6 Gambaran Keadaan Wanita di Surga


Allah SWT telah menciptakan surga bagi setiap hamba baik laki-laki maupun wanita yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya. Sungguh beruntung bagi para penghuni surga karena Allah telah menyiapkan kenikmatan surga atas mereka. Ternyata ada 6 keadaan wanita di surga yang telah dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadits. Bagaimana keadaan wanita penghuni surga?

6 Gambaran Keadaan Wanita Di Surga

Inilah 6 Keadaan Wanita Di Surga yang Akan Terjadi
Dalam QS. Al-Imran ayat 133 telah dijelaskan bahwa Allah SWT menciptakan surga bukan hanya untuk para laki-laki saja tetapi juga diperuntukkan bagi setiap wanita yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya. Selain tu dalam QS. An-Nisa ayat 124 juga telah dijelaskan bahwa Setiap muslim baik laki-laki maupun wanita yang melakukan amal kebaikan dengan ikhlas dan beriman kepada Allah SWT maka mereka merupakan ahli surga.

Surga merupakan tempat terindah dan memiliki segala kenikmatan yang di dunia tidak ada yang menyamainya. Dalam QS. Az-Zukhruf ayat 71 telah dijelaskan bahwa di dalam surga kelak para penduduknya akan menerima segala kenikmatan yang diinginkan oleh hati mereka dan kenikmatan ini bersifat kekal, sungguh beruntung bagi para penghuni surga.

Lalu bagaimana keadaan wanita di surga kelak? Inilah gambaran keadaan wanita penghuni surga:

1. Jika seorang wanita meninggal sebelum mereka bersuami maka Allah SWT akan memberikan pasangan kepadanya di surga kelak yaitu seorang laki-laki dunia terbaik yang Allah kehendaki. Hal ini berdasarkan hadits Nabi yang menerangkan bahwa tidak ada seorang pun dari penduduk surga yang masih bujang, jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa di surga kelak tidak ada yang jomblo, semua penghuni surga memiliki pasangan masing-masing yang dapat menyenangkan mereka di surga dalam sebuah ikatan pernikahan.

2. Jika seorang wanita yang meninggal dalam keadaan janda atau ditalak oleh suaminya semasa dirinya di dunia maka Allah SWT akan memberikan jodoh terbaik dari laki-laki dunia yang Allah SWT kehendaki dan mereka akan saling membahagiakan dalam surga.

3. Jika seorang wanita shalihah tetapi suaminya berdosa sehingga dia tidak ikut serta masuk surga maka Allah SWT akan memberikan jodoh padanya dari laki-laki penduduk surga sehingga mereka dapat saling membahagiakan dalam ikatan pernikahan. Inilah salah satu gambaran keadaan surga dan penghuninya.

4. Jika seorang wanita muslimah meninggal setelah dirinya menikah, maka di surga kelak Allah akan menjodohkannya dengan suami pertamanya di dunia dulu jika suaminya juga merupakan penduduk surga, tetapi jika sang suami bukan termasuk dalam golongan penduduk surga maka Allah SWT akan memberikan jodoh kepadanya laki-laki dari penduduk surga yang belum memiliki pasangan.

5. Jika seorang wanita ditinggal mati oleh suaminya terlebih dahulu dan dia tidak menikah lagi, maka di surga kelak Allah akan menyandingkannya dengan suaminya itu yang merupakan penduduk surga. Namun jika sang suami bukan ahli surga maka Allah SWT akan memberikan jodoh dari laki-laki penghuni surga yang belum memiliki pasangan sehingga mereka bersuka cita dalam sebuah pernikahan. Jadi kedudukan wanita di surga sangatlah penting.

6. Jika seorang wanita ditinggal mati oleh suaminya kemudian dirinya menikah lagi untuk menjalankan sunnah Rosul maka di surga kelak dia akan disandingkan dengan suami terakhirnya meskipun suami terakhirnya itu telah memiliki banyak istri. Hal ini berdasarkan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, jadi jika seorang wanita menginginkan bersanding dengan suami tercintanya kelak di surga maka sebaiknya jangan menikah lagi setelah ditinggal mati suaminya terdahulu karena sesungguhnya wanita merupakan pasangan bagi suami terakhir mereka di surga kelak.

Demikian informasi seputar 6 keadaan wanita di surga yang telah banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits sehingga menjadi pelajaran bagi setiap wanita yang ingin menjadi penghuni surga.
0 Komentar untuk "6 Gambaran Keadaan Wanita di Surga"

Back To Top