Benarkah Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Kematian?

Benarkah gigi berlubang bisa sebabkan kematian? Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling banyak mendapatkan sorotan dari semua orang. Sakit gigi lebih banyak disebabkan karena masalah gigi yang berlubang. Bahkan sakit gigi menjadi salah satu jenis penyakit yang sangat menjengkelkan. Ketika sakit gigi disebabkan karena gigi berlubang maka rasa sakitnya bisa menjalar hingga kepala, telinga bahkan demam. Hal inilah yang membuat sakit gigi menjadi salah satu gangguan yang tidak diinginkan. Tapi, benarkah gigi berlubang bisa sebabkan kematian? Secara jelas Kumpulan Misteri bisa menjawab, Ya! Berikut ini adalah beberapa fakta yang mendukung jawaban tersebut.

Benarkah Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Kematian?

Gigi Berlubang Menyebabkan Infeksi Bakteri dan Kuman
Masalah gigi berlubang yang tidak dirawat dengan baik bisa menjadi salah satu jalan bagi kuman atau bakteri masuk ke dalam organ tubuh. Bakteri dapat masuk ke bagian tubuh lain dari gigi yang berlubang. Infeksi yang disebabkan oleh gigi berlubang bisa membuat bakteri bersarang dalam lubang gigi. Setelah itu bakteri akan berjalan menuju akar gigi dan berbagai syaraf yang ada di sekitar gigi. Perjalanan bakteri dari akar gigi ke bagian syaraf mungkin tidak akan terasa menyakitkan bagi penderitanya. Tapi ketika infeksi sudah menjalar ke organ dalam maka baru akan terasa sakit. Hal inilah yang menyebabkan penyakit berbahaya muncul perlahan tanpa disadari. Biasanya penderita akan melakukan pemeriksaan setelah ditemukan penyakit lain dan cukup sulit untuk dilakukan pengobatan. Seluruh sistem kekebalan tubuh biasanya juga akan menjadi lebih lemah setelah infeksi menjalar ke bagian organ dalam tubuh.

Berbagai Resiko Kematian karena Gigi Berlubang
Mungkin Anda masih meragukan bahwa gigi berlubang bisa menyebabkan kematian. Kematian yang disebabkan oleh gigi berlubang bukan peristiwa yang pendek. Banyak kematian yang disebabkan oleh penyakit lain yang memang berawal dari masalah gigi berlubang. Berikut ini beberapa resiko penyakit yang disebabkan karena gigi berlubang.

a. Kematian karena serangan jantung. Serangan penyakit jantung menjadi salah satu resiko terbesar bagi penyakit gigi berlubang. Masalah penyakit jantung ini disebabkan karena perjalanan kuman dan bakteri yang menjalar ke akar gigi mulai masuk ke pembuluh darah. Semua jenis bakteri yang berhasil masuk lewat pembuluh darah akan berkumpul di jantung. Penyakit ini biasanya akan ditemukan ketika masalah jantung sudah parah sehingga resiko terakhirnya adalah kematian.

b. Kematian yang disebabkan karena diabetes. Diabetes menjadi salah satu penyakit yang sangat menakutkan. Gangguan diabetes pada dasarnya disebabkan karena kerusakan sel yang ada pada pankreas. Pankreas merupakan organ yang berfungsi untuk menghasilkan insulin, sementara itu insulin sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengolah kadar gula dalam darah menjadi energi. Jadi perjalanan bakteri dan kuman yang berasal dari gigi berlubang bisa menembus aliran darah dan mencapai organ penting dalam tubuh. Sementara itu jika sudah terkena gangguan diabetes maka akan sulit untuk disembuhkan karena diabetes merupakan gangguan sistem hormon yang menyerang tubuh. Kematian karena diabetes akan menjadi resiko yang sangat besar dari masalah gigi berlubang.

c. Kematian yang disebabkan karena masalah penyakit syaraf pada mata dan kepala. Gigi berlubang pada dasarnya bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat hebat pada bagian mata dan kepala. Hal ini disebabkan karena syaraf pada bagian akar gigi memang berhubungan secara langsung dengan syaraf mata dan kepala. Sistem gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan akan mengalami gangguan yang lebih komplek. Hal inilah yang menyebabkan beberapa jenis penyakit bisa menembus syaraf mata dan kepala. Bahkan tidak jarang infeksi dari bakteri bisa menyebabkan penumpukan bakteri dalam otak. Jika sudah seperti ini maka kematian karena penyakit syaraf bisa terjadi.

Mencegah Kematian karena Gigi Berlubang
Perawatan gigi menjadi salah satu langkah penting untuk menghindari kematian yang disebabkan karena gigi berlubang. Jika perawatan gigi tidak dilakukan dengan benar maka resiko masalah gigi berlubang akan meningkat. Dalam berbagai berita dan kampanye kesehatan gigi maka perawatan gigi yang paling mudah adalah dengan menggosok gigi secara teratur. Selain itu melakukan perawatan dan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali menjadi langkah yang sangat efektif. Dua langkah ini memang sangat mudah untuk dilakukan, tapi banyak masyarakat yang belum mau untuk melakukannya.

Infeksi yang disebabkan karena gigi berlubang memang sudah terbukti secara medis. Berbagai jenis penyakit bisa muncul tanpa pernah disadari. Penyakit dalam taraf yang masih ringan biasanya tidak menimbulkan gejala khusus sehingga sering disepelekan oleh penderitanya. Langkah untuk mengatasi masalah penyakit gigi hanya bisa dilakukan dengan menjalankan perawatan secara benar. Berbagai fakta tentang penyakit berat seperti jantung dan diabetes bisa menjawab keraguan tentang benarkah gigi berlubang bisa sebabkan kematian.
1 Komentar untuk "Benarkah Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Kematian?"

Info yang menarik. Sekadar berkongsi maklumat, kita juga boleh mencegah masalah gigi berlubang dengan menguyah gula-gula getah yang mengandungi xylitol kerana dengan menguyah gula-gula getah, kita dapat merangsang rembesan air liur yang boleh bertindak untuk meneutralkan asid yang terbentuk pada celah-celah gigi. Selain itu, xylitol juga dapat merencat pembiakan bakteria.

Back To Top