Inilah Kelompok yang Disebut Celaka dalam Al-Qur’an


Selagi Allah memberikan waktu untuk kita, seharusnya kita bisa memanfaatkan waktu itu untuk dapat melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya. Selain itu, menghindari kelompok yang celaka ini dapat mengantarkan kita ke pintu surga.

Inilah Kelompok yang Disebut Celaka dalam Al-Qur’an

Setiap orang pastilah menginginkan tempat terindah sebagai tempat kembali nanti. Bahkan orang yang sering melakukan maksiat pun tidak akan mau jika dimasukkan ke neraka. Apabila kita ingin masuk surga, maka jadilah orang yang beruntung dan menghindari sifat kelompok orang celaka menurut Al-Qur’an. Berikut ini adalah golongan yang disebut celaka dalam Al-Qur’an, yaitu:

1. Yahudi
Orang Yahudi adalah orang yang menulis kitab dengan tangan mereka sendiri tapi mereka mengaku bahwa kitab tersebut berasal dari Allah hanya ingin menjualnya dengan harga murah. Sebuah surah menjelaskan bahwa mereka menjadi kelompok orang yang celaka atas perbuatan mereka.

2. Kafir
Allah telah menunjukkan keagungan-Nya dengan segala ciptaan-Nya. Namun, orang-orang kafir tidak akan mengakuinya sehingga mereka akan masuk dalam kelompok yang celaka dan Allah akan memberikan adzan yang lebih pedih di akhirat kelak.

3. Musyrik
Allah sang Maha Esa. Namun, orang musyrik tidak akan mau mengakui-Nya. Mereka tidak menunaikan zakat dan ingkar terhadap adanya kehidupan akhirat. Sungguh mereka akan menjadi orang yang celaka karena tidak mengakui keberadaan Allah dan kuasa Allah.

4. Pendusta agama
Agam Islam mengajarkan kebenaran dari Allah. Kebenaran itu bersifat mutlak. Namun, seorang pendusta agama tidak akan bisa melihat kebenaran itu. Mereka menganggap bahwa apa yang mereka lakukan adalah kebenaran, padahal itu salah menurut Islam. Celakalah bagi mereka yang mendustakan agama. Bahkan dalam sebuah surah, hal ini disampaikan sebanyak 10 kali sehingga menunjukkan betapa meruginya orang yang menolak kebenaran Islam.

5. Pembohong
Sebuah surah menjelaskan bahwa celakalah bagi orang yang berdusta dan berdosa. Berbohong adalah dosa yang bisa bertambah kapan saja. Karena jika kita sudah berbohong satu kali, maka kebohongan itu akan berlanjut untuk menutupi kebohongan yang lain.

6. Berhati keras
Orang yang memiliki hati keras, maka ia akan sulit menerima kebenaran. Mereka akan terus hidup dalam kesesatan karena hatinya telah membatu dan tidak lagi mengingat Allah. Mereka inilah yang akan celaka di akhirat nanti.

7. Mengurangi timbangan
Allah melarang bagi pedagang untuk berlaku curang, seperti mengurangi timbangan yang akan merugikan pembeli. Orang yang curang dalam menimbang dan menakar akan masuk ke kelompok orang celaka.

8. Lalai pada waktu sholat
Shalat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim. Bahkan dikatakan bahwa shalat adalah tiang agama, jadi jika shalat seseorang sudah sempurna maka segala perilakunya akan baik pula. Oleh karena itu, celakalah bagi orang yang lalai terhadap shalat.

9. Pengumpat
Orang yang sering mengumpat atau mencela akan celaka pada nantinya. Bahkan dalam Al-Qur’an terdapat satu surah yang menjelaskan khusus tentang seorang pengumpat. Mencela ciptaan-Nya berarti mencela pencipta-Nya juga. Al-Qur’an menyebut kelompok ini celaka, baik di dunia ataupun di akhirat.

Sebagai seorang muslim, kita harus waspada terhadap sifat kelompok yang celaka ini. Adzab Allah akan lebih pedih sehingga kita harus menghindari sifat-sifat ini agar tidak celaka pada nantinya. Demikian kelompok yang disebut celaka dalam Al-Qur’an.
0 Komentar untuk "Inilah Kelompok yang Disebut Celaka dalam Al-Qur’an"

Back To Top