Fenomena Dicubit Setan Dari Kacamata Medis

Fenomena dicubit setan menurut kacamata medis, ada beberapa penyebabnya lho. Anda, mungkin juga salah satu dari sekian banyak orang yang pernah mengalami ini, ketika tiba-tiba Anda mendapati bagian lengan, atau paha Anda memar-memar, seperti bekas cubitan, namun tak menimbulkan rasa sakit. Nah, diberbagai daerah, kondisi seperti ini, dikait-kaitkan dengan tahayul, yang menyebutkan bahwa memar tersebut adalah bekas dicubit setan. Serem ya.

Fenomena Dicubit Setan Dari Kacamata Medis

Tapi, sebenarnya apa sih itu? Nah, memar pada umumnya adalah bentuk visual dari pelebaran pembuluh darah. Hal ini bisa diakibatkan oleh benturan dengan benda tumpul, pukulan atau cubitan, maupun reaksi dari dalam tubuh, seperti kurangnya trombosit. Namun, adapula memar yang datang secara tiba-tiba dan tanpa nyeri atau sakit. Nah, dalam dunia medis, hal ini dikenal dengan Purpura Simplex.

Penyebab Memar Yang Tidak Menimbulkan Sakit

Mungkin, Anda pernah mengalami, dimana tiba-tiba muncul bercak memar di salah satu bagian tubuh Anda, Namun tidak terasa sakit (Purpura Simplex). Nah, ada beberapa penyebab dari memar tersebut, jika ditilik dari kacamata medis. Yaitu:

1. Stress dan Kelelahan
Purpura Komplex merupakan salah satu dampak dari stress dan kelelahan. Konon, memar tanpa nyeri yang datang tiba-tiba juga dapat dusebabkan oleh kedua hal tersebut.

2. Efek Obat
Beberapa jenis obat pengencer darah, memang memiliki efek meningkatkan pendarahan. Sehingga muncul bercak kebiruan seperti memar, yang tidak menimbulkan sakit. Obat jenis ini, seperti Aspirin, prasugrel, dll.

3. Kekurangan Trombosit
Trombosit yang turun dapat ditandai dengan bercak kebiruan di permukaan kulit, yang tidak disertai dengan rasa sakit. Turunnya jumlah trombosit ini, dapat menjadi pemicu pembekuan darah. 

Fenomena dicubit setan, dari kacamata medis disebut juga purpura simplex. Memar yang timbul biasanya di daerah lengan, paha, hingga tungkai, namun tidak menyebar ke seluruh bagian tubuh. Tak seperti laki-laki, wanita lebih banyak mengalami kasus ini. Purpura Simplex datang secara tiba-tiba, dan tidak disertai nyeri ataupun rasa sakit. Anda yang mengalami hal ini, tidak perlu khawatir, karena, kondisi ini tidak memerlukan obat khusus. Melainkan akan hilang dengan sendirinya.
0 Komentar untuk "Fenomena Dicubit Setan Dari Kacamata Medis"

Back To Top