4 Hikmah Luar Biasa Putus Cinta


Setiap orang pasti tidak ingin merasakan putus cinta. Bahkan putus cinta menjadi musibah besar, terutama bagi seorang remaja. Mereka menjadi tidak semangat dalam menjalani hidup, tidur tidak nyenyak, tidak nafsu makan, dan kegiatan lain yang terganggu. Tidak sampai di sini saja, orang yang merasa sangat sedih bisa menghabisi dirinya sendiri.

4 Hikmah Luar Biasa Putus Cinta

4 hikmah luar biasa putus cinta akan mengurangi kesedihan pasca putus dengan sang kekasih. Cinta atau sayang merupakan anugerah yang diberikan Allah agar kita bisa saling berbagi, mengerti dan memahami satu sama lain. Namun, seperti halnya kehidupan dunia yang hanya sementara sehingga cinta di dunia pun juga tidak kekal dan lebih sering membuat kecewa.

Ketika mengalami putus cinta, kita pasti akan merasa sangat sedih sehingga menganggap bahwa hal ini buruk untuk kehidupan kita. Namun, setelah hal itu berlalu maka kita akan sadar jika masalah dalam hidup akan meningkatkan kemampuan kita. Suatu masalah akan memberikan pelajaran atau hikmah jika kita memiliki keimanan yang kuat dan pikiran yang jernih.

Berikut ini adalah empat hikmah putus cinta yang bisa kita ambil, yaitu:

1. Menghindarkan diri dari dosa
Islam sangat melarang umatnya untuk berzina. Membina hubungan sebelum menikah atau yang lebih dikenal dengan istilah pacaran akan menimbulkan banyak fitnah. Tak jarang, pacaran menjadi jalan bagi setan untuk menjerumuskan manusia agar melakukan perbuatan zina. Oleh karena itu, putus cinta akan menghindarkan kita dari bisikan setan yang terkutuk untuk berbuat zina sehingga dosa pacaran menurut Islam sama seperti mendekati zina.

2. Menyelamatkan dari pasangan buruk
Putus cinta memanglah hal yang menyakitkan. Tetapi, lebih baik jika kita mengetahui keburukan pasangan sekarang daripada setelah menikah. Kita akan lebih sakit hati jika sudah menjalani hubungan lama tetapi putus juga. Misalnya, pasangan yang suka selingkuh. Jika kita sudah menikah dan memiliki anak maka sang anak lah yang akan menjadi korban. Jadi dengan putus cinta menghindarkan kita dari suami atau istri yang buruk.

3. Waktu istimewa untuk memulai memantaskan diri
Terkadang, manusia harus merasakan kepahitan terlebih dahulu baru kemudian bisa menyadari akan sesuatu. Mungkin setelah putus cinta, seorang laki-laki baru menyadari bahwa ia belum siap menafkahi istri dan anaknya kelak. Sementara untuk perempuan, mungkin saja ia baru menyadari jika ia belum siap membina rumah tangga. Meskipun beberapa di antara kita ada yang memiliki kesiapan sembari menjalankan, tetapi ada juga yang mengalami kegagalan rumah tangga karena kurangnya persiapan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita menikah dengan keadaan yang siap mental ataupun finansial sehingga pernikahan dapat terjalin dengan sakinah mawadah dan warahmah. Inilah rumah tangga Islami yang diharapkan oleh banyak orang.

4. Membuka mata kita
Cinta itu buta, mungkin ungkapan inilah yang tepat untuk mengambarkan hikmah ini. sebagian besar orang, melihat pasangannya dengan baik. Mereka tidak bisa menemukan kejelekan yang dimiliki pasangan. Namun, kebanyakan pula orang yang telah putus cinta baru menyadari jika pasangannya yang dulu bukanlah pasangan yang baik untuknya. Sebagai contohnya, mereka baru menyadari bahwa pasangannya dulu tidak memberikan kasih sayang, tidak perhatian, dan tidak membuatnya bahagia. Mendapatkan pasangan ideal menurut Islam akan membuat pernikahan sangat bahagia.

Sebagai seorang muslim, kita harus percaya bahwa Allah lebih mengetahui yang terbaik untuk kita. Berpikirlah positif atas apa yang terjadi dalam hidup kita, karena akan ada hikmah dibalik setiap masalah.
0 Komentar untuk "4 Hikmah Luar Biasa Putus Cinta"

Back To Top