2 Doa Agar Terhindar dari Lilitan Hutang


Apa nikmatnya terhimpit hutang? Hidup menjadi tidak tenang dan terasa banyak beban. Karena memiliki hutang sama saja dengan berkewajiban untuk melunasinya. Mudah ketika meminjam, tetapi sulit mengembalikan. Itulah yang sering terjadi dalam hal berhutang. Hutang piutang dalam Islam disikapi dengan sangat tegas oleh Rasulullah SAW. Dalam hal ini, Rasulullah mengajarkan kepada umatnya setidaknya ada 2 doa agar terhindar dari lilitan hutang.

2 Doa Agar Terhindar dari Lilitan Hutang

Ajaran Rasulullah Tentang 2 Doa Agar Terhindar dari Lilitan Hutang
Hutang menurut Islam dimaknai sebagai bentuk penyerahan harta benda dari satu orang kepada orang lain dengan perjanjian bahwa harta atau benda tersebut akan dikembalikan dalam kurun waktu yang sudah disepakati dengan tanpa mengubah keadaannya. Jika seseorang sedang dalam kesulitan dan membutuhkan pinjaman, seorang muslim yang baik wajib menolong sesamanya sesuai dengan anjuran agama. Pelaku hutang piutang tidak boleh mengabaikan hukum-hukum yang berlaku supaya tidak menimbulkan masalah nantinya.

Hutang memiliki konsekuensinya baik di dunia maupun di akhirat. Hal inilah yang memberatkan para pelaku hutang. Mereka diwajibkan untuk menyelesaikan tanggung jawabnya di dunia agar tidak menjadi beban mereka di akhirat kelak. Seperti yang difirmankan oleh Allah SWT, bila seseorang yang berhutang belum dapat memenuhi kewajibannya untuk melunasi hutangnya, maka wajib diberikan kelonggaran waktu. Haram hukumnya bila si pemberi pinjaman memanfaatkan hutang piutang itu untuk hal yang tidak baik, seperti mengharapkan pengembalian lebih dari apa yang dipinjamkan.

Peminjam juga harus bersungguh-sungguh dalam mengembalikan apa yang dipinjamnya. Perlu diketahui, bahwa Rasulullah akan mengecam dan mengancam orang-orang yang mengutang tetapi tidak berniat untuk membayar. Karena barang siapa mengutang dan berniat membayarnya, maka Allah akan melunasinya. Tetapi yang mengutang dan tidak mengembalikannya, maka ia akan binasa. Oleh karena itu, Rasulullah mengajarkan setidaknya 2 doa agar terhindar dari lilitan hutang.

1. Hendaknya seseorang berdoa kepada Allah SWT dan memohon perlindungan supaya terhindar dari kesusahan dan kesulitan hidup yakni lilitan hutang dan orang-orang berkuasa yang secara semena-mena menggunakan kekuasaannya.

2. Memohon kepada Yang Maha kuasa supaya dilancarkan jalan rezekinya. Serta berdoa semoga pintu rezeki yang halal selalu dibukakan dan pintu rezeki yang haram ditutup rapat-rapat supaya tidak terjerat hutang piutang yang tak terselesaikan.

Bacaan untuk menghindari lilitan hutang hendaknya didoakan tidak hanya sesekali saja ketika seseorang sedang terlilit hutang. Melafalkan doa sebaiknya dilakukan setiap hari karena manusia membutuhkan pertolongan Allah setiap waktu, bukan hanya ketika sedang mengalami kesusahan saja.

Bahaya Hutang Berlebihan menurut Islam
Hutang piutang tidak bisa dikategorikan sebagai sesuatu yang sepele. Meremehkan hutang sama saja dengan melalaikan tanggung jawab. Terlalu sering berhutang akan membuat seseorang semakin terjerat tanggung jawab. Hutang akan semakin sulit dilunasi ketika seseorang menumpuknya. Hal ini dapat ditemukan dalam perumpamaan gali lubang tutup lubang yang berarti hutang itu tidak akan pernah selesai. 

Bahaya hutang dalam Islam diawali dengan sebuah kelalaian. Kelalaian akan tanggung jawab menyelesaikan hutang piutang bisa menghantarkan seseorang kepada dosa. Karena orang tersebut pasti berkelit dari hutangnya dengan cara berdusta, menipu, dan ingkar janji. Rasulullah mengajarkan hendaknya seseorang hidup dengan sederhana saja. Tidak perlu iri atau cemburu melihat hidup orang lain yang mungkin lebih beruntung dari kita. Setiap orang memiliki rezekinya masing-masing, dan Allah tidak akan pernah salah dalam hal memberi rezeki kepada umatNya.

Rasulullah telah menyampaikan melalui sabdanya, bahwa jika seseorang mati terbunuh di jalan Allah dalam keadaan yang bersabar menantikan ridhoNya, maka kesalahan demi kesalahan orang tersebut akan ditebusNya, kecuali hutang-hutangnya. Melalui sabda ini manusia menjadi paham, bahwa urusan hutang termasuk urusan akhirat. Apa yang tidak selesai di dunia juga tidak selesai di akhirat. Maka dari itu, lafalkanlah doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah tersebut.
0 Komentar untuk "2 Doa Agar Terhindar dari Lilitan Hutang "

Back To Top