengan oprasi untuk mengeluarkanya..dengan panik dan takut saya hanya bisa memejamkan mata dan membca al-fatikhah berkali2..setelah saya membuka mata ternyata mata pncing tersebut sudah terlepas dri tangan saya,,allohu a'laam.
insa alloh dgn keyakinan yg kuat alooh swt akan memberikan pertolongan bgi hambanya lwat perantara apapun,dan didunia ini banyak hal yg tidak bisa diterima akal sehat/logika kita,itu karna ilmu kita diibaratkan hanya setetes di bandingkan dengan ilmu alloh yang seluas samudra..allohu aa'lam bissowaf..

nah... kalo yg ini ane setuju.... hihi

iya bro,, disitu juga tekadang ane merasa sedih,,

Bro.mbaca ayat suci itu lahir batin.jangan pada di bibir doang.lagian rejeki itu nggak cuma dibayar pake doa.harus ditambah keringat

wah,,, ada srdikit riyanya nih.. hehehehe,,

betul itu, ane setuju, syareatnya jgn lupa. hohoho

Lagi.pikiran kita diset untuk yang baik baik.lalu melihat yang jelek jangan dikerjakan.masalah pahala dan sebagainya itu wewenang beliau.d.mau didebat gimana juga gabisa diklaim siapa yang bener siapa yang salah.diluar kapasitas.tapi salut buat yang mosting.susunan kata katanya ama janjinya. Kayak dia yang punya dunia.

tunggu dulu, wewenang beliau yang mana nih,, beliau siapa,,?

Yme. Yme mana.bayangkan wajah mu sendiri.bisa apa ga.

wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk....

Tiap hari bercermin tapi membayangkan wajah sendiri setengah menit aja gabisa.

wkwkwkwkw.. kenpa cuman wajah aja bro yg dibayangin,,, knp gak banyangin diri seutuhnya aja...

teorinya.naruto bisa tertipu dan bingung melawan ninja yang bisa berubah rupa menjadi teman temannya.tapi dia takakan tertipu kalo ninja itu berubah menjadi naruro sendiri.pusing ra.

Penalaran aja.bukti cari sendiri.org aku asal.bagian huruf hijaiyah.ro dan jak.allah maha melihat.landscap tubuh kita ya wajah.kalo ada masalah di perut ya dilihat dipipi.klo ada masalah di hati yadiliat dimata.kalo ada masalah di empedu ya dilihat di alis.lahirnya ada batinnya ada.

Edy Tansil.. bisa diperjelas komenan'y??
beliau dan dia yg dimaksud apa ya??
sama masih awam,, tpi sebaik'y klo kurang meyakini potingan penulis, sebaik'y di konsultasikan dengan ustad/ ulama yg ente kenal... biar terhindar berburuk sangka..

klo ragu ma posingan penulis silahkan cari tau kepada yg lbh mengerti,, bisa ustad / ulama yg dikenal.. klo ente2 menganggap postingan itu salah karena tidak berdasar,, saya mau tanya apa dasar ente menyalahkan...
nasi dibikin akal jangan cuma hanya di bikin taek broo..

klo ragu ma posingan penulis silahkan cari tau kepada yg lbh mengerti,, bisa ustad / ulama yg dikenal.. klo ente2 menganggap postingan itu salah karena tidak berdasar,, saya mau tanya apa dasar ente menyalahkan...
nasi dibikin akal jangan cuma hanya di bikin taek broo..

Edy Tansil.. bisa diperjelas komenan'y??
beliau dan dia yg dimaksud apa ya??
sama masih awam,, tpi sebaik'y klo kurang meyakini potingan penulis, sebaik'y di konsultasikan dengan ustad/ ulama yg ente kenal... biar terhindar berburuk sangka..

Edy Tansil.. bisa diperjelas komenan'y??
beliau dan dia yg dimaksud apa ya??
sama masih awam,, tpi sebaik'y klo kurang meyakini potingan penulis, sebaik'y di konsultasikan dengan ustad/ ulama yg ente kenal... biar terhindar berburuk sangka..

Wow.tinggal sila kaki kiri di depan.dah cukup.mau nanya ke a tadipagi sarapan pake daging bawaannya emosi ama birahi.tanya ke b kebanyakan karbohidrat bawaanya males n pasrahnya overlut modal omongan males kerja. Tanya ke c kebanyakan minum air .tanya ke d asmanya kumat.

wkwkwkwkwkwkwkwk.... betul... itu betul....

Tai juga anugerah.nasi itu ada dari tanah kembali ke unsur tanah.akal masuk dari telinga.hati dari mata.makanya waktu bayi dikasih lagu yang cihui merangsang otak. Jangan telinganya dimasukin nasi. Bisa gorengan.

Iya kalo loe ada masalah pencernaan dianjurkan u banyak makan ubi jalar .genjer juga bagus.lagi sering berjalan tanpa sandal atau alaskaki.logika lagi kaki sebagai penghubung tubuh dengan tanah.memakai sandal identik dengan tanaman dalam pot bunga.

Kalo ente mau tanya dalil tanya ke ulama yang terpercaya. Jangan tanya ustadz gak jelas yang dikit2 bilang bid'ah, sesat, kafir dan syirik. Nanti otak ente bisa rusak dengan faham mereka yang merupakan cikal bakal faham radikal kayak ISIS

Bisa diam ngga pada berisik aja,,,diem loe gigi loe kuning,,,

Ini saya liat pertengkaran antara 2 insan yg saling mencinta , tp di ungkapin lewat kata2 yg yang memiliki pesan tersirat , bukan tersirat. Romantis kali,,, ckckck

memang Al-fatihah punya kelebihan yang luar biasa sebagai ummul kitab.Bahkan seorang tabib seorang pendeta menyembuhkan pasiennya dengan air putih yg dibacakan alfatihah.Wallahu 'alam bishshawab.

Amin smg dapat berkah...al fatihah....

Amin..smg dapat berkah ..al fatihah..

saya yang haus ilmu ini hanya ingin mengajak supaya tida jadi perdebatan maka ngaji lah perdalamlah ilmu agama secara kaafah.. sehingga mana yg jadi perdebatan akan sirna,, dan bagi yang masih mengandalkan buku dan ustadz yg tidak bersanad mending tidak ikut berdebat karna tidak akan menemukan penyelesian melainkan pertengkaran.. terimakasih.

Yang jelas info itu sngat berguna n menambah semangat tuk amalin surah al fatihah tersebut...terima kasih kaka infonya..

Jalani aja dulu selagi ga menyimpang ...
Tp jgn baru sehari jalanin lgsg mau bukti, jalani istiqomah...
InsyaaAllah berkah al-Fatihah banyak sekali

Surat Al-fatihah bisa juga disebuh ibu ato induk dari segala surat-surat yg ada dalam Al-qur'an..
Klo anda yg mempelajari ilmu al-hikmah pasti tau apa yg ada didalam surat Al-Fatihah ini..
Salam rahayu buat sedulur..

Izinkanlah saya menulis / menebar sejumlah doa, semoga Allaah SWT mengabulkan. Aamiin yaa Allaah yaa rabbal ‘alamiin.

Lebih dan kurang saya mohon maaf.

Asyhaduu anlaa ilaaha illallaah wa asyhaduu anna muhammadarrasuulullaah
A’uudzubillaahiminasysyaithaanirrajiim
Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin,
Arrahmaanirrahiim
Maaliki yaumiddiin,
Iyyaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin,
Ihdinashirratal mustaqiim,
Shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladhaaliin
Aamiin

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin, hamdan yuwaafi ni’amahu, wa yukafi mazidahu, ya rabbana lakal hamdu. Kama yanbaghi lii jalaali wajhika, wa ‘azhiimi sulthaanika.

Allaahumma shalli wa sallim wa baarik, ‘alaa Sayyidinaa wa Nabiyyinaa wa Maulaanaa wa Maulaanaa Muhammadin wa ikhwaanihii minal anbiyaa-i wal mursaliin, wa azwaajihim wa aalihim wa dzurriyyaatihim wa ash-haabihim wa ummatihim ajma’iin.

ALLAAHUMMAFTAHLII HIKMATAKA WANSYUR ‘ALAYYA MIN KHAZAA INI RAHMATIKA YAA ARHAMAR-RAAHIMIIN.

RABBI INNII LIMAA ANZALTA ILAYYA MIN KHAIRIN FAQIIR.

RABBI LAA TADZARNI FARDAN WA ANTA KHAIRUL WAARITSIN.

Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw, waj’alna lil muttaqiina imaamaa.

Allaahummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa.

Ya Allaah, percepatlah kebangkitan KAUM MUSLIM. Pulihkanlah kejayaan KAUM MUSLIM, Lindungilah KAUM MUSLIM dari kesesatan dan berilah KAUM MUSLIM tempat mulia di akhirat.

Ya Allaah, jadikanlah INDONESIA DAN DUNIA MUSLIM tetap dimiliki KAUM MUSLIM, Jadikanlah INDONESIA DAN DUNIA MUSLIM baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur. Jadikanlah DUNIA NON MUSLIM dimiliki KAUM MUSLIM. Jadkanlah musuh Islam ditaklukan KAUM MUSLIM.

Allaahumma innaa nas’aluka salaamatan fiddiini waddun-yaa wal akhirati wa ’aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wabarakatan firrizqi wa taubatan qablal mauti, wa rahmatan ‘indal mauti, wa maghfiratan ba’dal maut. Allahuma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauti, wannajaata minannaari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

Allaahumma inna nas aluka husnul khaatimah wa na’uudzubika min suu ul khaatimah.

Allaahuma inna nas’aluka ridhaka waljannata wana’uudzubika min shakhkhatika wannaar.

Allaahumma ashlih lanaa diinanal ladzii huwa ‘ishmatu amrina Wa ashlih lanaa dun-yaanal latii fii haa ma’asyunaa. Wa ashlih lanaa aakhiratanal latii ilaihaa ma’aadunaa. Waj’alil hayaata ziyadatan lanaa fii kulli khairin. Waj’alil mauta raahatan lanaa min kulli syarrin.

YA ALLAAH, IZINKANLAH SEGALA NAMA DAN GELAR SAYYIDINA WA NABIYYINA WA MAULAANAA MUHAMMAD SHALLALLAAHU’ALAIHI WA AALIHI WA SHABIHI WA UMMATIHI WA BARAKA WAS SALLAM MEWUJUDKAN BARAKAH KE SEANTERO SEMESTA – KHUSUSNYA BAGI KAMI, KELUARGA KAMI DAN KAUM MUSLIM.


—— doa khusus untuk PARA NABI, PARA KELUARGANYA, PARA SAHABATNYA, SEMUA YANG BERJASA PADA (PARA) NABI, PARA SALAF AL-SHAALIH, PARA SYUHADA, PARA WALI, PARA HABAIB, PARA IMAM, PARA ULAMA DAN SEMUA YANG BERJASA PADA ISLAM SERTA PARA MUSLIM SALEH YANG TELAH WAFAT. Semoga Allaah selalu mencurahkan kasih sayang kepada mereka.

ALLAAHUMMAGHFIRLAHUM WARHAMHUM WA’AAFIHIM WA’FU ‘ANHUM
ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHUM WA LAA TAFTINNAA BA’DAHUM WAGHFIRLANAA WALAHUM
———————

Rabbanaa aatinaa fiddun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa ‘adzaabannaar wa adkhilnal jannata ma’al abraar.

Rabbanaa taqabbal minna innaka antassamii’ul aliimu wa tub’alainaa innaka antattawwaaburrahiim. Washshalallaahu ‘alaa sayyidinaa wa nabiyyinaa wa maulaanaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa ummatihi wa baraka wassallam.

HASBUNALLAAH WANI’MAL WAKIIL NI’MAL MAULA WANI’MAN NASHIIR.

Subhana rabbika rabbil ‘izzati, ‘amma yasifuuna wa salamun ‘alal anbiyaa-i wal mursaliin, walhamdulillahirabbil ‘aalamiin.

Aamiin yaa Allaah yaa rabbal ‘aalamiin.


Ganie, Indra – Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

amiin ya robbal alamiin ... mudah''an doanya makbul

Males bcnya, klu pake arabmah gampang, kalau latin takut salah hurup, kan bs jd salah arti.

Males bacanya, so g pake hurup arab, takut salah arti.

Kayeem kan nanya bro, kok di marahin..??

YG jelas klo nga baca ALFATIHAh maka shalaatnya nga sah

Back To Top