7 Orang Istimewa yang Doanya Makbul


Doa merupakan senjata bagi orang yang beriman. Sebagai umat manusia, kita dianjurkan untuk berdoa hanya kepada Allah agar doa kita dikabulkan. Namun demikian, kita diperbolehkan meminta doa dari orang lain karena bisa saja doa dari orang tersebut lebih diterima daripada doa kita sendiri. Inilah tips doa agar permintaan dikabulkan.

7 Orang Istimewa yang Doanya Makbul

7 orang istimewa yang doanya makbul dapat dijadikan sebagai contoh agar kita mengikuti ciri-ciri ketujuh orang tersebut agar permintaan kita dikabulkan oleh Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Dia lebih tahu apa yang terbaik untuk kita, meskipun kadang hal ini tidak disadari oleh setiap orang.

Terdapat beberapa riwayat yang menjelaskan bahwa Rasulullah meminta orang lain bahkan mereka yang memiliki derajat lebih rendah agar mendoakan beliau pada Allah. Salah satunya adalah Sayidina Umar RA yang mendoakan Rasulullah di masjidil Haram. Dalam riwayat tersebut terdapat tujuh orang yang doanya tidak ditolak oleh Allah, yakni:

1. Doa orang yang teraniaya
Sebuah dalil menjelaskan bahwa orang yang teraniaya maka doanya tidak akan ditolak oleh Allah. Oleh karena itu, jangan sampai kita melakukan hal-hal yang menyakiti orang lain karena bisa berbalik kepada kita.

2. Doa orang tua
Orang tua adalah manusia yang paling berjasa dalam hidup kita. Bahkan dalam sebuah dalil dijelaskan jika ridho orang tua adalah ridho Allah. Apabila orang tua murka maka Allah juga akan murka kepada kita. Oleh karena itu, doa yang dipanjatkan oleh mereka akan dihijabah oleh Allah.

3. Doa orang berpuasa
Puasa adalah salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan. Sebuah dalil menyatakan bahwa doa orang yang berpuasa akan dihijabah oleh Allah. Oleh karena itu, jangan sampai kita menyakiti orang yang sedang berpuasa karena petaka dari doanya dapat berbalik pada kita.

4. Doa orang sakit
Salah satu orang yang doanya tidak akan ditolak oleh Allah adalah orang yang sakit. Oleh karena itu, jangan banyak mengeluh atas sakit yang sedang dialami. Perbanyaklah berdoa dan istighfar karena densang bersabar dalam sakit dapat menggugurkan dosa kita karena doa makbul merubah nasib.

5. Doa untuk orang lain yang jauh
Doa tak selamanya harus diperuntukkan bagi orang terdekat. Kita juga bisa mendoakan mereka yang berada jauh dengan kita, bahkan tanpa ada hubungan pun kita bisa mendoakan mereka karena mereka juga sesama umat muslim.

6. Doa nabi untuk umatnya
Nabi adalah manusia mulia pilihan Allah yang memiliki sifat dan perilaku terpuji. Mereka senantiasa beriman dan bertawakal kepada Allah sehingga doa yang mereka panjatkan untuk umatnya tidak akan ditolak.

7. Doa orang berhaji
Ibadah haji sering disebut sebagai penyempurna kita sebagai umat muslim. Tempat yang dikunjungi adalah tempat-tempat suci sehingga Allah akan menghijabah doa kita.

Berdasarkan penjelasan mengenai 7 orang tersebut, bukan berarti kita dapat meminta sesuatu yang tidak-tidak. Memanfaatkan posisi dalam ketujuh orang itu dengan tujuan yang tidak baik maka Allah pun mengetahuinya.

Ketika kita mempunyai suatu hajat, kita dapat mendatangi ketujuh orang ini untuk meminta agar mereka mau mendoakan kita kepada Allah. Sembari orang lain mendoakan kita, kita juga bisa melafalkan shalawat nabi dengan mengharapkan pintu langit akan terbuka.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menjaga sikap agar tidak menyakiti ketujuh orang ini. Jangan sampai karena perilaku atau ucapan kita membuat mereka tersinggung dan akhirnya muncul doa yang tidak baik dari mereka untuk kita. Hal ini dapat menghancurkan kehidupan dan impian kita sehingga kita harus lebih waspada.
0 Komentar untuk "7 Orang Istimewa yang Doanya Makbul"

Back To Top