Rahasia Huruf Alif Lam Mim Dalam Al-Qur’an


Allah mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Pastinya, Allah memiliki maksud tertentu dengan setiap huruf yang ada di dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, rahasia ini memotivasi kita untuk terus belajar mendalami Islam agar menjadi seorang muslim yang berilmu. Huruf Alif Lam Mim yang ada di awal beberapa surah sering disebut dengan huruf muqatha’ah. Sebenarnya, adanya huruf ini bukanlah suatu keanehan karena Allah menurunkan kitab ini dengan bahasa Arab yang jelas. Lalu bagaimana dengan rahasia huruf Alif Lam Mim dalam Al-Quran?

Rahasia Huruf Alif Lam Mim Dalam Al-Qur’an

Seperti yang kita tahu, bahwa huruf-huruf ini apabila tidak dirangkai dalam satu kalimat tidak akan memiliki makna, seperti huruf shad, nun, dan qaf tidak akan memiliki makna jika tidak dirangkai dengan huruf lainnya hingga membentuk satu kalimat. Begitu halnya dengan huruf alif lam mim juga tidak mempunyai makna. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam berbahasa Arab.

Apabila ada orang Arab mengatakan ‘Qaf’ pada Anda, apakah huruf hijaiyah ini memiliki makna? Tentu saja tidak. Allah telah menegaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab yang jelas sehingga bisa dipahami bahwa huruf muqatha’ah tidak memiliki makna. Namun, bagaimana mungkin Al-Qur’an yang merupakan kitab berisi kebenaran terdapat ayat yang tidak mempunyai makna? Dan apakah makna huruf Alif Lam Mim?

Memang benar bahwa huruf ini tidak mempunyai makna secara teksnya, tetapi dari sisi substansi dan tujuannya tentu saja huruf ini memiliki makna. Ketika Allah berfirman, nun, shad, qaf, dan huruf muqatha’ah lain seolah-olah Allah mengatakan bahwa huruf-huruf yang digunakan dalam Al-Qur’an merupakan huruf yang digunakan orang Arab itu sendiri. Meskipun demikian, mereka tidak akan mampu membuat tiruannya seperti yang ada di dalam Al-Qur’an.

Ibnu Taimiyyah mengatakan bahwa tak ada satu pun surah yang diawali huruf muqatha’ah melainkan ayat setelahnya menjelaskan tentang Al-Qur’an atau hal-hal ghaib yang tidak diketahui melainkan dengan wahyu.

Huruf alif lam mim terdapat dalam beberapa surah, yakni surah Ali Imran, Al-A’raf, Yunus, Hud, Yusuf, Ibrahim, Rum, dan Al-Ankabut. Meskipun huruf muqatha’ah tidak diikuti pembahasan tentang Al-Qur’an, tapi dijelaskan mengenai siapa sajakah yang membawa keimanan sehingga berkaitan dengan keimanan pada wahyu.

Berdasarkan penjelasan arti Alif Lam Mim dalam Al-Quran di atas, kita tahu bahwa huruf-huruf muwatha’ah secara teks tidak memiliki makna, tetapi terdapat substansi, hikmah dan tujuan yang agung. Selain itu, bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an ialah huruf-huruf yang digunakan orang Arab dalam menyusun bahasa mereka sehingga kita akan lebih paham dengan isi dan maksudnya meskipun harus menggunakan pemahaman yang lebih.

Allah memiliki rahasia tersendiri mengenai tujuan dan maksud dari huruf alif lam mim di dalam Al-Qur’an. Hanya Allah yang mengetahui misteri tersebut. Namun, yang perlu kita lakukan bukanlah mencari apa maksud dari huruf itu, karena sudah merupakan urusan Allah. Kita hanya perlu memperbanyak ibadah kepada Allah agar selamat dari siksaan di dunia maupun di akhirat.

Sebagai seorang muslim, kita harus beriman kepada kitab Al-Qur’an. Bagi orang Indonesia, dan bangsa lainnya mungkin kesulitan dalam memahami bahasa Arab, terlebih bahasa atau tafsir dalam Al-Qur’an. Hal ini seharusnya bisa menjadi motivasi agar kita lebih mendalami maksud dan isi Al-Qur’an agar dapat mengamalkannya dengan baik dan benar.
0 Komentar untuk "Rahasia Huruf Alif Lam Mim Dalam Al-Qur’an"

Back To Top