Golongan Orang yang Akan Dilewatkan Munkar-Nakir di Alam Kubur


Sungguh beruntungnya orang yang masuk golongan ini karena beberapa yang ditakuti oleh sebagian besar orang adalah pertanyaan Munkar dan Nakir di dalam alam kubur nanti. Kehidupan manusia tidak hanya bertahan di dunia, tetapi kita akan menjalani kehidupan di akhirat. Namun, sebelum manusia masuk ke kehidupan akhirat, mereka harus melalui alam kubur terlebih dahulu. Di alam inilah, manusia akan disambut oleh dua malaikat, yakni Munkar dan Nakir. Malaikat ini diberi tugas oleh Allah untuk memberikan pertanyaan yang menunjukkan tingkat keamanan seseorang. Meskipun terdengarnya adalah pertanyaan yang biasa, tetapi untuk menjawab pertanyaan itu kita harus memiliki keimanan yang kuat terhadap Allah. Hal inilah yang membuat semua orang takut jika mereka bertemu dengan malaikat Mungkar Nakir di alam kubur.

Golongan Orang yang Akan Dilewatkan Munkar-Nakir di Alam Kubur

Golongan yang terbebas dari pertanyaan malaikat di kubur akan menjadi isi dari artikel ini karena hal ini penting untuk diketahui agar kita dapat mengikuti amalan baik yang akan meringankan beban kita di dalam kubur. Namun, kita juga harus mempersiapkan diri dalam menjawab pertanyaan yang akan diberikan oleh malaikat penjaga alam kubur, yakni Munkar dan Nakir.

Pertanyaan yang yang akan diberikan oleh malaikat ini ialah mengenai Tuhan, agama, malaikat, Rasul, kitab, takdir, kiblat, hari kiamat, nikmat atau siksa kubur, surga dan neraka, serta masih banyak lagi.

Apabila dalam tahap ini mereka gagal menjawab pertanyaan maka malaikat akan memberikan siksa kubur yang amat pedih kepada mereka. Hal ini akan berpengaruh terhadap dimana tempat kembali mereka. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan sebaik mungkin selagi masih hidup di dunia.

Pertanyaan ini akan diberikan pada setiap mukallaf kecuali mereka yang akan dibebaskan dari hal ini. Orang yang masuk dalam golongan ini adalah nabi, siddiq, syuhada, wafat karena sakit perut, penjaga di perbatasan daerah musuh, orang yang dengan istiqomah membaca surah “Tabarok” dan “Haa Miim As-Sajdah” pada malam hari. Mereka yang wafat di hari Jum’at, serta orang yang terkena penyakit sampar. Selain itu, orang yang mati syahid juga memiliki keutamaan akan hal ini, mereka akan terbebas dari pertanyaan Munkar-Nakir. Inilah golongan orang yang akan dilewatkan Munkar-Nakir di alam kubur ini telah disampaikan oleh Imam Al-Qurthubi.

Apabila seseorang tidak ditanyai oleh kedua malaikat ini, maka mereka akan terhindar dari siksa kubur. Semua orang yang beriman walaupun ia bermaksiat, Allah akan memberikan taufiq agar dapat menjawab pertanyaan itu meskipun dengan tergagap-gagap.

Berdasarkan hal ini, kita tahu bahwa tidap semua orang akan mendapatkan pertanyaan dari Munkar dan Nakir. Terdapat golongan tertentu yang akan dibebaskan dari pertanyaan ini. Betapa beruntungnya inilah jenis orang yang tidak akan mendapatkan siksa kubur, karena mereka juga akan terbebas dari siksaan kubur yang ditakuti setiap orang.

Sebagai seorang muslim, kita harus mempersiapkan hal ini dengan meningkatkan keimanan kepada Allah. Meskipun pertanyaan itu terlihat mudah tapi tak semua orang dapat menjawabnya dengan baik. Banyak amalan ibadah yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan bekal untuk di akhirat nanti. Apabila kita dapat menjawab pertanyaan itu dengan baik maka kita tidak akan mendapatkan siksa kubur.
0 Komentar untuk "Golongan Orang yang Akan Dilewatkan Munkar-Nakir di Alam Kubur"

Back To Top