11 Pencuri Waktu yang Harus Diwaspadai


Waktu adalah hal yang paling berharga karena kita tidak dapat mengulang waktu yang pernah terjadi. Bahkan dalam sebuah ayat dikatakan jika manusia termasuk merugi jika ia tidak memanfaatkan waktu dengan baik. Pemanfaatan waktu inilah yang harus diperhatikan oleh umat manusia. Inilah 11 Pencuri Waktu yang Harus Diwaspadai

11 Pencuri Waktu yang Harus Diwaspadai

1. Tidak mendelegasikan pekerjaan pada orang lain

2. Tidak ada agenda
Apabila dalam hari-hari kita tidak membuat list tentang agenda yang akan dijalankan maka waktu akan terlewat begitu saja. Berbeda jika kita sudah memiliki daftar agenda pada hari itu maka waktu akan lebih bermanfaat dan tertata. Inilah pencuri waktu yang wajib diwaspadai.

3. Orang yang berkunjung tanpa janji
Hal ini sering terjadi pada kehidupan kita dimana kita tidak dapat menghindarinya. Orang yang telah membuat agenda bisa hancur begitu saja dengan kedatangan orang yang tidak diundang. Secara otomatis, jika ada tamu maka kita akan menyambutnya dan menemaninya sehingga apa yang telah diagendakan dapat berubah begitu saja. Waktu yang sudah disediakan untuk tugas tertentu dapat hilang begitu saja karena kedatangan orang ini.

4. Mengobrol
Meskipun kita sudah menjaga waktu sebaik-baiknya untuk melaksanakan tugas pada hari itu, tapi jika kita bertemu dengan orang lain pasti terjadi obrolan yang dapat menyita waktu. Obrolan ini bisa terjadi dengan teman, orang tua, sahabat atau orang lain yang ada di tempat itu. Terkadang, pembasahan kita tidaklah penting, hanya senda gurau yang membuat waktu tidak efektif. Itulah mengapa hal ini masuk dalam sebelas pencuri waktu yang harus diwaspadai.

5. Penundaan yang tidak beralasan
Hal ini sering terjadi pada manusia. Rasa malas adalah faktor utama yang menyebabkan seseorang menunda pekerjaannya. Banyak di antara mereka yang mengulur-ulur waktu dalam menjalankan tugas dan pada akhirnya akan menumpuk di waktu tertentu.

6. Banyak rapat dan pertemuan yang tidak efektif
Apabila aktivis, maka rapat atau pertemuan adalah hal yang wajar. Dalam setiap rapat pastilah ada masalah yang perlu dibahas. Namun, terkadang rapat dan pertemuan terjadi secara tidak efektif. Apa yang dibicarakan menjadi lebar dan tidak terfokuskan.

7. Tidak memanfaatkan waktu mati

8. Tidak berani menolak permintaan
Meskipun kita ingin menjadi orang yang baik, tapi penting bagi kita untuk berkata tidak atau menolak tugas-tugas yang tidak seharusnya kita kerjakan. Apabila kita selalu mengiyakan apa yang diperintahkan orang lain maka kita akan mengalami kesulitan atau kewalahan sendiri.

9. Dering telepon atau HP
Meskipun kita tidak bertemu dengan orang lain tapi adanya HP atau telepon membuat kita bisa berhubungan dengan orang lain tanpa bertemu. Hal ini juga bisa menimbulkan obrolan yang membuat waktu tidak lagi efektif. Inilah kegiatan penguras waktu.

10. Menonton TV, browsing internet, Twitter, Facebook
Perkembangan teknologi inilah yang membuat kita tidak bisa lepas dari barang-barang tersebut. Hp dan TV adalah benda yang dapat menyita waktu dengan mudah. Dengan menonton TV dan menggunakan HP untuk browsing atau bermain sosial media dapat menghabiskan banyak waktu kita karena benda-benda tersebut dapat memberikan efek ketagihan.

11. SMS
SMS merupakan bentuk lain dari mengobrol secara langsung. Selain melalui telepon, kita juga bisa mengobrol dengan orang lain melalui SMS. Sama seperti obrolan yang lain, cara ini juga bisa membuat waktu menjadi tidak efektif.

Demikian 11 pencuri waktu yang harus diwaspadai oleh kita karena menghabiskan waktu berharga manusia.
0 Komentar untuk "11 Pencuri Waktu yang Harus Diwaspadai"

Back To Top