Black Hole Sudah Dikabarkan Dalam Al-Qur’an

Black hole atau lubang hitam merupakan benda angkasa dengan kekuatan gravitasi sangat besar. Penemuan black hole pun menjadi satu penemuan besar dalam bidang astronomi. Sebelumnya tidak ada bayangan sama sekali tentang adanya lubang hitam dengan kekuatan sangat besar ini. Namun, setelah ditemukan adanya black hole kemudian munculah asumsi bahwa lubang hitam termasuk bintang yang tak terlihat karena tidak memancarkan cahaya sama sekali. Black hole diyakini terbentuk dari bintang yang terlihat gelap karena kehabisan bahan bakar sehingga bintang tersebut tidak terlihat. Secara lebih lanjut black hole pun masuk dalam tahapan kelahiran bintang.

Black Hole Sudah Dikabarkan Dalam Al-Qur’an

Faktor lain yang menyebabkan black hole tidak terlihat yaitu karena gravitasi yang super besar yang saking besarnya dirasa cukup kuat menarik cahaya. Selain memiliki gaya gravitasi yang besar, black hole memiliki massa yang besar pula. Massa besar yang dimiliki black hole ini pun diduga menjadi sebab besarnya gravitasinya. Akan tetapi, ada satu hal unik terkait massa besar black hole ini. Meskipun black hole memiliki massa yang amat besar, ukurannya cukup padat. Bila ditemukan black hole dengan berat matahari, maka ukuran black hole tersebut hanya memiliki diameter 3 km saja. Cukup padat bukan. Sementara black hole yang sebenarnya diketahui memiliki diameter 31 km dengan massa 1031. Dengan demikian sangat wajar bila gravitasi black hole super besar.

Tanda Tanya Besar Tentang Black Hole
Adapun satu tanda tanya besar yang masih menjadi misteri sebagian besar orang yaitu bagaimana cara ilmuwan bisa melakukan identifikasi benda langit yang disebut black hole tersebut. Seperti yang disampaikan di atas, black hole tidak bisa terlihat karena tidak ada pancaran cahaya sama sekali. Lalu bagaimana cara meneliti sesuatu yang tidak bisa dilihat? Tidak perlu bingung karena ada satu ide brilian yang dapat menujukkan bahwa black hole berjalan di ruang angkasa dan memiliki ukuran tertentu. Ide apa yang dimaksud?

Saat black hole bergerak di ruang angkasa dan melalui sebuah bintang, cahaya bintang yang dilalui black hole tersebut akan tertutup dari pengamatan manusia di bumi. Kondisi ini bisa dibilang mirip dengan fenomena gerhana matahari. Setelah ide tersebut diujicobakan sungguh terbukti benar adanya. Sejumlah ilmuwan yang melakukan penelitian pun dibuat takjub dan sepakat bahwa cahaya dari bintang tertutup oleh black hole yang sedang melintas. Pancaran cahaya bintang yang dilewati black hole akan tetutup untuk selang waktu tertentu. Setelah black hole lewat, pancaran bintang yang tertutup akan kembali terlihat oleh pengamat di bumi.

Black hole sudah dikabarkan dalam Al-Qur’an yang sudah dituliskan sejak dulu. Tetapi bagi sejumlah ilmuwan yang bisa dibilang skeptis tentang apa yang tertulis dalam Al-Qur’an terus saja melakukan penelitian untuk mendapat bukti dan penjelasan lebih lanjut terkait black hole. Dan benar saja, hasil penelitian ilmiah yang diyakini sampai saat ini terkait black hole yang memiliki ciri tidak terlihat, bergerak di ruang angkasa, dan memiliki gravitasi besar sebenarnya sudah tertulis dalam Al-Qur’an. Lalu bagaimana penjelasan black hole dalam Al-Qur’an?

Black Hole dalam Al-Qur’an
Al-Qur’an merupakan kitab pembenar dan pelengkap dari kitab-kitab yang sebelumnya. Merupakan petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Di dalam Al’Qur’an tidak ada keraguan sedikit pun. Terdapat ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa didapat dari Al-Qur’an. Terdapat pula banyak misteri yang terungkap dalam Al-Qur’an misalnya saja misteri tentang pembuatan piramid kuno di Mesir. Adapun ulasan tentang black hole yang membuat para ilmuwan kewalahan dan bekerja keras ternyata juga sudah tertulis jelas dalam Al-Qur’an yang sudah ada sejak 1400 tahun silam. Tepatnya di dalam QS. At-Takwir ayat 15-16 yang artinya yaitu:
“Aku bersumpah demi bintang yang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu.”

Kata-kata yang ditulis tebal di atas tentunya sama persis dengan ciri-ciri black hole yang ditemukan melalui kajian ilmiah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dimana black hole tidak terlihat, bergerak di ruang angkasa, dan memiliki gravitasi yang sangat besar. Dikatakan bintang yang tersembunyi karena black hole tak terlihat. Adapun kata bergerak dan menyapu mengacu pada gaya gravitasi super besar yang dimiliki black hole. Sudah sangat jelas bukan.

Tentunya semua ini merupakan bukti kuasa Allah SWT. Sungguh kitab Al-Qur’an menjadi firman Allah SWT, Tuhan yang mengetahui segala rahasia bumi dan langit. Tidak ada cacat satu huruf pun dalam Al-Qur’an. Sehingga benar-benar Al-Qur’an menjadi surat cinta untuk umat muslim yang patut disyukuri. Tentu penjelasan kali ini cukup memuaskan dan dapat menjawab rasa penasaran para pecinta kumpulan misteri tentang black hole sudah dikabarkan dalam Al-Qur’an.
31 Komentar untuk "Black Hole Sudah Dikabarkan Dalam Al-Qur’an"

Koq berbeda ya terjemahannya di artikel QS. At-Takwir ayat 15-16 yang artinya yaitu:
“Aku bersumpah demi bintang yang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu.” ini dengan di Alquran yaitu :
http://www.berilmu.com/web/alquran/alquran.php?Surat_Id=81&&Ayat_Id=15
15. Sungguh, Aku bersumpah dengan bintang-bintang,
http://www.berilmu.com/web/alquran/alquran.php?Surat_Id=81&&Ayat_Id=16
16. yang beredar dan terbenam,

Semoga tidak asal menafsirkan kitab agama. Jangan meremehkan usaha ilmuwan dalam mencari dan membuktikan kebenaran disegi sains, itu disiplin ilmu mereka. Jangan main persepsi dan mencocok cocokan hal yang berbeda disiplin. Biarkan kebenaran berjalan seirama. Permaian persepsi hanya berpengaruh pada orang awam yang tidak membutuhkan spesifikasi penjelasan dan pengaplikasian dilapangan. Hanya dengan penelitian terpisah kita kelak bisa menciptakan pesawat angkasa antar bintang, bukan dengan duduk mengaji..

Maha benar Allah dgn segala firmannya

Kebenaran hanya milik Allah SWT, bagi orang beriman, fakta tsb menjadi tambahan keimanannya tapi bagi orang munafik dan kaum tersesat menjadikan hal tsb menambah kesesatannya. Semoga fakta tsb menjadikan iman kita bertambah. Aaamiiin.....

Ckckck tafsirannya ga relevan..

bukan meremehkan tp kan sdh tertulis di quran mau gimn lg

Simple aj gan..klo mw neliti sana berangkat k black holex msuk sana silahkan teliti.bkanx ilmuwan jg nelitix smbil duduk & mengamati dri bumi..ap bedax sma org mngaji.mnding mengaji.. :D..

Saya juga baca terjemahan nya artunya "Aku bersumpah dengan bintang, yang beredar dan terbenam". .yaudah tidak perlu diperdebatkan, semua kandungan Kitab Suci Alquran itu benar hanya umat nya yang kadang keliru menafsirkannya. .

Klo ilmuwan itu beragama islam dan taat...dy ga perlu meneliti lagi apa yg udah ada di alquran...buat apa meniliti bertahun" yg ternyata jwbannya ad ketika dy mengaji...dy cukup mempercayai isi dari alquran aj..penelitian selesai tanpa memerlukan waktu bertahun" mengamati bintang...
Maha Benar ALLAH Dengan Segala Firman-NYA. 

Yang mo neliti scr ilmiah silahkan , yg dengan versi al aqur an jg silahkan , Dan yg mencocokan silahkan jangan berantem, galih seswai keahlian merka Dan keyakinan masing2. ISLAM RAHMATAL LIL aALMIN.

Subhanallah!!! Diskusi yg bagus! Ingat iman bukan hanya penelitian, sains dan hukum alam tp artinya keYAKINan.
Maha benar Allah SWT yg menciptakan bumi, langit dan seisinya.

Yg amat disayangkan kenapa semua penemuan sains yg dpt diabsahkan dg al-Qur'an datangnya dr non muslim ???
Apa garis pemisah 'otak' kita dg mereka ???
Kita selalu mendabik dada dg ilmuan tempo doeloe spt Ibnu Sina atau al-Kawarizmi atau sederetan nama besar lainnya, sedang kita sekarang tidak setara langsung dg mereka, kenapaaaa ????
Kok jadi nanya meluluan niiiii ?????????

Muslim atau non muslim semuanya adalah hamba Allah. Allah tidak membeda-bedakan memberikan ilmu pengetahuan kepada hamba-hambanya, sebagaimana dia memberikan rezki tanpa membeda-bedakan muslim atau non muslim. Namun pada akhirnya hanya Islam lah agama yang di ridhai Allah sebagaimana tertulis didalam alquran.

Al Qur'an itu kan sebagai pertanda dari Allah, bukan ensiklopedia.. jadi itu cara Allah memberitahu manusia tentang apa saja yang diciptakannya dan betapa Maha Besar dan Maha KuasaNya. Jadi menurut aku sah sah aja melakukan penelitian.. untuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam apa yg sudah di firmankan Allah dalam Al Qur'an. Ilmu pengetahuan dan ilmu agama harus seimbang..

terkadang teory dan praktek itu berhubungan , teory tanpa praktek itu jg mustahil , praktek tanpa teory hasilnya bisa asal , semua di kembalikan ke diri masing2 , yang penting asas dasar alqur'an dan ilmu sain sudah terbukti

Kalo ditanya kenapa karena orang islam sekarang lebih banyak belajar ke amerika dan eropa. coba kalo belajar ke negeri cina, pasti lain hasilnya.

This comment has been removed by the author. - Hapus

Bsok gw suruh tu ilmuan pensiun aj. ngaji aj. Percuma abisin wktu ber'taun" klo jwbn'y ad di kitab. Kita semua jg ngaji aj. Ga sah sekolah
Wkwkwkwkwkwk
Gila yg posting ini, samain kitab ama ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan ma agama slalu
bertentangan
Ni posting gnian biar semua yg baca jd terpengaruh x ya

Imam tanpa ilmu buta,ilmu tanpa imam pincang !

Halah, jurus lama. Ilmu "cocoklogi" masih terus eksis. Wkwkwkwkwk....

Iya bener, kita umat islam hanya bisa mengatakan itu sudah ada dalam al quran setiap penemuan sains dari non muslim. Mudah- mudahan umat islam bisa bangkit lagi dalam bidang sains,

Subahanallahh, ya allah ampunilah orang2 kafir ini, bukalah mata dan hati mereka, tiada tuhan selain allah, coba kalau lo semua uda pada mati, tuhan mu sekalipun gag akan bisa nolong selain allah swt, dasar para orang kafir dan zionis yahudi, azab mu akan sgera datang, amin ya allah.

Kebanyakan erasains modern ini yg menemukan dan membedah misteri firman ALLAH adl ilmuwan non muslim. Sbgai muslim kita harus berprasangka baik aja mungkin ALLAH ingin membuka hati hambanya non muslim itu lewat kecerdasannya dibidang sains. Nyatanya tidak sdikit yg mnjadi muslim stelah mereka menemukan fakta dari temuannya yg begitu sinkron dgn al Quran. Mahasuci ALLAH

Ini masih banyak orang yg ga percaya alquran ya.. Coba dibaca dl bro, dipahamin baru ngerti dh.. Dan alquran pun menantang siapa saja yg bisa membuktikan kalo alquran itu salah.. Penemuan2 fakta2 dimasa2 skrng banyak ko yg ada di alquran sejak dulu,, alquran itu mengajarkan kita untuk berfikir.. Mahasuci allah

Maha benar ALLAH dgn segala firman nya dalam kitab suci alqur,an

Dgn segala bukti kebenaran islam kebanyakan kafir tdk akan pernah percaya krn telah terkunci hati nya.kecuali yg dapat hidayah ALLAH

Apa kamu kira kl tidak d teliti dulu kamu tau ada black hold walau udah baca al quran...? Gk usah sok tau deh!kl kamu nerima islam tanpa kamu teliti dulu itu nama nya iman Buta, kapan maju nya? Tidak usah munafik, tanpa penelitian apa ada pengetahuan? Pesan ku aja bagi yg ngaku islam, jangan iman buta, jangan cuma ngaji aja, d dunia ini apa ALLAH cuma ngasih ilmu ngaji, apa kamu tau arti mengaji? Mengaji itu tdk al quran aja oeee, !

Back To Top