3 Waktu Paling Menakutkan Bagi Manusia


Dalam hidup ini ternyata terdapat 3 waktu yang menakutkan bagi manusia yang membuat banyak manusia tidak berani untuk menatap atau menerimanya. Tapi bagaimanapun itu ia harus tetap melewatinya. Meski kita berada di dalam kondisi apa pun, kapan pun dan dimana pun akan lebih baik jika kita selalu mengingat Allah.

3 Waktu Paling Menakutkan Bagi Manusia

Sebuah dalil menjelaskan bahwa terdapat tiga waktu yang menakutkan untuk manusia yakni ketika manusia dilahirkan, ketika hari wafatnya manusia, dan ketika mereka dibangkitkan dari alam kubur. 

Allah SWT telah memberi salam pada Nabi Yahya dalam tiga waktu ini, yakni ketika Nabi Yahya dilahirkan, ketika diwafatkan, dan ketika dibangkitkan kembali dari alam kubur. Demikian juga bagi Nabi Isa dimana beliau telah menyampaikan sendiri wahyu tersebut saat beliau masih ada di dalam buaian ibunya, yakni Maryam.

Lalu apa alasan Allah memberikan salam keselamatan pada tiga waktu itu? Ternyata hal ini dikarenakan ketiga waktu tersebut merupakan waktu-waktu yang paling menakutkan di dalam kehidupan manusia. Inilah waktu-waktu paling menakutkan manusia:

1. Saat manusia diwafatkan
Pada waktu ini hampir sama saat manusia dilahirkan karena akan memasuki dunia yang berbeda. Ia akan melalui alam lain yang belum pernah dimasuki sebelumnya sehingga terasa asing. Bahkan sebelum memasuki dunia itu, manusia harus melalui gerbang yang begitu menakutkan, yakni sakaratul maut. Nabi Muhammad yang merupakan manusia paling mulia saja mengatakan jika sakaratul maut sangatlah menyakitkan sampai mata manusia yang dicabut nyawanya, terbelalak ke atas seperti arah rohnya dicabut.

2. Saat manusia dilahirkan
Sebelum dilahirkan, manusia hidup di dalam kandungan ibunya. Selama kurang lebih sembilan bulan, manusia tinggal di dalam rahim dan tidak bisa melihat atau mengetahui dunia di luar. Ia baru dapat merasakan dunia yang sesungguhnya ketika ia dilahirkan. Ketika lahir di dunia, ia merasa asing dan takut karena dunia ini begitu berbeda dengan kandungan ibunya dulu. Saat ia masih berada di dalam kandungan, ia merasakan aman dari berbagai macam bahaya dunia. Kandungan ibunya ialah tempat yang kokoh dan selalu memberikan perlindungan kuat terhadap benturan dan goncangan dari luar. Bahkan di dalam rahim, sang janin tidak perlu khawatir mengenai makanan. Ia mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi dari ibu yang ditransferkan melalui plasenta.

3. Ketika manusia dibangkitkan di padang Mahsyar
Pada hari dibangkitkannya manusia di padang Mahsyar, mereka akan melihat wajah-wajah yang ditutupi dengan debu dan kegelapan. Pada saat itu, mereka tidak dapat membantah apapun pada Allah, karena mulut akan ditutup dan anggota tubuhlah yang akan bersaksi atas semua yang kita lakukan di dunia. Mereka tidak dapat saling menolong. Siapa yang beramal shaleh saat di dunia maka akan mendapatkan kemuliaan tapi jika mereka melakukan perbuatan dosa, maka mereka akan mendapatkan murka Allah. Inilah yang membuat waktu ini termasuk dalam waktu paling menakutkan dalam hidup manusia.

Tidaklah heran apabila Allah memberikan salam keselamatan karena ketiga waktu ini memanglah menakutkan bagi manusia. Oleh karena itu, segeralah bertobat dan meminta ampun pada Allah atas segala dosa kita selama ini. Selagi Allah memberikan umur pada kita, maka gunakanlah sebaik mungkin untuk mengumpulkan bekal menuju akhirat kelak.
0 Komentar untuk "3 Waktu Paling Menakutkan Bagi Manusia"

Back To Top