5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Banyak orang yang melakukan aktifitas menyantap makanan namun lupa untuk mewaspadai beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Jika dilihat secara ilmiah, kegiatan makan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan energi dan nutrisi pada tubuh. Pernahkah pecinta kumpulan misteri menyadari bahwa sering makan secara terburu-buru adalah sebuah kebiasaan yang kurang baik untuk dilakukan? Salah satu alasannya adalah karena padatnya aktifitas antara satu kegiatan dengan kegiatan lain sehingga untuk makan saja harus dilakukan dengan cepat.

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Kelihatannya saja aktifitas makan adalah sebuah aktifitas yang tidak perlu diperhatikan secara spesifik, padahal ada beberapa aktifitas yang ternyata tidak baik untuk dilakukan setelah makan karena bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Berikut ini adalah contoh dari aktifitas-aktifitas yang tidak boleh dilakukan setelah makan.

1. Olahraga
Kumpulan Misteri tahu bahwa aktifitas olahraga dapat membuat badan seseorang menjadi lebih sehat. Namun ada tapinya nih, jika ada orang yang berolahraga setelah makan namun kesehatannya baik-baik saja, maka hal tersebut merupakan suatu misteri. Kenapa? Karena olahraga adalah sebuah kegiatan yang mengharuskan tubuh untuk melakukan banyak gerakan dan merupakan salah satu bentuk latihan fisik yang cukup berat untuk dijalani.

Coba saja jika sesudah makan langsung berenang misalnya, dijamin perut akan merasa tidak enak dan tidak nyaman. Olahraga membutuhkan energi yang sangat banyak dan setelah makan, seseorang membutuhkan waktu untuk memproses terlebih dahulu setiap penyerapan yang terjadi pada zat dan gizi dari setiap makanan yang dikonsumsi. Hal ini membuat olahraga menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah makan.

Adapun efek samping yang didapat jika Anda berolahraga setelah makan adalah sistem pencernaan terganggu, perut kembung, dan muncullah penyakit berupa adanya kram pada perut. Solusi untuk mengatasi hal-hal diatas terjadi adalah dengan cara menunggu makanan yang dikonsumsi “turun” selama 15-30 menit. Hal ini dimaksudkan untuk agar makanan yang dikonsumsi sudah selesai dicerna dan proses pencernaan didalam tubuh tidak akan terganggu karenanya.

2. Merokok
Sepertinya sudah banyak yang tahu jika merokok adalah salah satu kebiasaan yang buruk untuk dilakukan karena lebih banyak dampak negatif daripada dampak positifnya. Merokok adalah salah satu kebiasaan yang tidak sehat karena memiliki beberapa efek yang kurang baik seperti adanya kerusakan pada paru-paru dan jantung dan juga pemicu kanker paru-paru yang efeknya tentu saja tidak main-main.

Efek yang dihasilkan dari merokoknya saja sudah begitu buruk, apalagi jika mengkonsumsi rokok tersebut setelah makan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang menghisap satu buah rokok sesudsh makan dapat berakibat pada konsumsi rokok yang jumlahnya sama seperti ketika mengkonsumsi 10 batang rokok sekaligus. Dari sana sudah dapat dipastikan pula bahwa dampak atau bahaya dari merokok pun meningkat hingga 10 kali lipatnya.

3. Minum teh
Selain rokok, teh juga sering dikonsumsi oleh banyak orang setelah makan. Minum teh (apalagi kalau teh yang tidak pakai gula) memang berdampak baik untuk kesehatan seseorang, namun jangan salah bahwa mengkonsumsi teh setelah makan ternyata tidak baik untuk kesehatan. Alasannya adalah karena minum teh setelah makan memiliki efek buruk terhdapa kesehatan dari sistem pencernaan manusia. Teh adalah salah satu minuman yang memiliki kandungan asam tinggi. Akibat dari adanya kandungan asam yang tinggi tersebut adalah kandungan protein pada sebuah protein meningkat. Hal ini justru bukan pertanda yang baik karena protein yang kandungannya meningkat tersebut justru mempersulit tubuh untuk mencerna makanan tersebut. Zat besi yang terdapat pada sebuah makanan juga bisa terserap hingga 80 persen akibat konsumsi teh setelah makan, padahal zat besi merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Disarankan untuk mengkonsumsi teh satu jam sebelum makan atau mencampurnya dengan lebih banyak air.

4. Mandi Setelah Makan
Mandi akadalah salah satu aktifitas yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, khususnya pada bagian tubuh tertentu seperti tangan dan kaki. Akibatnya adalah jumlah darah yang ada pada bagian perut berkurang sehingga jumlah aliran darah yang minim pada bagian perut tersebut akan mengganggu sistem pencernaan pada perut seseorang dan proses pencernaan makanan yang baru disantap pun menjadi terhambat.

5. Tidur Sesudah Makan
Ngantuk adalah salah satu efek yang muncul setelah makan. Rasa ngantuk itu akan semakin menjadi-jadi jika seseorang makan terlalu banyak. Namun sekarang cobalah untuk tidak makan secara berlebihan dan jangan langsung tidur sesudah makan. Alasannya adalah pencernaan akan terganggu dan perut pun berpotensi untuk kembung karena makanan yang sudah dimakan tidak bisa dicerna dengan baik dan sempurna. Efek buruk lain yang akan didapatkan akibat langsung tidur setelah makan adalah kerusakan pada organ pencernaan seperti adanya infeksi pada organ pencernaan seperti lambung dan usus. Itu dia beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan.
0 Komentar untuk "5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan"

Back To Top