Hati-Hati! Sering Melamun Bisa Memperpendek Usia

Ciri fisik yang dapat dilihat dari seseorang yang sedang melamun adalah memiliki pandangan kosong dan konsentrasi yang menurun. Dengan melamun seseorang tersebut dapat membawa pikirannya melayang bebas dari satu tempat ke tempat lainnya.

Buat kebanyakan orang, melamun menjadi sebuah hal yang menyenangkan, namun mulai sekarang berhati-hatilah untuk melanjutkan kebiasaan sering melamun tersebut. Pasalnya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebisaaan melamun dapat memperpendek usia atau membuatnya meninggal lebih cepat.

Hati-Hati! Sering Melamun Bisa Memperpendek Usia

Sekelompok tim peneliti yang berasal dari sebuah Universitas di California, Amerika Serikat menguji 239 wanita dengan pendidikan tinggi dan mempunyai tingkat stress yang rendah. Dalam penelitian tersebut tim peneliti menyiapkan data kuesioner yang harus diisi oleh partisipan yang berkaitan dengan masalah kepuasan hidup.

Selain itu tim peneliti juga mengukur "telomer" yaitu rangkaian asam nukleat yang berada di ujung kromosom. Para tim peneliti tersebut mengeluarkan statement yang menyatakan bahwa memendeknya telomer adalah salah satu faktor kuat yang akhirnya menyebabkan penuaan di usia dini. Seiring dengan bertambahnya umur seseorang, maka panjang telomer tadi akan semakin memendek juga. Menurut mereka, telomer yang memendek juga bisa digunakan untuk mengetahu dan memprediksi kematian dini dan penyakit seseorang.

Menurut hasil kuesioner yang telah diisi para responden, didapatkan bahwa partisipan yang acap kali melamun cenderung mempunyai telomer yang relatif pendek, yaitu sekitar 200, yang mana seharusnya ini terjadi 4 tahun ke depan. Oleh sebab itu didapatkan sebuah kesimpulan bahwa telah terjadi penuaan dini sebanyak 4 tahun pada partisipan yang sering melamun.

Melamun secara alami merupakan sebuah aktivitas yang sebenarnya cukup wajar karena disebabkan oleh faktor emosi seseorang, seperti stress, sedih, dan hal-hal emosional lainnya. Stres dan kesedihan dalam penelitian terdahulu sering dihubungkan dengan memendeknya telomer.

Nah, bagi anda yang sering melamun dan susah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, para peneliti menganjurkan untuk tidak terlalu terfokus pada satu masalah yang dapat mengganggu pikiran. Mulailah untuk memikirkan hal-hal positif yang dapat membuat anda jadi lebih baik, seperti bergaul dengan orang-orang sekitar, berolahraga, atau anda dapat mencari suasana baru dengan pergi berlibur.

4 langkah berikut bisa anda lakukan agar tidak terjebak dalam lamunan dan khayalan yang dapat memperpendek usia anda.

Banyaklah bergaul. Dengan bergaul anda akan menemukan suasana baru yang akan mengalihkan perhatian anda dari melamun. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa dengan adanya interaksi sosial akan dapat menurunkan kadar stress dan juga menghilangkan masalah yang selalui dihantui.

Berolahragalah. Aktivitas olahraga juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk menghilangkan kebiasaan melamun yang merugikan. Mulailah beranjak dari lamunan anda dan sediakan waktu untuk berolahraga seperti jogging, bersepeda, nge-gym, dll. Dengan melakukan aktifitas diluar ruangan tadi anda akan memperoleh udara segar dan kesehatan jasmani yang membuat tubuh anda menjadi lebih bugar dan sehat. Penelitian mengungkapkan, dengan berolahraga selama 30 menit dalam sehari, dapat membuat telomer memanjang yang setara dengan 10 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak berolahraga. 

Coba rasakan hembusan napas Anda. Dengan merasakan setiap hembusan napas anda sendiri dalam beberapa menit, juga terbukti dapat menghilangkan kebiasaan melamun. Mulai sekarang cobalah untuk melakukan meditasi atau bernapas secara sadar, dijamin stress dan masalah dalam hidup anda akan mulai berkurang. Sebuah jurnal Psychoneuroendocrinology menyebutkan bahwa aktifitas meditasi dapat meningkatkan produksi enzim telomerase, yang artinya dapat menjaga panjang telomer.

Tidur yang Cukup. kualitas tidur akan menunjang tingkat konsentrasi anda menjadi lebih baik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, orang yang sering melamun memiliki tingkat konsentrasi yang menurun. Sehingga dengan tidur tepat waktu dan cukup, dapat membuat anda terhindar dari kebiasaan melamun.
0 Komentar untuk "Hati-Hati! Sering Melamun Bisa Memperpendek Usia"

Back To Top