Mandi Setelah Begadang, Apa Akibatnya?

Sahabat Kumpulan Misteri sudah membaca tulisan kami yang berjudul “Efek Buruk Keseringan Begadang” kan? Jika belum, kami anjurkan untuk membacanya terlebih dahulu. Silakan klik disini. Kali ini Kumpulan Misteri masih akan melanjutkan pembahasan tentang begadang. Tentu saja titik berat pembahasannya lebih banyak tentang sisi negatifnya dari pada sisi positifnya. 

Bagi kita yang suka nge-blog (blogger), main game (gamer), nonton sepak bola, atau para karyawan dan petugas keamanan yang bekerja pada shift malam, begadang menjadi hal yang sangat lumrah untuk kita jalani. Alasannya bisa jadi karena tak bisa tidur, terpaksa begadang, atau yang lebih buruk lagi memang suka begadang. Apapun itu alasannya, begadang menjadi rutinitas yang tak terelakkan. 

Mandi Setelah Begadang, Apa Akibatnya?

Setelah begadang semalaman kadang-kadang kita terpaksa harus langsung pergi ke kantor, ke sekolah, atau mungkin juga menemani istri berbelanja ke pasar. Mau tidak mau kita langsung saja mandi. 

Tak mungkin donk  kita langsung beraktivitas dipagi hari tanpa mandi terlebih dahulu. Kumpulan Misteri yakin 100% jika Sahabat disuruh memilih antara mandi atau sarapan pagi dikarenakan waktu sangat mepet untuk berangkat ke kantor, Sahabat lebih memilih mandi dari pada sarapan. Iya atau iya?

Padahal tadi malam kita tidak tidur sama sekali. 
Dari sini muncul masalah, bolehkah kita mandi setelah begadang semalaman? Apa akibatnya? Betulkah mandi setelah begadang bisa menyebabkan kematian?

Lebih dari selusin tulisan yang telah penulis baca dari media cetak maupun media elektronik (internet) yang membahas tentang ini. Hampir 98% dari tulisan-tulisan itu menyatakan bahwa mandi setelah begadang tidak boleh dilakukan karena bisa mengakibatkan kematian.

Namun sayang sekali, hampir seluruh tulisan-tulisan itu tidak menuliskan sumber dari pakar yang berkompetensi di bidang kesehatan. Padahal, dalam kondisi ini who sama pentingnya dengan what. Siapa yang mengatakan sama pentingnya dengan apa yang dikatakannya. 

Dikarenakan ketiadaan sumber dari pakar yang berkompeten itulah akhirnya penulis berpendapat bahwa tulisannya itu tidak berdasar. Bisa jadi hanya pendapat pribadi. Bisa jadi juga itu hanya mithos semata. 

Namun, dari sekian banyak tulisan itu, ada satu tulisan yang menarik perhatian penulis karena pada tulisan ini dikutip pendapat dari pakar yang berkompeten. 

Tulisan inilah yang menjadi referensi Kumpulan Misteri membahas masalah ini hingga selesai. 
Mari kita simak saja apa pendapat pakar kesehatan mengenai mandi setelah begadang ini. 
Menurut dr. Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCTM, MHA, SpJP, LMPNLP, ELT, CCH (ini adalah gelar orang terpanjang yang pernah penulis ketik seumur hidup), yang bekerja di Rumah Sakit Asri Jakarta menyatakan bahwa mandi setelah begadang yang mengakibatkan kematian adalah MITOS semata. 

"Mitos (mandi setelah begadang akan mengakibat kematian) itu memang ada. Seperti juga kalau makan sayur bayam yang dipanasi ulang atau makan semangka dengan gula dapat berakibat fatal. Secara fisiologis, suhu dingin akan menyebabkan penguncupan pembuluh darah, sebaliknya suhu hangat akan melebarkan pembuluh darah," Begitu beliau berucap. 

Lebih lanjut dr. Kasim menjelaskan ketika kondisi tubuh mengalami kedinginan maka kulit menjadi mengkerut dan pucat, sehingga tubuh akan merasa menggigil dan berupaya menggerakan tubuh yang nantinya akan timbul rasa hangat pada tubuh. Sementara, bila kulit terpapar sinar matahari maka pori-pori akan membesar kemerahan yang bisa memicu produksi keringat untuk membantu mendinginkan tubuh.

Tentu saja kebiasaan tidak tidur berjam-jam atau begadang tak bisa terus-menerus dibiarkan, sebab acap kali dihubung-hubungkan dengan meningkatnya risiko kondisi medis, seperti stroke dan serangan jantung. "Kalau pembuluh darah sudah dalam kondisi penyempitan, baik di otak ataupun di jantung, maka secara nalar mungkin saja terjadi momen di mana paparan mendadak terhadap dingin akan menguncupkan sampai menyumbatnya, tapi tak dapat disalahkaprahkan dan disamaratakan begitu saja" ujar dr Kasim.

Hal ini sejalan dengan penuturan dokter yang berpraktik di RS Mitra Kemayoran, yakni dr Andreas Prasadja, RPSGT. yang juga menyebutkan bahwa itu hanyalah MITOS.

Menurutnya, serangan jantung atau stroke memang sering terjadi di kamar mandi apabila yang bersangkutan baru akan beraktivitas. Dipaparkan dr Andreas, pada pagi hari hormon sedang naik, sedangkan oksigen sedang rendah. Nah penelitian di Mayo Clinic mengatakan serangan jantung itu memang umumnya terjadi di pukul 9 malam-6 pagi. Jadi mungkin saja orang yang menyebutkan ada kematian karena mandi setelah begadang itu dikarenakan orang tersebut mempunyai serangan jantung. 

"Karena kan bagaimanapun kesehatan tidur setelah begadang itu tetap harus dilihat pada kondisi tubuh sebelumnya. Intinya kan kepada kebutuhan tidurnya itu. Bagaimanapun juga, tidurlah yang memegang peranan besar disini. Makanya memang disebutkan kalau kurang tidur itu bisa menyebabkan kematian, juga penyakit-penyakit, seperti hipertensi, jantung, diabetes, disfungsi ereksi, dan sebagainya masih banyak lagi," paparnya.

Jadi, dari kedua pendapat pakar di atas dapatlah ditarik kesimpulan bahwa, kegiatan begadanglah yang berbahaya, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit yang berujung pada kematian. Sedangkan, mandi setelah kita begadang tidak berbahaya sama sekali. Apalagi sampai mengakibatkan kematian, nauzubillah.

Untuk menutup tulisan ini, penulis juga ingin berbagi pengalaman dengan Sahabat. 
Sebetulnya penulis sendiri adalah orang yang sering begadang. Tapi kegiatan buruk ini bukan penulis lakukan karena hoby. Penulis sering begadang karena mengidap penyakit insomnia ringan. 

Di sisi lain, penulis juga harus berangkat kerja setiap pagi ke kantor. Jadi, penulis harus mandi donk. Walaupun tadi malam begadang satu malam full. Tapi, alhamdulillah, sampai saat ini penulis masih hidup, masih bernyawa. 

Hanya saja kalau sudah mandi biasanya bawaannya jadi ngantuk mulu. 
Nah, gejala apa pula itu? Ada baiknya lain kali kita bahas bagian ini pula, insyaallah. 
6 Komentar untuk "Mandi Setelah Begadang, Apa Akibatnya?"

Artikel bagus :D terima kasih saya jadi tau kalo itu hanya Mitos , ijin share yoo hehe

Saya juga tidak tidur kl malam .. Udah bertahun2 ...
Tdr malam kl malam ini gak tidur sampai pagi dan sore baru malamnya lg baru bisa tdr ...
Itu solusinya gmn gan ??
Saya juga ingin hidup normal seprti manusia pada umumnya ...
Jika ada pembaca yg membaca tulisan ini dan tau tentang solusi tentang masalah yg saya hadapi tolong kasih tau lewat email saya. ozixianzi@gmail.com
Banyak amal banyak rezeki .. Thanks sebelumnya. 😂😂😂😂

Back To Top