Ternyata Setan Juga Punya Jenis Kelamin


Keberadaan setan di dunia ini kadang kala masih menjadi pertanyaan bagi manusia. Ada yang percaya ada yang tidak. Namun faktanya, setan memang ada dan hadir diantara manusia di dunia ini. Hal ini didasarkan pada kisah yang tercantum dalam Al-Qur’an. Kehadiran setan di dunia ini tak lain adalah untuk menjatuhkan iman manusia. Namun, tahukah manusia seperti apa wujud setan itu dan katanya setan punya jenis kelamin, benarkah?

Ternyata Setan Juga Punya Jenis Kelamin

Bagaimana wujud setan itu? Apakah ia berwujud seperti manusia atau berwujud lain? Atau ternyata setan punya jenis kelamin, benarkah?

Dalam hadits riwayat Anas dikatakan, bahwa Nabi Muhammad selalu mengucapkan doa setiap kali beliau memasuki kamar mandi. Doa yang beliau panjatkan adalah memohon perlindungan kepada Allah dari jin kafir (betina) atau setan jantan. Dijelaskan juga oleh Ibnu Atsir, bahwa kata Al-Khubutsi adalah bentuk plural dari Al-Khabits, dan kata Al-Khabaits adalah bentuk plural dari Al-Khabaitsah. Yang dimaksud dalam hal ini adalah setan jenis betina dan setan jenis jantan. Dalam riwayat Abdul Mutawakkil, dijelaskan oleh Ibnu Hajar bahwa jika seseorang membaca dan melafalkan ayat kursi, niscaya setan betina dan setan jantan tidak akan mendekatinya. 

Hal tentang jenis kelamin jinataupun jenis kelamin iblis ini masih sering menjadi pertanyaan banyak orang. Seiring banyaknya pertanyaan yang timbul, dijelaskan dalam hadits dan literatur kisah para An-Biya, bahwa dajjal adalah jin dengan jenis kelamin pria, sedangkan iblis yang berubah menjadi setan adalah dipercaya berjenis kelamin wanita. 

Doa dan Dzikir Supaya Terbebas dari Gangguan Setan
Jin atau setan, baik yang berjenis kelamin pria ataupun wanita, mereka semua ada di dunia ini dengan tujuan mencobai dan mengganggu kebaikan manusia serta menjauhkan manusia dari Allah SWT. Setan atau jin akan menghalalkan segala cara untuk dapat menjerumuskan manusia ke dalam lubang dosa. Namun, untuk menghindari gangguan dan godaan setan itu, manusia mempunyai kekuatan dan senjata untuk memeranginya yaitu dengan doa dan dzikir. Doa agar terhindar dari setan yang kita lafalkan adalah bentuk iman kita kepada Allah, bahwa Ia akan memberikan pertolongan pada umat-Nya yang memanjatkan doa.

Meyakini bahwa setan itu ada merupakan wujud iman manusia pada Allah.Karena berdasarkan Al-Quran, sesungguhnya setan adalah musuh nyata bagi umat manusia. Setan tidak hanya mengganggu atau mencobai, ia juga bisa membunuh, mendatangkan penyakit, mempermainkan seseorang yang sedang sholat dan menyesatkannya. 

Untuk terhindar dari godaan setan, hendaknya seseorang berdoa dan berdzikir memohon pada Allah untuk senantiasa memberikan perlindungan dari bisikan-bisikan setan, dan juga perlindungan terhadap serangan kedatangan setan. Inilah beberapa cara agar terhindar dari gangguan setan.

• Membaca Al-Qur’an
Rasululah bersabda bahwa janganlah manusia menjadikan rumah mereka sebagai kuburan. Karena sesungguhnya, setan akan pergi dari dalam rumah yang rajin melafalkan Al-Baqarah.

• Berlindung pada Allah saat marah dan berwudhu
Hendaknya seseorang memohon perlindungan dari godaan setan yang terkutuk, maka kemarahan yang dirasakannya akan sirna. Karena rasa marah adalah berasal dari setan.

• Berlindung pada Allah dari setan pria dan setan wanita ketika masuk kamar mandi
Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah, setiap masuk ke kamar mandi ucapkanlah doa supaya terhindar dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.

• Berdzikir pada Allah saat masuk dan keluar rumah
Rasulullah bersabda, bila seseorang mengucapkan dzikir ketika masuk dan keluar rumah, maka ia akan dijaga dan selalu diberi petunjuk oleh Allah, supaya tidak terjerumus dalam cobaan setan.

Setan punya jenis kelamin, benarkah? Dengan dijabarkannya hal di atas, maka dapat disimpulkan oleh umat sekalian bahwa setan atau jin memang memiliki jenis kelamin seperti manusia yaitu pria dan wanita. Baik setan pria ataupun wanita sama-sama bertugas untuk menggoda manusia. Menyadari hal itu, hendaknya manusia rajin berdoa agar terhindar dari godaan setan.
0 Komentar untuk "Ternyata Setan Juga Punya Jenis Kelamin"

Back To Top