Nyamuk, Makhluk Kecil yang Misterius

Pecinta kumpulan misteri pasti mengetahui binatang kecil yang mengganggu dan sering membuat bentol di sekujur tubuh ini, ya binatang ini adalah nyamuk, makhluk kecil yang misterius. Mengapa nyamuk disebut sebagai binatang yang misterius? Fakta-fakta yang berhasil dikumpulkan oleh Kumpulan Misteri ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ternyata diatas badan nyamuk terdapat sebuah serangga mikroskopis yang berukuran sangat kecil. Serangga ini rupanya sanggup untuk “menumpang” hidup diatas nyamuk! Lalu selain ada nyawa lain yang terdapat pada nyamuk, apalagi fakta misterius yang belum banyak diketahui orang?

Nyamuk, Makhluk Kecil yang Misterius

Jenis Kelamin Nyamuk
Memang agak lucu ketika membicarakan jenis kelamin nyamuk, karena kalau sedang diganggu nyamuk (baca: diambil darahnya), boro-boro memikirkan apakah nyamuk yang sedang menggigit itu nyamuk perempuan atau laki-laki. Seringkali, stereotipe yang berkembang adalah laki-laki adalah “pemangsa” atau “pemburu” sedangkan perempuan selalu diposisikan sebagai orang yang “menunggu untuk dimangsa”. Namun siapa sangka jika jenis kelamin nyamuk adalah perempuan?!

Jumlah Organ Tubuh yang Fantastis
Belum lagi terkejut karena ternyata nyamuk yang suka menggigit itu adalah perempuan, ternyata nyamuk adalah binatang yang memiliki jumlah mata yang cukup banyak yaitu seratus mata. Jumlah ini sangatlah banyak untuk seekor binatang, belum lagi tidak banyak orang yang memperhatikan berapa banyak mata nyamuk yang akan dipukulnya. Setelah jumlah mata yang mencanangkan, ternyata nyamuk, makhluk kecil yang misterius ini juga mempunyai 48 gigi didalam mulutnya! Bisa dibayangkan bagaimana ukuran gigi dari nyamuk-nyamuk tersebut.

Selain jumlah mata dan gigi yang luar biasa itu, nyamuk juga memiliki tiga buah jantung. Wah, manusia saja hanya mempunyai satu buah jantung. Jika pisau biasanya digunakan sebagai perabotan untuk memotong-motong bahan makanan (karena manusia tidak punya pisau sendiri, gigi manusia tidak bisa dibongkar pasang seperti pisau), maka fakta sebaliknya diperlihatkan oleh nyamuk yang justru memiliki enam pisau di bagian hidung. Kebayang nggak? Nyamuk sekecil itu punya pisau sendiri tapi manusia tidak merasakan sakit setelah menepuk badan nyamuk yang menggigit tersebut. Setiap pisau memiliki kegunaan tertentu. Selain itu nyamuk juga memiliki sayap yang berjumlah tiga. Sayap-sayap ini ditempatkan disetiap sisi dari badan nyamuk.

Nyamuk Adalah Binatang yang Canggih
Nyamuk adalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang begitu canggih karena didalam tubuh nyamuk terdapat mesin X-Ray digital. Mesin ini berfungsi untuk membedakan antara kulit manusia dengan kulit lainnya ketika nyamuk sedang berada didalam lingkungan yang gelap. Mesin ini berwarna ungu. Belum cukup sampai disitu, tubuh nyamuk juga berisi vaksin yang berfungsi untuk anestesi lokal untuk membantu memasukkan 'duri' yang dimiliki nyamuk kepada kulit manusia. Inilah yang menjadi alasan mengapa manusia tidak merasakan sakit ketika digigit nyamuk. Hal ini terjadi dalam rangka penghisapan darah. Didalam tubuh nyamuk juga terdapat alat untuk mengetes jenis darah yang diinginkan. Tuh kan, nyamuk saja selektif dalam memilih manusia yang akan digigitnya, apalagi manusia? 

Tidak banyak orang yang senang dengan kehadiran nyamuk karena kebiasaannya yang menyebalkan yaitu suka menggigit manusia untuk dihisap darahnya. Belum lagi kebiasaannya yang menyebalkan itu, nyamuk juga sering mengeluarkan suara yang kurang menyenangkan seperti “ngiiing ngiiing”, suara yang membuat banyak orang lebih suka untuk membunuhnya daripada membiarkannya tetap hidup. Oh iya, sebenarnya nyamuk memiliki fisik yang menyeramkan lho! Apalagi kalau matanya sudah dizoom, jumlah matanya yang mencapai 100 buah itu sangat menyeramkan. Bayangkan saja jika ternyata nyamuk berukuran besar, masih sanggupkah manusia untuk membunuhnya?

Karena penampilannya yang sekilas tidak menarik, nyamuk sering dianggap sebagai makhluk biasa yang kehadirannya tidak begitu penting. Namun jangan salah, dari semua fakta yang sudah dibeberkan diatas, ternyata masih banyak hal yang perlu diteliti dari keberadaan nyamuk karena kehebatannya tersebut. Masih banyak orang yang belum mengetahui perjalanan dan cara hidup nyamuk yang tentunya menarik untuk diselidiki.

Sama seperti binatang-binatang lainnya, pada umumnya nyamuk terbagi atas dua jenis kelamin yaitu nyamuk jantan dan betina. Ketika nyamuk jantan sudah beranjak dewasa, maka nyamuk tersebut akan kawin dengan nyamuk betina. Mereka menemukan nyamuk tersebut dengan menggunakan antenanya. Fungsi antena bagi setiap nyamuk berbeda-beda antara nyamuk jantan dengan nyamuk betina.

Pada nyamuk betina, adanya bulu tipis yang terletak di ujung antena adalah bulu yang sangat peka terhadap suara. Perkawinan antara nyamuk jantan dan betina terjadi di udara ketika ada bagian pada nyamuk jantan yang letaknya disebelah organ sek*ual yang sanggup untuk mencengkeram nyamuk betina. Unik sekali bukan? Belum lagi dengan kawanan nyamuk jantan yang terbang secara berkelompok seperti kerumunan awan. Perkawinan yang berlangsung tidak lama dan salah satu alasan mengapa nyamuk betina adalah nyamuk yang menggigit manusia adalah karena mereka membutuhkan darah agar telurnya berkembang biak dengan baik, kurang lebih begitulah kehidupan nyamuk, makhluk kecil yang misterius.
0 Komentar untuk "Nyamuk, Makhluk Kecil yang Misterius"

Back To Top