Rahasia Kerja Jantung yang Tak Kenal Henti


Jantung merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting kegunaannya. Bahkan apabila terjadi sedikit kerusakan di jantung, akan membahayakan nyawa kita. Mengingat bahwa jantung kita tidak pernah berhenti bekerja hingga akhir hayat.

Rahasia Kerja Jantung yang Tak Kenal Henti

Jantung memiliki fungsi yang pokok dalam hidup kita. Ia selalu berdetak melakukan fungsinya tanpa kita minta. Mungkin, jika jantung berfungsi tidak secara otomatis maka kita bisa saja lupa memintanya untuk berdetak. Bahkan dalam keadaan kita istirahat, tertidur, jantung masih bekerja sebagaimana mestinya. Lantas apa yang membuat jantung menjadi organ yang begitu canggih? Inilah keajaiban jantung kita.

Rahasia kerja jantung yang tak pernah lelah ini membuktikan kesempurnaan Allah sebagai Sang Maha Pencipta.

Sepanjang hidup manusia, jantung berdetak sekitar 3 milyar kali tanpa berhenti. Jantung tetap bekerja meskipun kita sedang tidur, hanya saja kecepatan berdetaknya diperlambat menjadi sekitar 10 hingga 30 denyutan/menit. Hal ini membuat tekanan darah menjadi menurun sehingga kita dapat tidur dengan nyenyak. Inilah perjalanan darah dalam tubuh yang menakjubkan.

Kecepatan denyutan pada jantung berbeda-beda, terantung bagaimana aktivitas yang dilakukan. Apabila kita melakukan banyak aktivitas, maka tubuh memerlukan oksigen yang lebih banyak dan otot-otot juga memerlukan energi sehingga jantung harus lebih cepat dalam memompa darah, yakni sekitar +120 kali/ menit. Saat kita beristirahat maka jantung akan kembali melambat sekitar 60-80 kali/ menit.

Jantung memiliki berat sekitar 312 gram yang dapat berdenyut 60-80 kali/menit dan sekitar 40 juta kali denyutan dalam satu tahun. Diketahui jika jantung mampu mengangkat beban sebesar 2 kati (896,56 gram) dengan satu denyutan yang keras.

Jantung memiliki fungsi sebagai raja seluruh anggota tubuh. Disebutkan jika ia menjadi sumber nyawa dari kehidupan makhluk. Jantung menjadi sumber munculnya kesabaran, keinginan, kelemahlembutan, kemuliaan, pemikiran, kemurkaan, pengetahuan, rasa cinta dan masih banyak lagi.

Sebuah surat menjelaskan bahwa setiap yang dilihat mata secara langsung maka akan dikirim ke jantung. Karena adanya keterikatan antara mata dan jantung, maka jika ada sesuatu di dalam jantung dapat terlihat di mata. Mata adalah cermin dari jantung yang mengartikan sesuatu yang terjadi di dalam hati, seperti halnya lisan adalah penterjemah dari apa yang ada di hati. Oleh karena itu, didapatkan ketiga hal tersebut di dalam Al-Qur’an. sungguh, penglihatan, pendengaran, dan hati akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak.

Sedangkan, Harun Yahya menjelaskan bahwa berliter-liter darah berdenyut tanpa berhenti naik dan turun ke seluruh tubuh dan semua itu dilakukan oleh jantung. Tiap benda memerlukan penggerak agar dapat selalu bergerak. Beberapa kendaraan bahkan memerlukan bahan bakar untuk bisa digunakan. Begitu juga dengan tubuh yang memerlukan darah untuk tetap beraktivitas.

Darah yang mengalir ke seluruh tubuh, sebagian besar mengandung air (jika protein, sel, dan hormon dipisahkan dari darah). Oleh karena itu, tingkat viskositas air yang tinggi membuat darah melalui pembuluh-pembuluh darah yang halus tanpa adanya hambatan maupun perlambatan. Inilah rahasia jantung manusia ciptaan Allah.

Berdasarkan penjelasan di atas, sungguh besarnya Kuasa Allah. Bayangkan jika jantung berhenti bertugas beberapa detik saja, apakah bisa menjamin kita untuk tetap hidup. Fungsi jantung yang luar biasa ini menunjukkan kekuasaan Allah Sang Maha Kuasa.
0 Komentar untuk "Rahasia Kerja Jantung yang Tak Kenal Henti"

Back To Top