3 Hal yang Merupakan Sumber Segala Dosa


Hindarilah 3 hal yang merupakan sumber segala dosa ini karena dengan melakukannya kita bisa terjerumus ke dosa lainnya. Rasulullah telah memberikan tauladan untuk menjadi muslim yang baik dengan menghindari ketiga sifat yang bisa membawa kita ke dalam neraka. Pastinya tidak ada yang mau untuk masuk neraka sebagai tempat kembali yang abadi.

3 Hal yang Merupakan Sumber Segala Dosa

Hindarilah 3 Hal yang Merupakan Sumber Segala Dosa Ini
Sebuah hadits menjelaskan bahwa terdapat tiga sifat yang harus kita hindari karena dapat menimbulkan perbuatan dosa lainnya. Ada tiga perkara ini termasuk sumber segala dosa, yaitu:

1. Merasa angkuh
Sifat ini sungguh bahaya bagi umat beragama. Sebaiknya kita berhati-hati agar tidak melakukan sifat ini karena dapat menyesatkan langkah kita. Sifat ini bisa ditimbulkan karena keras kepala, merasa benar, bijak dan paling suci hingga menyebabkan kesombongan. Bahkan setan menjadikan sifat ini sebagai sumber dosa yang pertama. Manusia digoda setan agar mereka membangkang terhadap ajaran agama. Melalui kesombongan ini, seseorang tidak akan mau mengakui kekuasaan lain, termasuk Allah sehingga ia akan melanggar perintah Allah dan justru melakukan larangan-Nya. Seperti halnya yang terjadi pada setan. Ketika Allah memerintahkan setan untuk sujud pada Nabi Adam, mereka tidak mau melakukannya karena merasa merekalah yang lebih hebat daripada Nabi Adam. Apabila sifat ini terus dipupuk, maka kita tidak akan lagi menerima nasihat atau saran yang baik.

2. Rasa iri hati
Iri hati dapat menimbulkan perbuatan dosa lainnya, itulah mengapa disebut sebagai sumber dosa. Orang yang memiliki rasa iri di hatinya, maka mereka akan lebih mementingkan urusan dunia sehingga dapat menjauhkan diri dari jalan Islam yang benar. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita waspada terhadap sifat ini, bahkan kita harus memerangi sifat yang dapat menyerang pikiran dan hati manusia. Inilah penyakit hati yang menjadi sumber dosa sehingga harus dihindari agar tidak menjerumuskan pada perbuatan dosa yang lebih banyak dan besar. Kisah Qabil memberikan pelajaran bagi kita mengenai rasa iri hati ini. Sebenarnya, ia telah dilahirkan dari Nabi mulia. Seharusnya, ia bisa menjaga anugerah itu dengan berbuat baik sebagai contoh untuk umat manusia. Tapi karena rasa iri hatinya kepada saudaranya sendiri, ia melakukan perbuatan tercela dan hanya menuruti hawa nafsunya saja.

3. Sifat rakus
Sifat ini menjadi salah satu dari 3 sumber segala dosa. Melalui sifat ini, manusia akan melakukan dosa lainnya sehingga sebisa mungkin kita harus menghindari sifat ini agar sifat rakus atau tamak tidak masuk ke dalam jiwa kita. Orang yang rakus mereka lupa bahwa apa yang mereka miliki sekarang ini adalah milik Allah dan pada akhirnya semua akan kembali pada-Nya. Seharusnya hal itulah yang mereka tanamkan agar tidak lagi rakus. Hal ini mengingatkan kita pada kisah Nabi Adam, ketika beliau tergoda akan bisikan setan untuk memakan buah khuldi yang telah dilarang oleh Allah. Apabila beliau memiliki benteng yang kuat dan kokoh untuk tidak mendengarkan bisikan setan, maka Allah tidak akan mengeluarkan beliau dari surga yang penuh nikmat itu. Berdasarkan kisah ini, sifat tamak atau rakus dapat melemahkan keimanan kita pada Allah.

Sebagai seorang muslim, kita harus menghindari perbuatan dosa dengan menghindari sumber dosanya. Hal ini akan memudahkan kita dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
0 Komentar untuk "3 Hal yang Merupakan Sumber Segala Dosa"

Back To Top