Hurun 'In, Bidadari Surga yang Bermata Jeli


Dalam Al-Quran, Allah SWT telah menjanjikan kepada setiap manusia yang beriman kepada-Nya kenikmatan surga yang tidak dapat ditandingi dengan kenikmatan di dunia. Di surga kelak manusia dapat memperoleh apapun yang mereka inginkan seperti makanan, minuman, pakaian, bahkan Allah SWT telah menyiapkan bidadari-bidadari cantik yang akan menemani penghuni surga dan semua penduduk surga akan memiliki pasangan masing-masing, tidak ada yang melajang. Hal ini telah tertulis dengan jelas dalam QS. Fushilat ayat 31 dan dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Muslim.

Hurun 'In, Bidadari Surga yang Bermata Jeli

Setiap umat muslim di dunia ini bercita-cita untuk dapat masuk ke dalam surga yang telah disiapkan Allah SWT untuk hamba-Nya yang beriman. Didalam surga kelak manusia akan dipasangkan dengan bidadari bermata jeli, lalu siapakah bidadari bermata jeli (Hurun 'In)?

Allah SWT telah menjanjikan kepada setiap muslim yang masuk surga akan menikah dengan bidadari surga yang memiliki mata jeli seperti mutiara dalam lautan, bidadari ini dinamakan Hurun ‘In. Janji Allah SWT ini telah tercantum dengan jelas dalam QS. Al-Waqiah ayat 22-23. Apa itu Hurun ‘In?

Hurun‘In merupakan bidadari surga yang dijanjikan Allah SWT untuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya. Nama Hurun ‘In merupakan jamak dari kata haura atau ahwar. Al-Asfahani menjelaskan bahwa Hurun ‘In merupakan sosok bidadari yang memiliki mata bagian putihnya lebih sedikit dari bagian hitamnya, sedangkan Imam As-Sa’di menjelaskan bahwa Hurun ‘In merupakan bidadari surga yang memiliki mata indah dan lebar serta bercelak hitam, cantik rupawan, indah, dan sangat menawan. Inilah gambaran bidadari surga Allah yang akan menemani penghuni surga.

Pada dasarnya semua penjelasan ini menyimpulkan bahwa Hurun‘In merupakan sosok bidadari surga yang memiliki keindahan dan kecantikan yang luar biasa dan tidak dapat dibayangkan bagaimana keindahannya karena tidak ada yang menyamai keindahannnya dengan keindahan yang ada di dunia.

Sebagai orang yang beriman kita harus mempercayai dan meyakini akan adanya Hurun ‘In di surga kelak yang akan menemani penghuni surga. Dalam QS. As-Sajdah ayat 17 telah dijelaskan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui kenikmatan yang telah Allah SWT siapkan bagi penghuni surga sebagai balasan keimanan dan ketaqwaan selama di dunia. Jadi keindahan Hurun ‘In tidak dapat dibayangkan dan tidak dapat disandingkan dengan keindahan yang ada di dunia saat ini.

Dalam hadits Qudsi juga telah diterangkan bahwa Allah SWT telah menyiapkan bidadari surga bagi hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya, keindahan bidadari ini belum pernah dilihat oleh mata siapapun dan suaranya juga belum pernah di dengar oleh siapapun juga. Inilah bidadari surga menurut Rasulullah SAW.

Setiap muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT akan dipertemukan dengan Hurun ‘In di surga kelak baik itu Hurun ‘In dari dunia juga Hurun ‘In dari surga. Hurun ‘In dari dunia yaitu istri-istri mereka yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, sedangkan Hurun ‘In dari surga yaitu bidadari yang telah disiapkan Allah SWT untuk hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya.

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita memperbaiki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai tiket untuk masuk surga dan mendapatkan Hurun ‘In yang akan menyejukkan hati dan jiwa.

Demikian informasi seputar bidadari surga yang telah Allah SWT janjikan untuk hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya.
0 Komentar untuk "Hurun 'In, Bidadari Surga yang Bermata Jeli"

Back To Top