Kisah Tanya Jawab Rasulullah SAW Dengan Iblis Laknatullah


Allah telah memerintahkan malaikat untuk menemui iblis agar datang menghadap Rasulullah untuk menceritakan semua rahasianya, mulai dari apa yang ia benci dan apa yang ia sukai. Kisah rasulullah saw dengan iblis ini bermula ketika Allah memerintahkan salah seorang malaikat untuk meminta iblis menemui Rasululllah SAW. Iblis tersebut diminta untuk menjawab semua pertanyaan dari Rasul nanti. Allah mengancam apabila iblis itu berdusta satu kata pun, maka seluruh bagian tubuh dan uratnya akan terputus, serta akan disiksa dengan adzab yang sangat pedih.

Kisah Tanya Jawab Rasulullah SAW Dengan Iblis Laknatullah

Karena ketakutan, iblis pun langsung mendatangi Rasul dengan menyamar sebagai orang tua dimana sebelah matanya telah buta dan berjanggut warna putih 10 helai seperti ekor lembu panjangnya. Iblis itu memberi salam pada Rasul hingga 3 kali salamnya tidak juga dijawab. Iblis itu pun bertanya mengapa Rasul tidak mau menjawab salamnya. Rasul menjawab bahwa salam memanglah mulia, tapi beliau berkata bahwa jangan sampai iblis berusaha untuk menipu sebagaimana ia menipu nabi Adam dengan buah khuldi sehingga dikeluarkan dari surga, hasutannya yang mendorong Qabil membunuh Habil, dan kisah lainnya yang berkaitan dengan hasutan iblis. Kemudian, iblis itu menenangkan Rasul dan menjelaskan bahwa kedatangannya hanya untuk mengungkapkan segala rahasianya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita ambil dari dialog Rasulullah SAW dengan iblis, yaitu:

1. Musuh terbesar iblis adalah Rasul karena ia bisa menyerupai segala makhluk dan bentuk untuk menyesatkan manusia, keculai menyerupai Rasul.

2. Perbuatan iblis kepada makhluk Allah adalah dengan menghasut wanita untuk merenggangkan kedua pahanya di hadapan laki-laki yang bukan suaminya. Mereka selalu mendorong manusia untuk berbuat maksiat, seperti terbuai dengan minuman dan makanan, durhaka, lalai karena harta benda, emas, permata, dan perak, tanahnya, rumahnya agar dibelanjakan secara haram, zina, mencuri, riya’, megah, takabur, sombong, dan lalai terhadap amalan.

3. Iblis terus saja berbuat maksiat meskipun tahu bahwa Allah yang telah memberikan kenikmatan baginya. Hal ini dikarenakan, sebelumnya iblis itu adalah malaikat yang memiliki kedudukan tinggi di surga hingga akhirnya Allah berkehendak menciptakan manusia sebagai khalifah di dunia ini. Bahkan Allah memerintahkan semua malaikat untuk tunduk pada Nabi Adam dan semua hanya ialah yang tidak mau tunduk pada Nabi Adam karena kesombongannya. Kemudian, Allah mengubah malaikat sombong itu menjadi iblis. Hal inilah yang membuatnya iri, ia dijamin masuk neraka sedangkan Nabi Adam diberikan kenikmatan di surga hingga membuatnya menggodanya untuk berbuat maksiat.

4. Hal pertama yang iblis tipu dari manusia adalah niatnya dalam keimanan yang menjurus pada kekafiran.

5. Ketika seseorang sedang shalat, maka para iblis akan terus mengganggunya seperti melalaikan jumlah rakaat, tidak khusyu’, dll.

6. Jika iblis mendengar seorang hamba membaca Al-Qur;an maka terbakarlah tubuhnya, putus uratnya, dan lari.

7. Jika ada seorang hamba yang naik haji, maka daging dan tulang iblis akan gugur.

8. Puasa adalah musibah terbesar bagi iblis.

9. Orang yang menjauhi perintah Allah dan sunnah Rasul maka mereka serupa dengan iblis.

10. Rahasia iblis adalah mereka menggosok-gosokkan najis manusia sendiri pada badannya saat tidak membaca doa ketika pergi buang air.

Beberapa jawaban di atas muncul dari sejumlah pertanyaan Rasulullah kepada iblis dan ia menjawabnya dengan jujur karena takut akan murka Allah yang telah disampaikan.
0 Komentar untuk "Kisah Tanya Jawab Rasulullah SAW Dengan Iblis Laknatullah"

Back To Top