3 Hal yang Dapat Menjerumuskan Istri Ke Siksa Neraka


Setelah pernikahan, seorang suami dan istri harus mengetahui tanggung jawabnya satu sama lain. Misalnya suami memiliki tanggung jawab untuk menafkahi istinya, sedangkan istri memiliki tanggung jawab untuk mentaati suaminya. Disamping mentaati dan melayani suami, ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan istri, karena dapat mengantarkannya pada api neraka.

3 Hal yang Dapat Menjerumuskan Istri Ke Siksa Neraka

Terdapat 3 hal yang dapat menjerumuskan istri ke siksa neraka sehingga harus dihindari oleh setiap wanita. Selain perbaikan diri melalui diri sang istri, tapi sang suami juga harus bisa membimbing istrinya dalam kebaikan. Semakin berkembangnya zaman membuat tiga perkara ini justru dilakukan oleh banyak wanita.

1. Kufur pada kebaikan yang telah dilakukan suaminya
Beberapa istri selalu menuntut suaminya untuk membelikan ini dan itu, dan harus memenuhi setiap keinginannya. Hal inilah yang sering menjadi alasan utama seorang suami melakukan perbuatan yang dilanggar, seperti korupsi, menipu, mencuri atau kejahatan lainnya. Tujuan utama mereka adalah ingin membahagiakan sang istri meskipun caranya yang salah. Rasulullah pernah bersabda bahwa beliau melihat Neraka yang tidak pernah dilihat sebelumnya dan di tempat itu terdapat banyak wanita. Kemudian salah satu sahabatnya bertanya mengapa demikian. Rasul pun menjawab bahwa wanita itu masuk neraka karena mereka telah kufur pada suaminya, kufur pada kebaikan yang ada. Perilaku kufur ini dapat membuat mereka menjadi istri calon penghuni neraka. Oleh karena itu, seorang wanita haruslah patuh dan taat pada sang suami. Karena setelah menikah, istri menjadi tanggung jawab suaminya.

2. Tabarruj atau berdandan secara berlebihan
Salah satu kewajiban seorang istri adalah berpenampilan menarik dan cantik sehingga dapat dijadikan ibadah yang pahalanya besar. Namun, jika istri berdandan secara berlebihan dengan tujuan ingin mendapatkan pujian dari orang lain maka inilah yang harus dihindari. Allah SWT telah berfirman bahwa wanita diharuskan untuk menjulurkan jilbabnya sampai menutupi dada dan tidak memperlihatkan perhiasan atau bahkan membuat gemerincing pada perhiasannya karena mereka akan menjadi istri penghuni neraka.

3. Durhaka pada sang suami
Kewajiban seorang istri adalah patuh dan menghormati sang suami karena ia adalah kepala rumah tangga yang mengatur keberjalanan rumah tangganya. Namun, terdapat sebagian wanita yang melakukan kedurhakaan pada suami. Kedurhakaan merupakan salah satu ciri istri ahli neraka. Ada tiga bentuk durhaka, yakni:

a. Durhaka dalam perbuatan
Sebagai seorang istri, seharusnya kita bersikap lemah lembut pada suami. Durhaka dalam perbuatan ini dapat berupa kekerasan fisik, tidak melayani suami, atau melakukan hal-hal yang tidak disukai oleh suami.

b. Durhaka dalam ucapan
Ucapan bagaikan pedang yang memiliki dua mata, yakni dapat membunuh lawan atau membunuh diri kita sendiri. Oleh karenanya, kita perlu menjaga ucapan paada setiap orang, terlebih pada sang suami. Durhaka dalam ucapan ini dapat berupa kebohongan, berbicara kasar pada suami, atau mencaci maki suami.

c. Durhaka dalam ucapan dan perbuatan
Jenis ketiga ini adalah jenis yang paling buruk karena melakukan kedurhakaan dalam ucapan sekaligus perbuatan. Hal ini dapat berupa cacian dan tidak melayani sang suami sesuai tanggung jawabnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, seorang wanita harus lebih berhati-hati dalam bertindak. Islam telah mengatur apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh. Sebagai seorang istri, kita harus mempelajari terlebih dahulu hak dan kewajiban yang harus kita lakukan. Terdapat beberapa perkara yang memang tidak diperbolehkan bagi seorang istri sehingga kita harus bisa menempatkan diri sesuai yang diajarkan dalam Islam.
0 Komentar untuk "3 Hal yang Dapat Menjerumuskan Istri Ke Siksa Neraka"

Back To Top