5 Kriteria Kepala Rumah Tangga yang Ideal


Suami bukan hanya sekedar kedudukan atau peran semata. Namun di dalam peran tersebut ada tanggung jawab yang harus dipenuhi pada keluarganya. Keluarga dapat diibaratkan sebagai kapal. Bagaimana kapal berjalan tergantung dengan nahkodanya dan nahkoda inilah sang suami atau kepala rumah tangga. Apabila kepala rumah tangga dapat menuntun keluarganya dalam kebaikan maka anggota keluarganya juga berada dalam kebaikan.

5 Kriteria Kepala Rumah Tangga yang Ideal

Sebagai seorang muslim, hal ini cukup penting untuk dipelajari agar rumah kita serasa surga dan menjadi kita menjadi betah tinggal di dalamnya. Lindungan Allah dalam rumah itu akan menghindarkan kita dari godaan setan yang terkutuk. Inilah 5 tugas dan kewajiban kepala rumah tangga, yaitu:

1. Komunikatif dan mampu menciptakan sinergi positif antar anggota keluarga
Komunikasi merupakan satu hal yang penting untuk membentuk hubungan yang harmonis dalam keluarga. Oleh karena itu, perlu adanya komunikasi yang sehat dalam sela-sela kesibukan masing-masing anggota agar hubungan terjaga baik. Hal ini akan memberikan rasa kedekatan antaranggota keluarga. Imam keluarga yang baik menurut Islam akan menjaga hubungannya dengan komunikasi yang baik.

2. Bertanggung jawab dalam memberikan nafkah halal pada keluarganya
Kewajiban sebagai kepala rumah tangga adalah mencari nafkah untuk membiayai kebutuhan keluarga. Namun, seorang kepala rumah tangga harus memberikan rezeki yang halal kepada keluarga. Sebuah dalil menjelaskan bahwa kewajiban ayah adalah memberikan pakaian dan makan kepada para ibu melalui makruf. Allah telah memberi rezeki bagi setiap umat-Nya. Meskipun demikian rezeki tersebut harus dijemput dengan usaha. Apabila tidak mencari rezeki tersebut maka rezeki tidak akan datang menghampiri Anda.

3. Shalih, rajin beribadah dan menjadi motivator baik untuk keluarga
Syarat mutlak bagi kepala rumah tangga adalah keshalihan bagi kehidupan rumah tangga yang sakinah dan tenang. Dengan hal ini, seorang suami dapat menjadi motivator dan suri tauladan kebaikan bagi semua anggota keluarganya. Ia akan berjuang dengan maksimal agar keluarganya dapat bahagia di dunia maupun di akhirat dan selamat dari api neraka. Dalam sebuah dalil dijelaskan mengenai perintah bagi orang-orang yang beriman untuk memelihara dirinya dan keluarganya dari api neraka dimana bahan bakarnya ialah batu dan manusia. Inilah pemimpin rumah tangga yang baik menurut islam.

4. Dapat mengambil peran sebagai pemimpin dalam keluarga
Dalam Islam, disebutkan bahwa pemimpin bagi kaum wanita adalah laki-laki. Hal ini membuktikan betapa indahnya ajaran Islam sehingga dapat mengantarkan keluarga ke kebahagiaan. Sebuah dalil menjelaskan bahwa kaum laki-laki merupakan pemimpin bagi kaum wanita sehingga Allah telah memberikan sesuatu yang lebih bagi sebagian mereka atas sebagian wanita lain karena mereka harus menafkahkan harta mereka. Oleh karena itu, kita harus menghormati kepala keluarga karena mereka memegang peran sebagai pemimpin yang tidak mudah putus asa, lemah hati ataupun bersikap arogan.

5. Bersikap sabar dalam memimpin keluarganya
Seorang kepala rumah tangga atau pemimpin yang bijak pastinya harus memiliki jiwa yang sabar dan lapang, terlebih dalam menghadapi semua kekurangan yang ada pada istrinya atau anak-anaknya. Sebagai seorang ayah dan suami, seharusnya tidak mudah marah ataupun bersikap kasar karena hal ini akan memberikan dampak negatif dalam hubungan keluarga dan juga tidak baik untuk perkembangan kepribadian si anak.

Demikian 5 kriteria kepala rumah tangga yang ideal, patut dijadikan teladan bagi mereka yang berumah tangga.
0 Komentar untuk "5 Kriteria Kepala Rumah Tangga yang Ideal"

Back To Top