Iblis-Iblis yang Mewakili 7 Dosa Manusia


Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling rentan terhadap godaan. Tuhan mengijinkan godaan itu terjadi dengan tujuan supaya manusia lebih kuat lagi dalam menjalani dan mempertahankan imannya. Dari semua jenis godaan yang ada, godaan setan/ iblis adalah yang paling berbahaya karena membuat manusia terjerumus ke dalam dosa. Ada 7 iblis mengerikan yang dengan siap akan menggoda manusia. Inilah iblis-iblis yang mewakili 7 dosa manusia.

Iblis-Iblis yang Mewakili 7 Dosa Manusia

Gambaran Sifat Iblis-iblis yang Mewakili 7 Dosa Manusia 
Iblis adalah penghuni neraka jahanam yang tidak senang bila melihat manusia taat kepada Allah. Maka dari itu, mereka selalu saja menggoda dan mencobai umat manusia supaya lalai dari ketaatannya. Ada 7 deadly sins dalam Islam atau yang biasa disebut dengan 7 dosa besar dalam Islam yang diwakili oleh para iblis yang akan digambarkan berikut ini. Seperti inilah sifat iblis-iblis yang mewakili 7 dosa manusia.

1. Lucifer
Sebenarnya Lucifer adalah salah satu malaikat Tuhan yang sangat mulia. Akan tetapi, karena ia menentang Allah, maka ia diturunkan ke bumi menjadi seorang iblis untuk mencobai manusia. Sifat iblis Lucifer adalah bangga diri dan sombong. Bila ada manusia yang sombong, maka godaan iblis inilah yang menjadi penyebab dosa dari kesombongan manusia.

2. Mammon
Iblis ini melambangkan sifat ketamakan dan keserakahan manusia. Mammon bersifat pelit dan tidak mau berbagi. Karena itu, banyak manusia beramai-ramai menyembah iblis Mammon demi kekayaan yang lebih meski hal itu menyebabkan kerugian bagi manusia lain.

3. Asmodeus
Sifat dari iblis Asmodeus adalah nafsu seksual yang berlebihan. Iblis ini mewakili dosa manusia dalam hal hasrat seksualitas. Jika seseorang jatuh dalam godaan Asmodeus, maka ia akan dihukum selamanya dan ditempatkan di neraka tingkat kedua.

4. Leviathan
Dilihat dari namanya, iblis ini adalah iblis yang penuh kecemburuan. Dengan bergelar pangeran dari neraka dan pintu neraka ada pada mulutnya, Leviathan akan dengan mudah menjerumuskan manusia dalam dosa karena rasa cemburu/ iri hati.

5. Beelzebub
Salah satu raja neraka ini digambarkan sebagai dewa lalat. Beelzebub adalah iblis yang rakus dalam hal makanan, selalu memilih-milih makanan dan makan makanan mahal. Godaan ini membuat manusia sulit untuk hidup dengan sederhana dan bersyukur.

6. Satan
Iblis yang satu ini nampaknya sudah tidak asing lagi. Satan terkenal karena sifat antagonisnya, dan ia mampu menimbulkan kemarahan atau panas hati dalam diri manusia sehingga akan memicu permusuhan. Kemarahan yang bersifat merusak juga dapat dimunculkan olehnya, seperti pembunuhan. Bunuh diri yang diakibatkan oleh godaan Satan sangat berat hukumnya.

7. Belphegor
Malas adalah sifat dari iblis Belphegor. Godaan yang akan diberikan oleh iblis ini adalah kemalasan, suka menunda-nunda hal yang harus dikerjakan, dan yang paling buruk adalah sifat korupsi yang membuat manusia semakin jatuh ke dalam dosa besar.

Rasulullah telah bersabda, hendaklah manusia menghindari 7 dosa yang akan membinasakan dirinya. Kecil ataupun besar, dosa tetaplah dosa.Mengapa dosa harus dihindari? Karena dosa bersifat membinasakan. Dibawah ini adalah tujuh dosa besar menurut Rasulullah SAW.

1. Menduakan/menyekutukan Allah SWT
2. Sihir/kafir
3. Membunuh tanpa hak
4. Makan harta riba
5. Mengambil hak anak yatim
6. Melarikan diri dari jihad
7. Menuduh orang berzina tanpa saksi

Sebagai manusia yang haus akan surga, alangkah baiknya menghindari perbuatan-perbuatan yang dapat membuat diri sendiri terperosok ke dalam dosa yang besar. Jika seseorang taat dan takut akan Allah, maka tidak perlu lagi khawatir akan godaan iblis-iblis yang mewakili 7 dosa manusia tersebut. Jauhilah perbuatan dosa dan jadilah calon penghuni surga.
0 Komentar untuk "Iblis-Iblis yang Mewakili 7 Dosa Manusia"

Back To Top