5 Hal Menakjubkan yang Dilakukan Otak Ketika Sedang Tidur

Kita tentu tahu bahwa otak adalah pusat syaraf dan pusat pengendali tubuh, tapi tahukah kita hal menakjubkan yang dilakukan otak ketika sedang tidur?. Kebanyakan orang pasti akan berpikir bahwa ketika sedang tidur maka otak pun akan ikut tertidur, apakah demikian? Tentu para pencinta msiteri ingin mengetahui hal yang sebenarnya. Ternyata pada kenyataannya otak tidak tidur, ketika kita tertidur ada banyak sekali hal yang otak lakukan, seperti tetap mengontrol pernafasan, mencerna makanan yang ada dalam perut, dan juga tetap mengirimkan sinyal pada seluruh organ tubuh yang membutuhkan. Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan otak ketika sedang tidur:

5 Hal Menakjubkan yang Dilakukan Otak Ketika Sedang Tidur

1. Membuat Keputusan
Hal menakjubkan yang dilakukan otak ketika sedang tidur yang pertama adalah ketika kita sedang terjaga ada banyak sekali informasi yang kita terima, dan semua informasi tersebut akan disimpan dalam otak. Ketika tertidur maka informasi yang telah didapatkan akan diproses dalam otak. Bahkan jika membutuhkan jawaban atas informasi yang diterima akan dilakukan pada saat sedang tertidur.

Informasi ini diperoleh dari sebuah studi yang dilakukan dan telah diterbitkan dalam bentuk Jurnal Current Biology. Dalam jurnal tersebut dikemukakan bahwa otak akan mengolah informasi yang telah diterima, dan akan memproses jawaban atas informasi tersebut.

2. Memperkuat Daya Ingat
Ada kalanya kita bermimpi, ada banyak sekali mimpi yang ada, seringkali ada hubungannya dengan kegiatan yang dilakukan sebelum tidur. Pada saat sedang tidur inilah otak melatih kemampuan mengingatnya. Biasanya mimpi ketika sedang tidur akan hilang, dan kita lupa tentang mimpi tadi malam. Pada dasarnya ingatan atau mimpi tersebut secara tidak sadar akan masuk ke dalam alam bawah sadar kita, dan ingatan tersebut akan disimpan dalam bentuk gelombang otak. Ada kemungkinan terjadi semburan dalam otak ketika terjadi lobus temporalis ketika otak menerima ingatan atau rangsangan baru yang datang dari korteks motor, lalu kemudian diproses dalam otak dan disimpan dalam memori. Itu sebabnya kita akan selalu memimpikan kejadian yang baru saja terjadi atau yang tadi terjadi, dan kejadian seperti itu akan selalu kita ingat.

3. Membuat Ide Baru
Ketika kita sedang tertidur, tidak sepenuhnya seluruh tubuh ikut istirahat, masih ada beberapa bagian tubuh yang tetap berfungsi, salah satunya adalah otak. Dengan banyaknya informasi yang diterima oleh otak, maka ketika sedang tidur otak akan bekerja dan mengolah seluruh data yang ada. Sehingga ketika kita terbangun dari tidur kita akan mendapatkan inspirasi atau ide baru.

Beberapa orang bahkan mempunyai kemampuan menganalisa ketika sedang tertidur. Walaupun secara fisik orang tersebut tertidur, akan tetapi telinganya masih dapat mendengar. Informasi seperti itu lalu ditangkap oleh otak, kemudian otak akan mencari cara untuk menghasilkan solusi terbaik untuk memecahkan masalah yang ada. 

4. Proses Pembersihan
Proses pembersihan atau disebut juga dengan proses detoksifikasi akan terjadi ketika kita sedang tertidur. Detoksifikasi sendiri adalah proses pembuangan racun atau zat tidak berguna lainnya yang ada dalam tubuh. Ketika kita sedang tertidur, ternyata otak memerintahkan tubuh atau sistem pencernaan untuk memproses dan mendetoksifikasi racun dan hal lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Setelah racun dan zat lainnya terkumpul, maka proses selanjutnya adalah disalurkan ke salah satu bagian tubuh yang berfungsi untuk membuang kotoran. Itulah sebabnya beberapa dari kita pasti akan merasa mulas ketika bangun tidur. Karena kotoran yang seharusnya dibuang sudah terkumpul dan harus dibuang.

Mengapa bisa terjadi seperti itu? Ketika kita sedang tertidur maka beberapa hormon juga akan turun. Sebuah sistem yang bernama glymphatic akan mengeluarkan cairan yang bernama serebrospinal yang berada di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. Cairan tersebut yang nantinya bertugas untuk membersihkan sel-sel mati dan secara langsung dibuang ke luar tubuh.

Jika seseorang kurang tidur, atau tidur tidak sempurna maka proses metabolisme tubuh akan kacau, dan salah satunya adalah proses pembuangan racun atau zat berbahaya lainnya tidak akan terbuang dengan baik. Jika kita kekurangan tidur juga akan memicu beberapa penyakit seperti neurodegenerative.

5. Mempersiapkan Kenangan Baru
Ketika kita sedang tertidur maka otak akan mempersiapkan kenangan baru dan menyimpan kenangan yang lama. Jika kita kurang tidur maka kondisi tubuh akan sedikit kacau, sistem metabolisme dan juga sistem kimia tubuh akan kacau. Kondisi seperti itu juga akan membuat sistem kerja otak menjadi sedikit terganggu. Kurang istirahat juga akan berakibat buruk pada hippocampus, atau wilayah otak yang berfungsi untuk membuat dan memperkuat daya ingat.

Dengan tidur secara teratur maka kondisi tubuh akan tetap terjaga, otak juga dapat berfungi dan memerintah bagian tubuh dengan baik.

Masih ada banyak sekali hal menakjubkan yang dilakukan otak ketika sedang tidur yang belum sempat kita ketahui, namun dengan adanya artikel ini semoga membantu kita mengetahui fungsi otak,dan semoga bermanfaat bagi kita semua.
0 Komentar untuk "5 Hal Menakjubkan yang Dilakukan Otak Ketika Sedang Tidur"

Back To Top